Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Minggu, 08 Desember 2013

Bertanam Selada Secara Hidroponik

Tak terasa sudah 6 bulan saya nggak update blog karena lebih banyak berkutat dengan grup bercocok tanam di FB.
Kali ini saya akan menuangkan tulisan tentang bertanam selada secara hidroponik. Sebetulnya untuk saat ini seladanya juga sudah habis dan sudah diganti tanaman yang lain. Tapi saya kira tidak ada salahnya kalau tulisan tentang selada ini saya tuangkan dalam blog sebagai bentuk pengalaman saya dalam menanam selada hidroponik.
Menanam selada hidroponik pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menanam sayuran lain. Yang perlu diperhatikan terutama adalah kepekatan larutan nutrisinya. Hal ini karena tiap jenis sayuran memerlukan kepekatan nutrisi yang berbeda – beda. Sebagai contoh kebutuhan nutrisi dari tiap sayuran terlihat dari table di bawah ini.

Back to topic, untuk lebih detail apa – apa yang saya lakukan untuk menanam selada hidroponik ini, saya akan menguraikannya secara berurutan dan mudah mudahan pembaca bisa mudah memahami.
Tahap penyemaian.
Sebelum tanaman ditanam pada rak hidroponik, sebaiknya dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Pada proses penyemaian ini saya menggunakan arang sekam karena selain murah, mudah didapat di daerah saya juga mudah dalam proses pindah tanam (akar tidak rusak).
Bahan yang diperlukan adalah :
-        Baskom bekas untuk penyemaian
-        Arang sekam
-        Benih selada
-        Plastik hitam
Caranya :
-        Masukkan arang ke baskom yang telah dilubangi kecil – kecil bagian bawahnya
-        Taburkan benih secara merata di atas arang sekam.
-        Taburkan lagi arang sekam untuk menutupi benih cukup tipis-tipis saja.
-        Siram benih dengan menggunakan sprayer agar media tidak terhambur kemana mana.
-        Tutup dengan plastic hitam selama dua hari.
-        Setelah 2 hari, buka tutup plastic. Biasanya benih sudah tumbuh.
-        Bibit dikenakan cahaya matahari (jangan terlalu terik)
-        Lakukan penyiraman rutin sampai 2 minggu dan tanaman siap pindah tanam.

Tahap pindah tanam.
Setelah bibit selada berumur 2 minggu biasanya sudah berdaun lengkap dan siap pindah tanam. Untuk pindah tanam agar bibit tidak rusak harus dilakukan secara hati – hati. Dibawah ini akan saya uraikan cara pindah tanam yang biasa saya lakukan.
Alat/bahan yang diperlukan :
-        Netpot (saya pakai pipa 1” atau kepala botol plastic)
-        Kain flannel untuk sumbu jika diperlukan.
-        Spons yang sudah dipotong – potong ukuran 2.5cm x 2.5cm x 2cm
-        Baskom/ember yang sudah diisi air bersih.
Caranya :
-        Ambil bibit besrta medianya sekalian. (jangan dicabut tapi ambil bibit dan media sekaligus)
-        Masukkan bibit besrta media ke dalam baskom/ember yang sudah diisi air
-        Goyangkan bibit dengan pelan – pelan. Media akan tenggelam dan bibit akan mengapung. Biasanya dengan cara ini akar tidak rusak dan akar bersih dari media yang menempel.
-        Jika bibit bergerombol, pisahkan bibit dengan hari – hati (pemisahan tetap didalam air)
-        Setelah bibit terpisah, jepit bibit dengan spons yang telah tersedia. Untuk selada sebaiknya 2 bibit satu spons agar nantinya selada berbentuk crop kompak. Jika ada bibit yang akarnya belum bisa menyentuh air nutrisi bisa ditambahkan sumbu dengan kain flannel.
-        Masukkan spons yang telah berisi bibit ke dalam netpot.
-        Masukkan netpot ke lubang – lubang tanam yang ada dalam rak paralon yang sebelumnya sudah diisi air nutrisi.
Tahap pembesaran
Setelah bibit kita pindahkan ke dalam rak, tugas selanjutnya adalah melakukan perawatan untuk pembesaran sampai masa panen.
Dalam system hidroponik perawatan tanaman adalah sangat mudah. Karena saya bertanam masih memakai system air menggenang, jadi yang saya lakukan hanyalah memperhatikan ketersediaan air nutrisi yang ada di dalam pipa paralon tempat penanaman. Biasanya saya cek 3 hari sekali. Ketika air mau habis tinggal saya tambahkan lagi.
Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai batang dan akar selada terendam keseluruhan, air nutrisi cukup sebatas 1/3 sampai 1/5 diameter pipa saja agar masih ada ruang untuk akar dan akar tidak terendam semua.
Biasanya setelah 25 – 30 hari setelah pindah tanam, selada siap dipanen.



Gambar tanaman seladaku


Pada saat praktek menanam selada ini saya menghabiskan air nutrisi sekitar 80 ltr untuk 156 lubang tanam terdiri dari 6 batang pipa 2.5”. Setiap lubang tanam diisi 2 bibit selada.

Kalau dikalkulasi secara ekonomi untuk di Bontang,

Biaya untuk buat Rak :
-        Pipa 2,5” 6 batang                              Rp. 240.000
-        Lbow 4 pcs                                         Rp.   24.000
-        T join 9 pcs                                         Rp.   54.000
Total                                                         Rp. 318.000

Harga pupuk
-        Pupuk ABmix 1 paket harga              Rp.   75.000
-        Ongkir                                                 Rp.   65.000
Total                                                         Rp. 140.000
Untuk pupuk 1 paket bisa jadi 1000 liter larutan nutrisi. Jadi harga 1 liter air nutrisi Rp. 140. Kebutuhan sampai panen 80 liter. Jadi biaya pupuk sampai panen = 80 liter x Rp. 140 = Rp. 11.200

Penjualan
1 ikat selada terdiri dari 2 pohon harga Rp. 4000 di pengepul. Hasil panen 156 ikat. Jadi hasil dari satu siklus penanaman : 156 x 4000 = Rp. 624.000

 Nah kalau untuk ngitung keuntungannya, tolong dihitung sendiri ya...

239 komentar:

  1. Salam kenal mas Teguh, Saya Zainul dari Bekasi ,Sewaktu menyemai di media arang sekam apakah disiram pakai air biasa atau sudah pakai pupuk hidroponik,saya pakai rockwoll sdh sy taruh ditempat yg kena matahari tp kok langsing-langsing minta sarannya mas teguh.

    Matur suwun'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Zainul,
      untuk 1 minggu pertama siram pakai air biasa, selanjutnya pakai larutan nutrisi encer (350-400ppm) saja. Jangan lupa kanakan matahari.
      Kalau ternyata bibit punya mas Zainul kutilang (kurus, tinggi langsing) kemungkinan telat kena matahari atau kurang nutrisi.

      Hapus
    2. Makasih mas,setelah sy coba sarannya nggak kutilang lagi bibit yg sy semai,nanya lagi mas..selada yg mas teguh tanam nutrisinya berapa ppm, soalnya sy sudah beli TDS meter.bingung nentuin ppm nya,apakah mas teguh punya daftar ppm untuk sayuran hidroponi ?.

      matur suwun

      Hapus
    3. selada perlu 560-840 ppm. Saya ada tabelnya. Kalau ada WA atau akun FB saya kirim via pm

      Hapus
    4. ini E-mail saya mas teguh :z_ashary@yahoo.co.id.
      terima kasih atas kebaikan mas teguh mau berbagi

      Salam hijaukan Rumah kita.

