Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Senin, 10 Desember 2012

Bawang Merah Bisa Digunakan Untuk Merangsang Pertumbuhan Akar

Bagi kita penggemar bercocok tanam, memperbanyak tanaman merupakan suatu hal yang pasti kita lakukan. Sebenarnya tanpa perlakuan khususpun tanaman tetap akan berkembang biak sesuai kodratnya. Akan tetapi dengan perlakuan khusus prosentase perkembangannya lebih besar. Sebagai contoh tanpa perlakuan khusus tanaman akan berkembang biak dengan umbi atau biji tergantung jenis tanamannya. Tetapi dengan perlakuan khusus misalnya stek, cangkok, kultur jaringan atau dengan biji, tanaman akan lebih baik perkembangannya. Dalam perlakuan khusus biasanya kita perlukan hormon perangsang tumbuh untuk menjamin keberhasilan  pertumbuhan tanaman yang kita maksud.
Nah bagi kita yang mau memperbanyak tanaman tapi nggak mau repot cari hormon/zat perangsang tumbuh, kita bisa gunakan bawang merah.
Untuk tanaman yang mau di stek atau cangkok, guna mempercepat pertumbuhan akar maka olesilah bagian yang bakal masuk kedalam tanah atau mau dibungkus tanah dengan bawang merah, niscaya tanaman akan cepat berakar dan tumbuh dengan baik.
Untuk tanaman yang sudah hidup lembutkanlah 1 siung bawang merah dan campurkan dengan air 100-300 ml air dan semprotkan merata pada tanaman bagian daun hingga batang dan akarnya.
Untuk perbanyakan dengan biji, rendamlah biji ke dalam larutan air yang dicampur bawang merah yang telah dihaluskan selama 2 – 8 jam. Kemudian taburkan biji/benih secara merata ke media tanam. Niscaya benih akan lebih cepat tumbuh. Hal ini sudah saya buktikan pada benih cabai habanero saya. Tanpa perlakuan perendaman bawang merah benih baru tumbuh setelah sekitar sebulan, sedangkan benih yang saya rendam dengan bawang merah benih sudah tumbuh dalam waktu 6 hari.
Makanya bagi teman teman yang mau memperbanyak tanaman rasanya tidak ada salahnya kalau mencoba tip ini. Selamat mencoba..

Benih Cabai Habanero tumbuh 6 hari setelah perendaman 

33 komentar:

  1. Artikel yang sangat berguna, terima kasih sudah berbagi. Thn depan kalau cuaca sudah bagus akan saya praktekkan :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's mbak udah mampir. Ha..ha..tahun depan seminggu lagi ya..

      Hapus
    2. Permisi om teguh.... Mau tanya klo buat kluarin akar dr steak batang bs gk ya.... Trimakasih

      Hapus
  2. Hai Pak Teguh saya sudah coba praktekkan, ada benih bunga yang saya rendam bawang merah yang sudah dihaluskan.

    Ada juga yg bawang merah halusnya saya campuran ke media tanam, lah besoknya malah muncul putih-putih mungkin karena bawangnya busuk :D. Ternyata hanya perlu direndam air campuran bawang ya pak?

    Kedua percobaan belum berhasil, yg percobaan 1 sdh sebulan lebih, yg kedua hampir 3 minggu tdk ada pertumbuhan. Ya mungkin dikarenakan cuaca belum mendukung, Percobaan tsb saya taruh dalam rumah suhu 20 derajat C. Awal Feb saya coba lagi :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sayangnya kalau benihnya sampai busuk mbak. Padahal saya selama ini selalu berhasil lho mbak. Biasanya saya cuma rendam benih dengan air campur bawang merah selama semalam kemudian saya tiriskan sebentar dan saya semai.

      Hapus
  3. pak teguh, stlh baca kenal dg blog pak teguh sy jd semangat berkebun, hr minggu kemarin sy beli biji sawi trus ditanam, kalau larutan bawang merah ini disemprotkan ke biji sawi yg sdh sy tanam bs g pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biji sawi nggak perlu perlakuan bawang merah, semai aja langsung biasanya 2 hari udah berkecambah. Bawang merah akan efektif untuk benih2 cabai, terong, timun dll yang ukurannya lebih besar daripada biji sawi.

      Hapus
    2. oke, terima kasih pak teguh, lnjut tnya lagi, biji sawi sy blm berkecambah kalau MOL ikan sdh bs di semprotkan g? Nisa, Balikpapan

      Hapus
  4. Assalamualaikum Pak Teguh, saya yayok pemula di hobi tanaman. Saya mau tanya, biasanya Pak Teguh kalo untuk penyemaian benih cabe habanero ato cabe impor lainnya pakai media apa biar bisa kecambah yang bagus soalnya masalah ini yang selalu membingungkan saya. Sudah banyak media yang dicoba tapi masih belum ketemu yang pas. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasa pakai arang sekam. Kalau mau lebih bagus ditambah sedikit cocopeat. Selain steril juga kuat menyimpan air tetapi tidak becek.

      Hapus
  5. klo stek tanaman sudah terlanjur ditanam, apa bisa cairan yang telah dicampur bawang merah tsb disiram pada media tanam stekan tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang sudah terlanjur ditanam steknya dan dirasa sudah tumbuh, saya kira ga usah disiram air bawang lagi mas.

