Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Selasa, 25 Desember 2012

Buat MOL sendiri : MOL es campur

Kalau melihat dari judulnya mungkin anda akan berpikir “MOL apa lagi nih?”. Tulisan di atas sengaja saya kasih judul begitu karena memang MOL yang saya buat kali ini berbahan es campur yang sudah basi.
Ceritanya begini, kemarin pas saya pulang kerja, ternyata di rumah tengah berkumpul kakak ipar dan adik ipar saya bersama keluarganya.Nah mumpung pas kumpul, istri saya bikin pisang  keju dan es campur dengan bahan gula, susu, air kelapa muda, agar agar dan tape. Ketika kakak dan keluarga adik ipar saya pulang, es campur tersebut masih tersisa 1 toples Tupperware. Karena kesibukan saya, sampai malam es tersebut tidak ada yang minum. Ketika istri saya coba meminum, dia bilang es-nya mulai kecut. Ya sudah daripada es dibuang mending saya simpan aja dalam botol bekas aqua 1.5 ltr dengan harapan bisa jadi MOL dan bermanfaat, toh bahannya juga dari bahan organic yang kaya nutrisi. Masalah penggunaan MOLnya nanti untuk apa, saya juga belum tau. Pokoknya yang penting jadi dulu lah…
Semoga saja nanti bisa bermanfaat

MOL dari es campur yang basi


4 komentar:

  1. Mas Teguh, salam kenal ya :). Kalau mau berlangganan newsletter blog ini bgm ya? saya coba cari2 tidak ketemu. Mungkin bisa di keluarkan widgetnya, jadi yang mau join mudah :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak, nanti saya coba tampilkan. Eh seka;inya mbak Nella suka tanam2 juga ya? saya udah baca juga blognya. Nanti saya juga akan coba share artikel tanaman hias saya

      Hapus
  2. Assalam Mualaikum Pak Teguh,

    Gara2 artikel dari bapak saya jadi semangat berkebun :),
    tentang masalah MOL ini ada beberapa yang ingin saya tanyakan.
    Mol yang saya buat dari sisa nasi.
    1. Apakah Mol yang sudah dibuat itu tetap dikasih gula dalam beberapa waktu atau tidak?
    2. Penggunaan mol masih bingung pak, apakah pagi hari atau sore, sekitar jam berapa?
    3. Apabila disemprotkan, apakah sebelum disiram atau sesudah disiram?

    Terima Kasih atas Jawabannya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam..pak Singgih.

      Alhamdulillah...saya juga ikut senang kalau sampeyan jadi semangat berkebun.

      1. MOL yg sudah dibuat kalau nggak dipakai nggak usah diapa-apain pak. Sesuai pengalaman masih bisa bertahan selama 6 bulan.

      2. Penggunaannya pakai takaran 1 : 15 s/d 20. Maksudnya 1 bagian MOL dicampur 15-20 bagian air. Penggunaan bisa pagi/sore yang penting jangan pas terik matahari. Untuk MOL sisa nasi sebaiknya penggunaannya dikocorkan ke media tanam.

      3. Jika mau dipakai penyemprotan sebaiknya MOL yang terbuat dari ikan laut pak. Nutrisinya lengkap. Penyemprotan pada pagi/sore hari pas tidak ada sinar matahari. Penyemprotan terutama pada daun bagian bawah. Penyemprotan paling baik pada pagi hari dimana stomata daun masih terbuka.

      Hapus