      Hapus
    5. Mas saa mau juga Tabelnya klo berkenan, saya juga baru mulai menanam ala Hidroponik.
      Email saya : bang,gembuls@gmail.com

      Terima kasih.

      Hapus
    6. tabel udah saya kirim via email om

      Hapus
    7. pak teguh, salam kenal, saya arif di balikpapan. blognya sangat menginspirasi. saya sudah coba di botol bekas, namun hanya menggunakan air biasa (air hujan) kalau berkenan, mohon di share tabel kandungan larutan nutrisi nya juga. email saya arnix3772@gmail.com, atau mungkin bisa whatsapp di no mana ya?
      terimakasih.

      Hapus
    8. Salam kenal juga mas Ardi, email sudah saya kirim. Kalau mau WA bisa coba di 08125524334 / 082254621401

      Hapus
    9. pak teguh salam kenal dan hijau...kalau berkenan untuk bisa mengirimkan tabel utk tanaman sayuran...terimakasih sblm nya...email; cmochezza@yahoo.com

      Hapus
    10. Langsung saya kirim ya...

      Hapus
    11. Salam kenal mas Teguh.
      Terima kasih sekali blognya sangat menginspirasi.
      Boleh saya juga dikirimkan tabel untuk tanaman sayuran? Saya juga mau, tolong dikirim ke annisanur.ichniarsyah@gmail.com

      Biasanya untuk pengecekan larutan nutrisi, mas pakai apa? Apakah perlu EC meter?

      Hapus
    12. Aslkm mas, boleh dunk minta tabel sayurannya
      ini lho email sy
      h3rwindo@gmail.com
      terima kasih sebelumnya mas

      Hapus
  2. Wah mantap seladanya Pak Teguh. Seladaku baru umur 2 minggu. Cukup subur tapi 5 hr terakhir dihantam hujan deras.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini salah satu ujian om Kasman. Tapi tetaplah semangat...

      Hapus
  3. salam kenal pa,,seladanya mantap kinclong,jadi pingin nanam ,semangat pa inspirasi banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dari saya...ayo hijaukan rumah kita

      Hapus
  4. pak teguh baik sekali ya, mau berbagi ilmu dg smua orang. Semoga Allah yang membalas kebaikan bapak,,,Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he..berbagi tak pernah rugi mbak

      Hapus
  5. salam kenal pak, mau nanya pak kl media tanam sekam tidak dibakar bisa tidak.. krn jarang ada d bpp sekam yg sudah d bakar....
    pgn belajar k bontang.. kbtl lokasi sya d bpp hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga...bisa mas. Bahkan teman saya ada yang pakai serbuk gergajian kayu juga bisa (yg penting jangan kayu ulin). Kapan2 kalau pas jalan2 ke Bontang mampir aja kerumah.

      Hapus
  6. Assalamualaikum Warohmatulloh,

    Kalau boleh tahu, untuk pembuatan green house nya, apa bisa di rinci juga dan habis berapa??
    Saya kepingin membuat juga, cuma belum punya tempat di rumah, dan ada rencana menyewa tempat trus membuat sendiri green house nya juga.


    Terima kasih sebelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wa rahmatullah
      greenhouse saya nggak standar mas, jadi malu deh...trus utk materialnya juga banyak yang gratisan. Jadi kalau mau ngrinci juga bingung...

      Hapus
    2. owh begitu ya, tapi itu bagus lho mas.... :)
      setelah coba tanam sawi dan selada di botol bisa berkembang dengan baik,
      jadi pingin nyoba usaha sampingan menanam selada dan sawi.

      Nah saya mau hitung2, biaya sewa tanah, buat greenhouse, dan sistem hidroponik itu butuh modal berapa... ehehehe.... :D

      Kalau begitu, sementara saya kumpulkan modal saja, dan mau coba bikin yang pakai Pipa dulu, contoh kepunyaan sampeyan :D

      Hapus
    3. Eh ada yang lupa, Terima kasih atas reply dan ilmu nya. :)

      Hapus
    4. Kalau mau usaha sampingan tapi modal nggak mahal bisa pakai jerigen bekas minyak goreng atau box sterefoam bekas buah mas. Tetangga saya yg lalu minta diajarin hidroponik, setelah saya ajarin dia praktekkan pakai jerigen bekas. Sekarang ini dari 100 jerigen bekas dia bisa panen 100 ikat sawi utk dijual di pasar.

      Hapus
    5. Terima kasih atas sarannya,
      Kalau pakai itu, tempat naruh nya yang tidak ada, saya tinggal di perumahan yg lahan nya tidak ada.
      Di depan rumah sudah di pakai sama Ibu saya buat tanaman tanaman hias nya.
      Saya hanya bisa memakai pagar di pinggir tempat jemuran di atas rumah,
      Ini sekarang pakai Botol2 saya taruh pinggir pagar jemuran.
      Rencana beli pipa satu lonjor di bagi dua, lalu saya susun dan taruh di pinggir pagar jemuran.
      Mau mencoba belajar sistem nft, dan Insya Allah kalau sukses mau nyewa lahan tanah atau kerjasama dengan teman yg punya lahan kosong.

      Sekali lagi terima kasih atas ilmunya. :)

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum.. Pak Teguh saya mau tanya klo nutrisi ABmix satu paket itu apakah harus langsung dibuat larutan induk semua apa bisa sedikit demi sedikit, mengingat kebutuhan larutan blm banyak krn hanya beberapa tanaman saja, terus takaranya berapa banding berapa? Pak saya juga minta dikirimi tabel kebutuhan / kepekatan setiap jenis tanaman, trima kasih sebelumnya. moh.afief@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wr wb,
      nutrisi abmix sebaiknya langsung dilarutkan sekaligus. Adapun untuk penggunaan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Larutan biang bisa disimpan lama yang penting jangan sampai kena sinar matahari. Kalau dilarutkan sedikit demi sedikit kita harus menakar masing2 mineral yg ada di dalamnya dan pasti akan sulit.
      Untuk tabel kebutuhan ppm insya Allah saya akan kirim besok atau lusa mas.

      Hapus
    2. eh maaf ketinggalan. Umumnya takarannya 5ml A + 5ml B + 1 liter = sekitar 700ppm. Kalau perlu ppm lebih tinggi berarti tinggal menaikkan takaran A sama B

      Hapus
  8. bermanfaat sekali infonya pak. saya juga mau tanya ni pak kbetulan sminggu lalu liat d tv orang nanam selada hidroponik, bikin penasaran trus browsing ketemu blog ini. btw jarak minimal antara paralon yg sejajar berapa pak, apa bisa gk pake jarak / menempel (maklum ane mang rakus) kemudian jarak antara paralon tingkat 1 k tingkat yg kedua berapa.. terimakasih tanggapannya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya.. jarak minimal antar lubangnya berapa? makin dikit jaraknya makin banyak hasilnya.. hehehehe (rakus mode on)

      Hapus
    2. Jarak minimal antar lubang adalah 15cm, jarak antar paralon juga usahakan sama. Jadi jarak lubang kanan kiri depan belakang 15x15cm. Trus untuk jarak antar rak sebaiknya 70cm biar yg bagian bawah juga terkena cahaya matahari.