      Hapus
    2. Trm kasih petunjuknya, sangat bermanfaat utk kita

      Hapus
  6. Assalamulaikum wr wb
    Cara agar betina ayam kampung bertelur nonstop sepanjang hari semau kita, InsyaAllah.
    1. Beli ayam kampong jantan + betina, usahakan si jantan bukan saudara si betina.
    2. Pelihara di kandang / diumbar liar ke pekarangan.
    3. Paksa kedua ayam ( dipaksa makan jamu ) berupa daging siput air / bekicot atau yang berprotein tinggi.
    4. Jika si betina sudah ada tanda-tanda mau bertelur maka buatkan sarang menggunakan jerami kering.
    5. Hari pertama induk bertelur biarkan telurnya tetap di sarang.
    6. Hari kedua si betina akan bertelur lagi, maka ambil 1 telur yang kemarin.
    7. Pada hari ketiga betina akan betelur lagi dan ambil 1 telur yang kemarin.
    8. Pada hari ke empat dan seterusnya lakukan kegiatan seperti point 6 dan 7 di atas.
    9. Jangan lupa memberikan pakan ayam berupa jagung ataupun apalah yang biasa dimakan ayam.
    10. Sediakan tempat minum , jika perlu rebuslah air minum ayam dengan ditambah dengan daun sirih atapun juga daun binahong ( daun sirih dan binahong dapat menekan jumlah bakteri dalam tubuh ayam dan menguatkan system kekebalan pada ayam maupun manusia ).
    11. Triks tersebut sudah saya praktekan, dulu sewaktu masih sekolah si SMK N 1 Blitar. Saya dapat ide dari teman saya dan akhirnya saya berhasil membuat ayam betina saya bertelur sebanyak 31 dengan rincian yang 28 butir saya konsumsi ( heheheh, doyan banget ya, ) dan yang 3 butir saya tetaskan.
    Catatan : si induk akan rajin bertelur jika melihat sarangnya Cuma terisi 1 butir telur, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat, amin. Jika ingin sharing dengan saya bisa SMS atau Telp ke 085706473768 ( im3 ) , wassalamualaikum wr wb. insyaAllah berguna. Ahmad Tri Afandi.

    BalasHapus
  7. bisakah dengan bawang merah meransang pertumbuhan perakaran Stek tanaman Lada
    Bpk Teguh?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk stek batang saya belum pernah coba pak, jadi saya ga bisa jawab.

      Hapus
  8. assalammualaikum pak teguh, apakah bawang merah ini juga bisa merangsang peertumbuhan akar pada pembibitan buah naga dengan cara stek ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau mbak karena belum pernah coba untuk buah naga. Tapi kalau untuk benih/seed tanaman yg lain terbukti bagus

      Hapus
    2. pak apakah perangsang akar ini dapat digunakan pada tanaman yang su8dah tumbu atau baru ditanam

      Hapus
  9. klo untuk stek atau cangkok, sebelum media cangkok di kasih tanah harus di olesi larutan bawang merah dan air ta pak teguh, trimks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau cangkok, setelah dikupas kulitnya, biarkan dulu sehari. Kemudian bisa diolesi air bawang merah dan dibungkus tanah.
      Kalau untuk stek bisa direndam sebentar kemudian ditancap ke media tanam

      Hapus
  10. Terbaik info2nya...Alhamdulillah

    BalasHapus
  11. Bagaimana dengan tanaman yg lain seperti durian, durian belanda bolih di hunakan?

    BalasHapus
  12. @ Rossi fadella untuk penggunaan bawang merah pada buah naga sudah sering saya lakukan caranya : 10 siung bawang di campur 1 siung bawang putih lalu di hancurkan/ulek / blender tambahkan air matang 300 cc. lalu kuas batang buah naga, ini sangat mempengaruhi dan mempercepat pertumbuhan akar dan tunas baru buah naga .

    BalasHapus
  13. pak kalau buat biji strawberry aa bisa pake air bawang merah dalam perendamannya ya pakk??

    BalasHapus
  14. pak teguh akar pohon cabai saya ada yg putus pas mau di pindahkan.. klo di siram air bawang apa akar nya bisa sehat lagi ?

    BalasHapus
  15. pak teguh mohon izin bertanya, untuk rendaman air bawang merah klo dari kulit bawang merahnya terus di rebus ( supaya sarinya cepat keluar ) apa sama reaksinya sepert di rendam ? mohon pencerahannya. tks

    BalasHapus
  16. pak kalau benih kopi direndam pakai ekstrak bawang merah bisa nggak ya ?

    BalasHapus
  17. syaloom pak teguh
    saya baru mau mempelajari cara okulasi terhadap bibit rambutan pak apakah bawang merahnya harus halus lalu dioles pada bagian yg di okulasi atau cukup dibelah dua aja buah bawangnya lalu di oles pak

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Biasanya untuk okulasi,, cairan bawang putih bukan bawang merah gan,, bawang putih sebagai obat luka (antiseptik) caranya bebas yang penting cairan bawang putih bisa teresap oleh tumbukan dan diberikan pada titik luka,, saya peribadi mengaplikasikan pada pada adenium (cairan bawang puting lalu rootone f) luka mengering dengan mulus,, pada tananan lain belum pernah,, semoga membantu

    BalasHapus
  20. ASSALMUALAIKUM, pak teguh.
    kalau cuma bingung dengan nama jenis pohon cemara saya. ada yg bilang pinus, ada yg bilang udang... daunnya mirip pinus tapi pohon mirip cemara jenis udang yang menyerupai bonsai.

    BalasHapus
  21. trimakasih pak...saya lagi giat2nya bertanam didalam pot..

    BalasHapus