      Hapus
    3. terimakasih pak teguh, saya sudah merancang media tanam untuk tanaman hidroponik. kalo boleh minta saran yg tempat penyedia bibit selada dan daun bawang bagus, terpecaya dimana ya pak (onlen) dan juga ABmixnya. takutnya entar ada yg menjual AB mix campuran.. saya juga dikirimi kebutuhan nutrsi untuk tanaman hidroponik dong pak.. thanks b4

      Hapus
    4. e: blinkdarma@gmail.com
      fb:fb.com/laserio

      Hapus
  9. MSalam kenal pak teguh saya budi, saya lg belajar bertanam hidroponik ni pak tp saya bingung menentukan ppmnya, apa bpk punya daftar ppm untuk tanaman hidroponik? Kalo bpk berkanan bisa kirim ke emai saya, trimaka kasih atas kebaikan bpk, ini emailnya, rizkibudi23@gmail.com

    BalasHapus
  10. pak mw tanya itu kadar larutannya berapa PPM ?
    apa tiap minggunya sama atw beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya usahakan larutan selalu dikisaran 800 ppm. Karena untuk selada menghendaki ppm di kisaran 560-840ppm

      Hapus
  11. Assalamualaikum warohmatulloh,

    Permisi mas, saya mampir lagi.
    Akhirnya kemarin saya buat hidroponik di pipa pvc, pakai pipa 2,5" dengan panjang 3 meteran, sebanyak 2 saja, tempatnya terbatas.
    Lalu saya juga pakai pipa 1" buat NetPot nya, saya potong2 kisaran panjang 6 cm.

    Setelah selesai merakit Pipa pvc 2,5", saya mulai menaruh pipa net pot nya.
    Nah ini kejadian unik, lha koq pipa net pot nya nyemplung ke dalam pipa 2,5" nya, ehehehe....
    Padahal sudah saya pakai Hole Saw 32 mm, dan saya cek pas untuk pipa pvc 1".

    Kalau punya sampeyan, apa gak ada kejadian nyemplung juga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wr wb
      kalau netpot paralon saya enggak nyemplung mas karena sebelum saya potong ujung paralon saya panasin dulu kemudian lubang paralon saya tekan dengan botol sehingga bagian ujung paralon menjadi mekar. Setelah itu baru saya potong sekitar 4cm. Jadi ketika dimasukkan ke lubang tanam posisi pot jadi nggantung.

      Hapus
    2. Oh gitu trik nya, terima kasih mas.
      Insya Allah, Lain kali jika mau pakai net pot dari pipa paralon akan saya pakai triknya.
      ^_^

      Hapus
    3. Permisi mas, saya mau tanya lagi, itu Pipa NetPot nya di bawah sampeyan kasih penutup atau di biarkan bolong saja?
      Kalo saya saya kasih kasa penutup, perlu gak ya?
      Saya khawatir kalo melorot media tanamnya.

      Lalu saya pingin beli TDS Meter, dan di kaskus saya lihat harganya macem macem mulai yg termurah 120rb sampai juta-an (merk Hanna)
      Nah, kalau sampeyan pakai yang merk apa dan berapaan mas?
      Saya inginnya beli yang murah saja, yang harganya 120 ribu.
      Tapi takut kalau kurang bagus.

      Hapus
    4. Netpot pralon saya ga saya kasih tutup bagian bawahnya. Supaya tanaman ga melorot, cukup disiapin spons dengan ukuran 2.5cm x 2.5cm x 2 cm. Kemudian dibelah bagian tengah (jangan sampai putus). Tanaman dijepit pakai spon tersebut dan biasanya tidak melorot kok.

      Hapus
    5. Terima kasih atas balasannya.

      Owh gitu....
      Saya saat ini masih pakai media tanam arang sekam, jadi saya kasih penutup kain kasa di bawahnya. (pakai kain kasa yg buat platfom/asbes)
      memanfaatkan media tanam yg masih sisa banyak, ehehehe...

      Btw, mengenai TDS meter, gimana mas?
      Tolong kalau bisa, di jawab juga.
      Terima kasih. :)

      Hapus
    6. eh iya..tadi ada yg terlewat. Untuk TDSmeter saat ini saya masih pakai yang 120ribuan. Itu sudah cukup ok kok.

      Hapus
    7. Sip, terima kasih atas jawabannya.
      Insya Allah, saya beli itu yang juga. :)

      Hapus
  12. Asaalamuallaykum

    salam kenal pak.. awalnya ingin usaha dalam bidang pertanian tp kurang yakin, begitu baca baca di blog pak teguh ini. kok saya jadi ingin sekali mengaplikasikann sehingga bisa menjadi usaha saya

    masalahnya saya belum paham pak.. apa itu hidroponik (apa tanaman yg ada pada media bukan kebun), terus kalo pake pipa (dalamnya ada tanahnya ya), dan mengenai air nutrisi hidroponik itu apa ya (nutrisinya berapa ppm)..?

    mohon izin minta alamat FB nya (ingin banyak tanya untuk belajar dgn bapak).. ini alamat fb saya : Dian Fajar Samsi (oi_aanblitar@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam,
      Penjelasan tentang hidroponik sebetulnya panjang, karena selain tentang definisi hidroponik itu sendiri, juga akan bicara tentang beberapa sistem hidroponik. Tapi intinya hidroponik itu adalah budidaya tanaman dengan memaksimalkan fungsi air. Dan dalam hidroponik ini tidak diperlukan tanah sebagai media tanam.
      Yang dimaksud dengan air nutrisi yaitu air yang sudah dicampur dengan nutrisi (pupuk) khusus untuk hidroponik. Nama pupuknya biasa disebut ABmix. Adapun ukuran berapa ppm tergantung dari tanaman yg akan kita tanam, karena masing2 tanaman memerlukan ppm nutrisi yang berbeda-beda (insya Allah ada tabelnya).
      Untuk FB alhamdulillah kita udah berteman, sehingga kalau perlu komunikasi bisa lewat messenger.
      Kalau mau belajar banyak tentang hidroponik, sampeyan bisa gabung di grup FB antara lain "Hidroponiku" , "Komunitas Belajar Hidroponik" atau "Hidroponikers Bontang" di grup tersebut banyak praktisi hidroponik mulai dari level pemula sampai level profesi/komersial

      Hapus
  13. Maaf pak teguh minta alamat lengkap saya mau les privat aja he....he....he.?... Salam pak 081350234494 saya di bontang utara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di jl. atletik 15 no 64c. RT.33 kel api2. Bisa aja ke rumah tapi hari sabtu sama minggu, soalnya kalau hari kerja pulangnya sore. Maklum kerja di hutan.

      Hapus
    2. Pak minta pin BB ny boleh?!

      Hapus
    3. Waduh saya ga pakai BB. Kalau ada yg mau ditanyakan telpon sj ke 082254621401 atau bisa WA ke 08125524334/082254621401

      Hapus
  14. Saya ingin belajar menanam salada air, dimana alamatnya










    Saya ingin belajar menanam salada air, dimana alamat nya?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di Bontang, tepatnya di Jln. Atletik 15 RT.33Kel. Api - api

      Hapus
  15. Salam kenal pak Teguh, dimana sy bisa dapatkan spons utk media tanamnya? Dan apakah bisa dipakai berulangkali? Maturtengkyu pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dijual di toko alat tulis atau toko bangunan mbak. Spons bisa dipakai berulang ulang selama tidak ditumbuhin jamur

      Hapus
    2. Dewi Setiawati18 Maret 2014 03.32

      Pak Teguh, saya sudah mencoba nyemai bibit selada dengan RW. Hari ketiga sudah mulai membelah benihnya, kapan saya mulai pindah tanam pak Teguh. Terimakasih sebelumnya...

      Hapus
    3. Begitu benih sudah berkecambah, mulai kenakan sinar matahari secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari etiolasi atau proses dimana tanaman mencari sumber cahaya sehingga tanaman pertumbuhannya tidak normal (kurus dan hanya meninggi).
      Untuk pindah tanam menunggu sampai tanaman berdaun 4 lembar, biasanya usia 2 minggu setelah semai.

      Hapus
  16. Salam kenal,

    Saya tertarik dengan hidroponik dan sebagai pemula (+sekali), sebaiknya apa yang harus saya lakukan.
    Terima kasih bimbingannya.
    Salam,
    fd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang harus dilakukan adalah mempelajari teorinya kemudian segera praktekkan. Cari sistem yang paling sederhana terlebih dahulu, misalnya sistem wick/sumbu. Amati hasilnya, perkembangannya spt apa dan kendala2nya apa saja. Dari situ kitabisa melakukan improvisasi. Kalau merasa sudah berhasil, mulai tingkatkan dengan sistem yg lebih rumit misalnya NFT.
      Saya sendiri memulai berhidroponik bermodalkan literatur dari internet. Tetapi segera saya praktekkan sambil mencari tambahan ilmu dari bermacam sumber. Prinsip saya adalah learning by doing karena pengalaman adalah guru utama

      Hapus
  17. Assalam... bapak.. saya ini fans berat pak.teguh.. hehehe.. tiap hari baca blognya.. meski berkali2 baca teteeep... seneng.. hehehe, saya boleh minta tabel kebutuhan ppm untuk masing2 tanaman pak? Soalnya saya juga belajar hidroponik dng membaca blog bapak sudah sangaaat jelas ;) email saya: fataty_pio@yahoo.com matur nuwuun pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam, saya akan usahakan kirim ke email

      Hapus
  18. Wah tambah maju hidroponikx y pak,.tadi sya lewat depan Rumah bayak pipa". Malu mau tax" hehe
    Kbetulan rumah pak teguh dkt rumah kakak sya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhooo...kenapa gak mampir mas? Mampir aja kapan2 biar kita bisa saling kenal dan ngobrol. Btw, kakak sampeyan siapa namanya?

      Hapus
  19. salam kenal mas teguh,, aku pemula ,yg saya ingin tahu jarak antara lubang dan besar lubang yang di gunakan pada saad penanamam salada tsb,makasih, E-mail yc8dlp_malik@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarak antar lubang (as) sekitar 15 cm. Besar lubang disesuaikan dengan netpot yg akan kita pakai. Kalau mau pakai gelas akua bisa pakai hole saw ukuran 2.5" atau 2" untuk gelas bekas ale2

      Hapus
  20. pak izin tanya
    kalau melubangi pipa pvc itu menggunakan apa ya ?
    saya sudah searching di youtube, kebanyakan menggunakan alat(saya tidak tahu apa)
    apakah bisa melubangi menggunakan alat yang mudah didapatkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melubangi pipa pvc menggunakan mata bor khusus namanya "Hole Saw". Mata bor ini bisa dibeli di toko2 penjual peralatan tekhnik. Kalau di daerah sampeyan ada toko Krisbow atau Ace Had Ware, alat ini bisa di beli di situ.

      Hapus
  21. Met kenal mas Teguh.nama sy memed dr padalarang. Secara diam2 saya pelajari dan praktekan apa2 yg mas Teguh jelaskan. Bertanam kangkung dan bayam sdh berhasil.tp untuk slada air msh belum krn menunggu slada berdaun 4 lbr blm pernah sy alami.dmn salahnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk selada, tunggu aja sampai 2 minggu dan sudah siap pindah tanam.

      Hapus
  22. assalamualaikom,salam kenal...maap saya baru dgn hidroponik,,,di mana saya bisa khursus..saya di jakarta barat.kebayoran lama..adakah yg terdekat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikum salam
      untuk di jakarta coba kontak pak Yos Sutiyoso di 08158320296
      biasanya tiap hari sabtu ada pelatihan

      Hapus
  23. salam kenal mas teguh,

    saya hendra dari jakarta

    saya mau bertanya untuk nutrisi A B mix yg sudah di jadikan cairan pekat bisa di simpan berapa lama, dan pada saat di simpan apakah harus dalam keadaan kedap udara atau tidak

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ada yg lupa, kalau boleh saya minta tabel kebutuhan ppm masing2 tanaman email saya : hendra.cicox@gmail.com

      terima kasih

      Hapus
    2. untuk pekatan AB bisa disimpan lama yg penting jangan kena sinar matahari.
      untuk tabel saya usahakan kirim

      Hapus
  24. pak teguh mau tanya ,,,
    air dalam pipa apakah harus mengalir terus, dan menggunakan alat apa untuk mengalirinya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. air tidak harus ngalir. Bisa nggenang. Tapi kalau mau sirkulasi itu lebih baik. Alat yang diperlukan cuma pompa akuarium.

      Hapus
  25. Salam kenal

    Mau tanya nih, apa p Teguh punya pengalaman hidroponik dengan menggunakan pupuh organik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah coba pakai MOL tapi malah akarnya busuk dan bau. Tapi kalau paki pupuk organik yg dijual di toko2 pertanian belum pernah

      Hapus
  26. Assalamualaikum mas..
    Salam kenal mas,,saya mau tanya kebetulan saya baru mau belajr bercocok tanam dipekarangan rumah,,maksudnya air mineral itu yg mana yah,,dan arang sekam itu,,apa sama seperti arang yg digunakan untuk bunga anggrek..trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. air mineral? mungkin maksudnya air nutrisi om?
      arag sekam yaitu arang yg dibuat dari kulit padi/sekam. Saya tidak tau kalau bisa utk bertanam anggrek karena setau saya utk anggrek biasanya pakai arang kayu

      Hapus
  27. mas...green house pakai paranet atau plastik..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atap pakai plastik UV dan samping pakai paranet mas

      Hapus
  28. As,wr,wb ,slam kenal pak teguh,, sbtulnya sya bru pertama nanam hidroponik krena Praktek lapangan sya, sya msih mhsiswa,, smua yg sya lkukan hmpir spnehnya sya tiru dri yg di blog bpak ini,, sy pakai yg air tergenang,, untuk kangkung Alhamdulillah subur, bahkan sudah panen dan terjual dgn harga Rp 15.000/ikat, nah untuk seladanya itu panjang-panjang dan kurus, memang sya tarok di tempat teduh, tidak kena chaya mthari, soalnya kalo terpapar mtahari itu lngsung layu,, mohon pencerahannya gimana agar selada sya subur pak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikum salam wr wb,
      untuk selada yang panjang2 itu itu disebabkan kurang cahaya mas. Maaf, untuk wadah tanamnya pakai apa ya?

      Hapus
  29. Salam kenal Mas Teguh, saya sering melihat hasil karya Mugi Rejo tentang hidroponik di depan rumah jenengan. Mau nanya kebutuhan ppm untuk masing2 tanaman Mas? sebab nanya di tetangga jenengan di suruh langsung nanya ke jenengan, cuma jenengan sangat sibuk. mohon bisa di email ke ganefo1970@yahoo.co.id.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga om...
      Langsung cek emailnya om..

      Hapus
  30. hallo gan,,, boleh tanya ya,,,, moga blognya masih aktif.
    saya newbe baru mau mulai menanam dan bekebun,,, untuk yg cabai-rawit-secara-vertikultur. itu ca melubangi paralonnya gimna ya?? ko bisa masuk dan kedalam gitu lekukannya ??? mohom info ya,,, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membuat lubangnya cukup menggunakan gergaji. Caranya tempat yang mau dilubangi digergaji dgn arah memotong pipa selebar 5-7 cm. Kemudian dipanasin. Setelah lembek kemudian ditekan pakai pipa atau kayu ukuran sekitar 1", bagian bawah dicongkel keluar dan bagian atas ditekan kedalam.

      Hapus
  31. sama minta akun FBnya dong mas.... Hatur nuhun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari aja di FB dengan nama Teguh Untara, insya Allah ketemu

      Hapus
  32. mas mau tanya, selada itu kl masih seed, ampe numbuh daun apa perlu di kenakan sinar matahari atau makek plastik biar gk terik, atau di teduhkan dulu,, dan kalau sudah tumbuh / pembesaran apa perlu kena matahari atau tidak, sebab selada saya selada merah, awal makek air ampe besar, setelah saya kasih nutrisi, kok merahnya luntur, sekarang malah lari ke hijau,, saya gk makek alat meter baik ph ato tds, mohon bantuannya, ini email saya mas fauzie23886@yahoo.com minta tabelnya sekalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembibitan semua sayuran, setelah sprout/tunas sebaiknya dikenakan sinar matahari agar tidak terkena etiolasi atau tanaman menjadi kurus tinggi karena proses mencari cahaya matahari. Tapi tentunya jangan langsung dikenakan matahari terik. Sebaiknya untuk bibit dinaungi paranet atau plastik UV. Setelah pindah tanam bisa dikenakan matahari langsung ataupun pakai naungan plastik UV. Untuk selada merah biasanya warnanya akan pudar jika kurang pencahayaan. Alat ukur seperti PHmeter ataupun TDSmeter tidak mutlak harus punya jika cuma sekedar hobi. Tapi kalau sudah untuk komersil harus ada karena untuk menjamin tanaman tumbuh secara maksimal.
      Untuk tabel ppm insya Allahsaya kirim, cek aja di emailnya.

      Hapus
  33. ass.pak saya juga mau dong tabel ppmnya. ini email sya dey_martha@yahoo.com
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikum sala wr wb,
      langsung cek email mbak...

      Hapus
  34. Hallo Pak Teguh, terima kasih sudah bebagi pengalaman lewat blog yang sangat menginspirasi ini, saya sekarang sudah mulai coba coba tanam hidroponik tomat dengan
    Larutan mol,tp akhirnya sama dengan pengalaman Pak Teguh yg akarnya busuk dan bau,hehe,.. sekarang saya mau coba tanam dengan larutan nutrisi ,kalau boleh saya juga minta dikirimkan list ppm larutan nutrisi ke email: bennydermawan@gmail.com, terima kasih banyak Pak Teguh, semoga selalu sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung cek lampiran di email pak

      Hapus
  35. Hallo Pak Teguh, kalau lihat blog bapak sangat menginspirasi saya. Sebenarnya saya pernah mencoba membuat hidroponik sederhana karena melihat blog bapak juga. Tapi sekarang saya mau yang lebih serius lagi hidroponik mengunakan pipa paralon. Dimohon ya pak dikirimi list tabel ppmnya ke anies.darman@gmail.com. Terimakasih pak teguh semoga selalu menginspiasi untuk banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung cek lampiran di email bu

      Hapus
  36. Salam kenal pak. Saya Fatah dari Jakarta. Seladanya keren banget. Sebagai pemula, mohon dapat dikirimkan tabel ppm untuk berbagai sayuran, terutama selada. Alamat emai saya : fatahhasan@gmail.com .Sekarang saya lagi bikin peralatan hidroponik seperti yang pak Teguh punya. Trimakasih

    BalasHapus
  37. Salam kenal juga pak Teguh, terima kasih sudah berbagi ilmu dan pengalaman lewat blog yang sangat menginspirasi ini, saya sekarang sudah mulai coba tanam selada dan tomat secara hidroponik, kalau boleh saya juga minta dikirimkan list ppm larutan nutrisi ke email: ontaonta80@yahoo.com, terima kasih banyak Pak Teguh, semoga selalu sukses

    Balas

    BalasHapus
  38. o y pak, baru saja saya tanam benih selada di tanah, entah nanti hasilnya bgmana,
    mhon pencrahan dr pak teguh, untk penanaman awal itu bgaimana? media untuk benih nya pakai apa?
    maksh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bertanam selada, perlu dilakukan penyemaian dulu sekitar 10-20 hari. Media tanam bisa menggunakan tanah humus dicampur pupuk kandang. Atau bisa juga pakai arang sekam ataupun media tanam yang lain. Setelah bibit berdaun 4 helai sudah bisa dipindah tanam. Kalau di tanam di tanah sebaiknya pakai jarak 20x20cm. Tapi kalau ditanam sistem hidroponik bisa pakai jarak minimal 15x15cm.

      Hapus
  39. assalamu'alaikum pak, salam knal ni dr yoim yg jauh di tanjung pinang KEPRI, stelah saya bc postingan bp ni q trtarik pengen bljr tanam cara hidroponik tp q msh awam bgt alias ora ngerti babar blas, tenanan pak q pengen bgt bljr menanam, boleh tak q minta nmr hp bp, ni nmr q: 0821-696-282-45, 08788-048-2618, bp miscl aja atau sms nti q yang tlp, q suka falsafah hidup bp tu, berbagi tak pernah rugi, smoga org2 sprti njenengan kih dados ahli surga,q tunggu miskolanya ya paaaakk... ksuwun sanget,makasih, jazakumullah

    BalasHapus
  40. Salam hijau pak Teguh,
    saya semangat sekali membaca blog bapak ini, saya berencana membuat hidroponik kit meniru gambar dan penjelasan yang bpk ulas di blog ini, namun yg saya bingungkan, ketika saya mau menambahkan larutan nutrisi ini gimana caranya ya pak? saya ingin menggunakan metode menggenang yg sepertinya lebih simple utk pemula seperti saya, namun saya bingung pengisian air nutrisinya pak, blm ada gambaran tentang ini,, mohon bantuannya ya pak, terus menulis di blog ini utk menginspirasi orng2 sperti saya hehe terima kasih sebelumnya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hijau..
      untuk pengisian air nutrisi melalui Lbow yg menghadap ke atas sebagaimana terlihat pada gambar paling atas. Adapun pengisiannya tetap manual dengan menggunakan gayung.
      Terimakasih sudah mampir ke blog saya dan doakan saya bisa selalu menulis di blog sederhana ini.

      Hapus
  41. Assalamu 'alaikum, pak Teguh.
    Mohon share tabel ppm utk tanamannya, pak. Ke gandhi.octaro@gmail.com. Terima kasih.
    Wassalam.

    BalasHapus
  42. Terima kasih atas jawabannya yg sngat membantu pak, saya doakan selalu utk bapak supaya terus menulis di blog ini dan tak bosan berbagi pengalaman karena blog bpk ini sngat bermanfaat bagi bnyak orang,,
    oya pak, mau tanya lagi, utk mengetahui sisa air nutrisi yg ada di dlm paralon ini apakah dilihat dr elbow yg menghadap ke atas tersebut pak? dan berapa bnyak air nutrisi yg kita masukkan ke dlm paralonnya? utk pnghitungan kadar ppm saya mengikuti rumus bpk yaitu 5 ml A + 5 ml B + 1 lt air = 700 ppm dan jika ingin ppm lebih tinggal dihitung saja bgtu ya pak? yg saya bngungkan brp bnyak air nutrisi yg kita msukkan ke dalam paralon tersebut pak? maaf jika pertanyaan saya berbelit - belit pak, maklum ndak ahli bkin kata2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilihat dari Lbow atau angkat salah satu pot dan dilihat berapa permukaan air nutrisinya. Dari situ kita bisa menentukan air nutrisi perlu ditambah atau tidak.Banyaknya air nutrisi yang dimasukkan tergantung dari besaran pipa paralon. Tapi usahakan permukaan air nutrisi setinggi setengah diameter pipa.

      Hapus
  43. Mohon maaf pak, grup hidroponik bapak yg di facebook namanya apa ya pak? saya bisa bergabung tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama grupnya "Hidroponiker Bontang". Tapi saya juga ikut dibeberapa grup seperti Komunitas Hidroponik Jogdja, Hydroponyc Samarinda, Komunitas Hidroponik Balikpapan dll.

      Hapus
  44. MSalam kenal Pak Teguh saya Widi, saya lg belajar bertanam hidroponik ni pak tp saya bingung menentukan ppmnya, apa Bpk punya daftar ppm untuk tanaman hidroponik..? Kalo Bpk berkenan bisa kirim ke emai saya, trimaka kasih atas kebaikan Bpk, ini emailnya, widi.cyber@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada daftar ppmnya. Sudah saya kirim dekalian dengan skema hidroponik sederhananya

      Hapus
    2. Terima Kasih Bapak Teguh atas Tabel PPMnya dan Skema Hidroponik.
      Salam Jaya terus Hidroponik Indonesia.

      Hapus
  45. Salam Super Pak Teguh. Saya Rudi dari Medan. Mohon info. Apakah botol aqua 600 ml cukup memadai untuk menanam selada hidroponik sistem wick? Matur nuwun sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah memadai atau tidak, jawabannya memadai. Tapi kalau bisa tumbuh optimal atau tidak, jawabannya pertumbuhannya kurang optimal. Hal ini disebabkan karena wadah yang terlalu kecil sehingga ketika terkena sinar matahari, air akan cepat panas. Ketika air memanas, kandungan oksigen terlarut akan berkurang. Resikonya tanaman akan layu atau akar akan mati karena kekurangan oksigen. Ketika ada serabut akar yang mati tentunya tanaman akan kekurangan nutrisi sehingga pertumbuhan kurang bagus. Saran saya kalau mau mencoba berhidroponik dan hasilnya bagus, coba pakai boks sterefoam bekas buah anggur impor untuk wadah air dan netpotnya pakai gelas plastik.

      Hapus
    2. Thanks berat atas pencerahannya, pak Teguh. Penjelasannya lengkap dengan fakta ilmiah. Semoga ilmunya makin menyebar dan bermanfaat.

      Hapus
  46. Maaf Pak Teguh kalau saya banyak tanya, maklum Newbie.
    Kalau Green House Bapak Teguh pakai Plastik UV atau ShadingNet, dan berapa Persentase Cahaya masing-masing bahan tersebut..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai plastik UV tapi lupa berapa persen karena sudah lama. Karena di tempat saya sangat terik dan tanaman kadang layu makanya saya tambahin shading net. Untuk persennya saya juga ga tau karena saya lihat yg ada di toko terdekat cuma itu, ya sudah saya beli aja.

      Hapus
    2. Terima Kasih Bapak Teguh, info & ilmunya sangat bermanfaat.
      Saya ada Ide & rencana akan menggunakan ruang kosong dari rangka Tower Air (Tandon) sebagai Green House. Minta doanya agar dapat cepat terwujud.
      Salam Hiidroponik....

      Hapus
  47. Salam kenal Pak Teguh. Terimakasih atas sharing ilmunya. Mohon dikirim table ppm dan skema hidroponiknya ya pak. Terimakasih sebelumnya. Email saya darumanegara@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dari saya, untuk tabel udah saya kirim via email

      Hapus
  48. ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡 Mas Winie boleh minta kirim daftar ppm nya..klo bisa ke adekwinie@ymail.com
    Terima Kasih Sebelumnya Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam,
      email sudah terkirim mbak

      Hapus
  49. ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡. Mas file sudah diterima terimakasih bantuannya mas..sangat membantu..
    Sukses buat mas teguh
    Salam hidroponik..

    BalasHapus
  50. Salam kenal Pak Teguh. Terimakasih atas sharing ilmunya. Mohon dikirim table ppm dan skema hidroponiknya ya pak. Terimakasih sebelumnya. Email saya faisalfotocopy@yahoo.com

    BalasHapus
  51. Pak saya mau coba hidroponik pakai botol aqua 500 ml
    sayur apa yang memungkinkan cocok ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai botol biasanya mudah rebah, lebih baik pakai boks sterefoam bekas buah import sebagai wadah tanam

      Hapus
  52. Salam kenal pak. Saya akbar dari banjarmasin. Sebagai pemula, mohon dapat dikirimkan tabel ppm untuk berbagai sayuran, terutama selada. Alamat emai saya : akbard83@gmail.com

    BalasHapus
  53. Asalamualaikum,
    mas saya dodi dari temanggung, saya sedang ada tugas pratek membudidayakan tanaman secara hidroponik, sya minta tabel ppm'nya, untuk saat ini saya butuh itu, untuk yang lain munkin menyusul.
    ini e-mail saya
    bayu100eleven@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. File sudah terkirim, silahkan cek di lampiran

      Hapus
  54. Salam kenal Pak Teguh, saya Asun dari Jakarta, saya baru belajar hidroponik dan sejauh ini hanya menanam kangkung hanya 8 netpot, saya ingin menanyakan beberapa hal antara lain;
    Saya menyemai 2 jenis selada (benih berwarna putih dan hitam) dengan rockwool, mengapa sulit sekali sprout, dari 50 benih yang saya semai hanya beberapa yang sprout (itu pun hanya benih yang berwarna putih), hari ketiga semai sprout 2 benih saja, hari keempat 1 benih lagi, hari kelima hanya 2 benih dan besok saya menunggu untuk hari keenam, apakah saya salah menyemai selada dengan rockwool?, karena yang saya baca ternyata Bapak menggunakan arang sekam.

    Kedua, menggunakan media apa sebaiknya menyemai tanaman berikut berturut-turut; bayam, seledri, kailan, cabe, tomat, dll apakah bapak punya referensinya?

    Yang ketiga apakah kol, bunga kol, brokoli, kacang panjang, buncis, bisa dibudidayakan secara hidroponik?, metode apa yang paling cocok?

    Mohon maaf apabila saya terlalu banyak bertanya dan merepotkan Pak Teguh, karena saya yakin akan menemukan jawabannya dari bapak yang merupakan seorang praktisi, oh iya Pak, saya sudah memiliki tabel ppm dari internet tapi saya tidak mengetahui validitasnya, bolehkah mengirimkan ke email saya tabel ppm yang Pak Teguh miliki untuk perbandingan ke email saya: gshunliu@gmail.com

    Sebelum dan sesudah terima kasih sebesar-besarnya atas jawabannya Pak dan sekali lagi mohon maaf jika merepotkan.

    Salam, Asun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dari saya,
      untuk kejadian tersebut di atas biasanya karena kualitas benih selada yg sudah tidak bagus. Bisa jadi benih sudah terlalu lama terbuka dari bungkus aslinya.

      Untuk menyemai sayuran apapun untuk saat ini saya biasa menggunakan arang sekam dicampur cocopeat. Hal ini karena media tidak padat sehingga poreus dan banyak udara didalam media. Selain itu media juga kuat menahan air tetapi tdak becek sehingga kebutuhan air bagi bibit selalu tercukupi.

      Untuk bunga kol, brokoli, kacang panjang maupun buncis bisa dibudidayakan dengan hidroponik sistem sumbu, fertigasi atau ebb and flow. Tapi kalau sekedar hobi bisa pakai sistem sumbu saja

      Untuk file skema hidroponik sudah terkirim.

      Hapus
  55. Haloo...pak teguh...kok seladaku malah mati pak...saya semai dengan rok wol saya taruh di nanpam trus kututup dengan plastik...kok malah do mati pak.. bisa kasih trik nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin benihe keplepek banyu om soale rockwool kuat banget nyimpen banyu

      Hapus
  56. Salam kenal...
    Salut untuk Blog nya...
    Saya juga mau mas, dikirimi tabel ppm nya. via email: wedikimannugroho@gmail.com atau WA 081390161228.
    Sekalian mo nanya,, dibeberapa literatur yg sy baca,, kebanyakan org2 memakai nutrisi ABMix. apa ga bisa diganti dengan pupuk cair yg biasa digunakan dipertanian umumnya. apa kekurangan/kelebihannya???
    Sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas share ilmunya...

    Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas,
      file sudah saya kirim ya...

      Kenapa nutrisinya kebanyakan pakai ABmix? Karena pupuk ABmix ini adalah pupuk racikan yang memang disesuaikan dengan kebutuhan hara bagi tanaman. Dalam pupuk abmix semua unsur hara yang dibutuhkan tanaman sudah tersedia. Bedanya dengan pupuk pertanian yang lain adalah dari sisi fungsi. Kalau pupuk pertanian yang lain fungsinya adalah untuk melengkapi kebituhan unsur hara tanaman yang ada di tanah, sedangkan pupuk abmix fungsinya adalah untuk menyediakan semua unsur hara yang diperlukan tanaman. Jadi dari sisi komposisi pupuk abmix jelas lebih lengkap.

      Hapus
  57. Siang mas teguh

    saya Tri dari samarinda, saya rencana mau mencoba menanam pakcoy secara hidroponik, mohon info di samarinda ada yang jual rockwool, nutrisi A & B nga ya...jika ada mohon infonya di mana ..?

    jika beli online di mana ya karena saat ini banyak akun palsu penipuan..

    mhon saya juga dapat di emailkan tabel ppm 3basuki3@gmail.com,

    maaf jika merepotkan, atas bantuan mas teguh sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk di samarinda setau saya ada mas Nanda Ginanjar coba add via FB.

      Tapi kalau beli online bisa ke paktani hydrofarm (search di google), ferti-mix (search di google), ancha norandsyah (081310069130), lucas fredericsen (089608692431)

      Tabel ppm sudah saya kirim

      Hapus
  58. Saya dari Palembang Syafnil
    Assalamualaikum, wr wb, ...mas teguh maaf saya kesiangan
    bangun/melek hidroponik...saya punya pekarangan rumah,
    saya cangkul....sya tanam bayam, kangkung, lumayan sehat tapi

    kepingin hidroponik minta tolong kalau mas berkenan beramal..saya

    kirimi juga dong daftar ppm kebutuhan tanaman2 email saya

    danilsyafnil@yahoo.co.id -
    danilsyafnil@yahoo.com

    BalasHapus
  59. Subhanallah, luar biasa sekali blognya om teguh. Sebelumnya salam kenal om saya andri dari serang banten. Kalo om berkenaan saya juga mau donk di kirimin tabel ppm nya. Sebelumnya makasih banyak om. andrydwi09@yahoo.com

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum wr wb,
    Salam kenal, Mas. Kirim tabel PPM-nya dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Please alamat emailnya om

      Hapus
    2. suwartana.tatang@gmail.com

      Hapus
    3. wa 'alaikum salam,
      file sudah terkirim, semoga bermanfaat

      Hapus
  61. Mas saya syafnil, dari palembang tempohari saya sudah terima email tabel ppm, terimakasih banyak, tapi saya butuh pupuk hidroponik ABmiz A- B, gimana caranya, karena di palembang peredaran tidak ada gimana kalu saya beli dengan mas, berapa plus kirim, saya transfer banknya, bisa2 kalau banyak anggota saya jadi agen distributor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya di Palembang ada yang jual abmix lho, coba cari via google. Tapi kalau tidak ketemu sebaiknya pesan lewat Jawa saja, selain harga lebih murah, ongkos kirim juga murah. Untuk penjual abmix di Jawa silahkan hubungi pak Lucas Fredericsen di 089608692431 atau pak Ancha Norandsyah di 081310069130

      Hapus
  62. aslmkm pa teguh, klu boleh saya ikut minta tabel ppm sama PH tnamanya pa (rasyid.117@gmail.com)..hhe
    sekalian mau tanya,
    klu kemiringan pipa sama debit air yang ideal seperti apa ya?
    klu selada sama sawi, bgusan mana ya pa? terutma dari kbutuhan pasar sama harga jualnya..

    terimkasih seblumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      File sudah terkirim mas.
      Untuk kemiringan pipa umumnya menggunakan 5% atau beda tinggi 5 cm untuk setiap 1 m. Debit air sekitar 2 liter/menit. Untuk menentukan mana yang bagus untuk komoditi, kita harus melihat masing2 daerah karena setiap daerah mempunyai karakteristik konsumen yg berbeda beda. Misalnya untuk di daerah saya tanam selada cukup prospek, tapi teman saya di Samarinda lebih suka tanam sawi karena permintaan dan harganya lebih menjanjikan.
      Jadi mau selada atau sawi silahkan dilihat kondisi pasar di daerah sampeyan.

      Hapus
    2. ok.. terima kasih banyak pa teguh..

      Hapus
  63. Assalamualaikum wr wb,
    Salam kenal, Mas. Kirim tabel PPM-nya dong.kirim ke email yusup.fx@gmail.com terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam mas...file sudah terkirim

      Hapus
  64. Salam kenal Pak Teguh, sy Nick di Papua.. sy baru mengenal hidroponik dan ternyata mengasikkan karena sebagai pengisi waktu luang.. kebetulan blog Bapak juga yg menjadi referensi utama sy.. yg saya mau tanyakan :
    1. pupuk abmix merk apa yg bapak gunakan dan bagaimana cara mendapatkannya? karena sebelumnya saya percobaan dengan NPK mutiara dan Gandasil D
    2. apakah tidak apa-apa jika saya menyemai dengan ampas sekap kayu? menurut Bapak lebih baik mana, ampas sekap kayu atau pasir pantai yg butirannya agak besar yg sudah di cuci?
    3. Bisakah sy juga dikirimi tabel ppm, dan kalau ada yg rincian ppm per HST akan lebih baik lagi :) alamat email saya nike.george10@gmail.com

    terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga dari saya,
      1. Untuk abmix saya menggunakan yg ramuan dari "paktani hydrofarm". Silahkan search di google
      2. Menyemai dengan serbuk gergajian kayu bisa yang penting sudah tidak mengandung tanin(zat anti nutrisi). Kita juga bisa menyemai pakai pasir, tapi kelemahannya kurang mengikat air sehingga kita harus sering2 menyiram
      3. File sudah terkirim

      Hapus
  65. assalamu'alaikum...
    salam kenal pak...saya mohon ijin unduh semua artikelnya u saya jadikan salah satu referensi bljr tanam ala hidroponik....klo boleh kirimkan jg tabel kbutuhan nutrisi semua jenis tanaman yg bisa di budidayakan scra hidroponik...terimakasih..
    wassalam...
    puguhsutapa71@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam, monggo..silahkan pak. File saya usahakan kirim

      Hapus
  66. Salama kenal pak Teguh, saya Dwi di Lampung, saran bpk sedang saya praktekan
    Tapi benih blm tumbuh krn net pot tidak menyentuh aii di paralonnya, saya tambahin air, malah paralon menekuk ke tengah jd yg tengah airnya dalem yg pinggi cetek alias dangkal, mungkin penyangganya jaraknya kejauhan ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sistem nggenang, jarak penyangga jangan terlalu jauh. Usahakan maksimal 1,5 meter supaya pipa tdk melengkung

      Hapus
  67. Salam kenal pa teguh.saya kelvin dari bandung.saya ingin belajar tentang hidroponik.jika berkenan saya ingin meminta skema pembuatan hidroponik secara detail dan tabel nutrisi untuk berbagai sayuran.email saya coco_k3l@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  68. salam kenal mas teguh, saya surya dari serpong. saya tertarik dengan obrolan mas teguh mengenai hidroponik. saya sedang belajar dan sudah memulai menanam bayam, selada dan seledri. saya membutuhkan informasi takaran nutrisi yang di butuhkan masing-masing tanaman. jika berkenan mohon informasi tabel ppm dari mas teguh.
    terimakasih atas perhatian dan bantuannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya mas teguh alamat e-mail saya csurya09@gmail.com
      Sekali lagi terimakasih mas teguh atas perhatiannya

      Hapus
    2. File langsung saya kirim

      Hapus
  69. blog yg sangat menginspirasi saya pak teguh, mohon kiranya pak teguh berkenan membagi info mengenai tabel kebutuhan nutrisi? ini alamat emai saya oq[dot]safir@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah coba kirim tapi alamat emailnya ga bisa

      Hapus
  70. Salam kenal pak teguh, saya ridwan di lereng sindoro jateng sedang belajar budidaya selada keriting, mohon apabila bapak tidak berkeberatan untuk berbagai tabel informasi kebutuhan nutrisi tanaman ke e-mail saya ridwankusuma.23@gmail.com atau WA di 088216429346...terima kasih & salam sukses

    BalasHapus
  71. Salam sejahtera.
    Mas mohon info, diatas panen sawi dan kangkungnya yang pipa 3 rak itu hasil NFT atau system air statis? dan apabila air statis apa ada agenda mengganti air lama diganti air baru yang terjadwal? mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air statis mas, tdk ada penggantian air. Yang saya lakukan hanya menambah air nutrisi

      Hapus
  72. Assalamualaikum wr wb..
    trima kasih byk pak ats sharing ilmu nya. saya niman dari medan, mohon kira nya saya di kirimkn tabel ppm dan skema hidroponik nya via email. nimancahyo982@gmail.com. trima kasih y pak sbkm nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam,
      file dah terkirim

      Hapus
  73. salam kenal pak,,stlah saya baca blog bpak,,saya jd minat juga untk mencoba,,, saya jg udah mengumpulkan botol2 bekas,,tp beli nutrisi hidroponikx di mana pak?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk nutrisi beli via online. Cari aja di google dengan tag "jual abmix" nanti akan muncul banyak penjual nutrisi abmix dengan berbagai merk. Nggak usah khawatir, selama ini saya belanja online utk keperluan hidroponik dan gak pernah tertipu kok.

      Hapus
  74. o ya pak,,ne alamat email sy.....Agrement82@yahoo.com

    BalasHapus
  75. pak kirimkan ke FB saya juga ya muhamad.aulia22@rocketmail.com

    BalasHapus
  76. Salam kenal pak Teguh, mohon berkenan mengirim tabel ppm untuk tanaman hidroponiknya ke email saya: ela_style2002@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  77. Salam kenal pak Teguh, mohon berkenan mengirim tabel ppm untuk tanaman hidroponiknya ke email saya: ela_style2002@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  78. Mas alamatnya di bontang dimna? Saya jlan2 krmh mas yaa? Kly boleh no hpnya jga mas.. saya dian pengen bljar hidroponik, dan skrng dlam proses

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jalan atletik 15 RT 33 no 76 kel. api2 Kecamatan bontang utara

      no hp ada dihalaman aatas

      Hapus
  79. bibit selada dapt di cari di mn ya..
    apa di toko pertanian ad,ap ada cara lain untuk pembibitan ,..mksih,..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benih banyak dijual di toko pertanian terdekat. Cara lain untuk pembibitan? maaf saya kurang paham

      Hapus
  80. air nutrisi harus mengalir atau boleh menggenang aja> apa wajib kena sinar matahari

    BalasHapus
  81. saya pingin buat dari paralon PVC yng kurang berapa ya mas bisa dikirm bagannya klw pakai pvc ke alamt email saya azharyalkhattib@gmail.com

    BalasHapus
  82. salam kenal mas teguh...saya baru mulai belajar menanam secara hidroponik, kalau diperkenankan saya ingin minta daftar tabel ppmnya mas...

    ini email saya, dewiistiana51@yahoo.com..
    saya tunggu y mas...terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  83. Siang Pak, Salam kenal pak Teguh, mohon berkenan mengirim tabel ppm untuk tanaman hidroponiknya ke email saya: nur_rochana@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  84. Assalamu'alaykum wr.wb. Yth. Pak Teguh. Saya mau mencoba menanam sayur KALE secara hidroponik system wick sebagai percobaan. apakah cara-cara tersebut diatas dapat saya gunakan ? sebagai pengganti spons bisakah saya gunakan sabut kelapa ? Terima kasih. Salam. zaf_antemas Jakarta.

    BalasHapus
  85. assalamualaikum pak, salam kenal saya denik ..... saya mau bertanya pak ini ada kendala pada selada saya.... batangnya tingi tapi daunnya hanya dua... ini baru berumur satu minggu pak .... apakah ada pemecahannya mohon pengarahannya pak....,,, sekalian saya juga minta tabel ppm nya pak ?? denikandriyani84@gmail.com terimakasih pak

    BalasHapus
  86. Salam kenal Pak Teguh
    Saya Daud dari tanjungpinang
    saya minta juga dong Pak tabel ppm nya ke sindang_laya86@yahoo.com
    Trimakaseeh ya Pak

    BalasHapus
  87. Salam kenal Pak Teguh
    Saya Daud dari tanjungpinang
    saya minta juga dong Pak tabel ppm nya ke sindang_laya86@yahoo.com
    Trimakaseeh ya Pak

    BalasHapus
  88. Salam kenal pak Teguh, saya Syamsul dr banyuwangi, trima kasih banyak atas ilmunya, blh copas foto dan isinya.....? Ini WA saya 085335106067

    BalasHapus
  89. Pak teguh... Saya areif dari bekasi, saya lagi belajar hidroponik nih... Boleh minta tabelnya juga ga.. Trus bapak punya daftar umur dari setiap tanaman mulai dari semai sampai panen? Kalau ada boleh minta juga ya... Kirim ke email arief.libraman@gmail.com n WA 08161376303

    BalasHapus
  90. assalamualaikum pak teguh... saya iman di cilacap... maaf ini sebelumnya...
    saya kan baru pengen belajar bercocok tanam selada, soalnya saya pemula banget jadi kurang tau soal WA, PPM, dll... hehe boleh belajar engga,
    ini FB saya iman_alfatah13@yahoo.com ...
    ini email imanalfatah20@gmail.com
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus