Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via sms yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon, via komentar atau email.



Senin, 10 Desember 2012

Membuat MOL (Mikro Organisme Lokal) : MOL campur baur

Dalam beberapa artikel yang saya tulis, sering saya singgung mengenai MOL atau Mikro Organisme Lokal akan tetapi saya belum pernah tulis artikel tentang MOL itu sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya mencoba menulis apa itu MOL dan bagaimana cara membuatnya beserta kegunaannya. Tulisan ini saya comot dari beberapa sumber dan beberapa berdasarkan pengalaman pribadi.

MOL hasil racikanku

MOL yang saya maksud di sini yaitu Mikro Organisme Lokal atau kumpulan mikro organisme bermanfaat yang kita kembangkan sendiri yang dapat digunakan sebagai pupuk mikroba bagi tanaman. Selain itu MOL juga dapat digunakan untuk dekomposter dalam pembuatan kompos. Kegunaan MOL sebagai pupuk tergantung dari bahan MOL itu sendiri. Misalnya pupuk dengan kandungan N tinggi untuk masa pertumbuhan tanaman bahan dasarnya dari akar tanaman kacang2an atau daun2an terutama dari jenis leguminacea (gamal, lamtoro dll).  Untuk pupuk dengan kandungan P tinggi untuk masa pembentukan buah, bahan dasarnya batang pisang. Pupuk dengan kandungan K tinggi bahan dasarnya sabut kelapa. Tetapi selain ketiga jenis tersebut diatas sebetulnya semua bahan organic baik dari unsur tumbuhan maupun binatang bisa dijadikan bahan MOL dan bisa diaplikasikan untuk pupuk cair. Sehingga dalam prakteknya saya menggunakan bahan yang paling mudah saya dapatkan misalnya kepala udang, jeroan ikan, air kelapa, terasi dll.
Dulu ketika awal2 bertanam saya membuat MOL yang paling sederhana yaitu dengan tape. Caranya tape dihancurkan kemudian dicampur gula 5 sendok makan dan air. Simpan campuran dalam botol bekas kemasan air mineral (1.5 ltr). Kocok larutan kemudian difermentasi selama 2 minggu. Setiap 2 hari tutup botol dibuka untuk mengeluarkan gas yang timbul dari proses fermentasi. Kemudian kocok lagi. Setelah 2 minggu MOL siap digunakan.
Setelah itu saya membuat MOL dengan bahan campur baur, antara lain buah manga busuk, terasi, air kelapa 3 ltr, kepala udang,air  gula merah dan EM4 . Caranya semua bahan dicampur dan dimasukkan ke dalam jerigen bekas minyak goreng. Kemudian ditutup rapat dan dikocok supaya bahan tercampur merata. Setiap 2 hari tutup saya buka agar gas hasil fermentasi keluar, kemudian ditutup dan dikocok lagi. Demikian sampai 2 minggu. Setelah 2 minggu larutan saya gunakan untuk menyirm tanaman dengan dosis 1 : 20.
Dan 3 minggu yang lalu ketika larutan MOL saya hampir habis, saya membuat MOL lagi dengan bahan yang hampir sama.
Dan hasil dari pengaplikasian MOL tersebut terhadap tanaman, anda bisa lihat pada gambar2 tanaman sayuran yang selalu saya posting. 




Selada merah, Cabai rawit dan Pak Coy yang dipupuk dengan MOL


66 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...pagi-pagi jadi tambah seger melihat post kebun Pak teguh yang begitu apik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikumussalaam Wr Wb, makasih mbak...ayo kita galakkan bertanam dipekarangan.

      Hapus
  2. assalamualaikum...deny (padang)..senang membuat halaman rumah hijau...dengan tanaman bermanfaat..terima kasih telah berbagi ilmunya...

    BalasHapus
  3. Makasih banyak Bang infox, aye pengen praktekin nich...mg pahala ilmunya...Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2..makasih juga udah mampir ke blog ini

      Hapus
  4. pa kalau mksd dari perbanding 1:20 itu apa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya 1 bagian MOL dicampur 20 bagian air. Atau simpelnya 1 ltr MOL dicampur 20 ltr air. Nah kalau kita mau bikin larutan cuma 2 liter ya berarti MOLnya 1/20 x 2 ltr = 0.1 ltr atau 100 ml.

      Hapus
  5. pak untuk aplikasi pada tanaman padi bisa, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, tapi untuk lebih faham lagi coba sampeyan buka link ini karena banyak artikel tentang budidaya padi dan pemupukannya.
      http://ceritanurmanadi.wordpress.com/category/about-tanaman-padi/pupuk-organik/

      Hapus
  6. Dear mas teguh.
    Tanaman sayur nya subur buanget mas.....jadi pingin untuk menanam.

    Salam
    Johari
    http://a3online.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, tapi sekarang saya lebih banyak tanam pakai hidroponik karena lebih praktis. Yang organik tinggal pohon cabai saja.

      Hapus
  7. EM4 tuh opo ya mas?
    -felipe dari tangsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. EM4 itu singkatan dari Efective Microorganism. Adapun angka 4 itu menunjukkan jenisnya.

      Hapus
  8. Assaamualaikum,, pagi2 mau nanya nih mas,, saya baru mulai suka menanam nih mas,, tapi ilmunya sedikit bgt jadi mohon bantuannya, sebenernya mol yang bagus tuh apa aja ya? dan apakah tiap fase pertumbuhan beda2 pemberian jenis mol nya atau gimana?
    dalam kasus ini saya sedang mencoba menanam cabai, beli bibitna kemarin yg sudah tumbuh, saya beri mol tapai setiap 3 hari 1x, dan luar biasanya daunnya itu jadi besar2 banget, saya jadi heran ini tanaman normal atau tidak ya? atau karna dikasih mol tape trus jadi seperti itu atau bagaimana hehe...

    BalasHapus
  9. apakah MOL bisa untuk buah naga?trims Pak Teguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak/bu...apalagi kalau dalam pembuatan MOL ditambah urine (kelinci,kambing,sapi atau yg lain). Saya juga punya tanaman buah naga. Dengan perlakuan MOL ini buah naga saya rasanya jauh lebih manis daripada buah naga yang pernah saya beli di toko buah.

      Hapus
    2. wah bisa ditambah urine kelinci ya pak, kebetulan saya punya 8 ekor kelinci. selama ini urine terbuang percuma. kalau bisa dimanfaatkan akan semakin berguna. boleh tahu alamat pak teguh dimana?

      Hapus
    3. Betul pak, sayang sekali kalau urine kelincinya terbuang.

      Hapus
  10. trims pak teguh.nanya lg nih.knp phn naga itu menguning?buahnya jg kecil?.mol ikan apa hrs ikan laut?.jeroan ikan laut bs gak?(ini yg gratisan,he..he..)matur thankQ pak Teguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kekurangan unsur hara pak, terutama unsur N. Selain faktor hara juga biasanya kekurangan air. Pohon buah naga memang tidak membutuhkan air berlimpah, akan tetapi tetap perlu air untuk kehidupannya. Buah naga saya dulu juga begitu.

      Penanganannya, segera beri pupuk (pupuk kandang/kompos). Pupuk dari kotoran ayam bagus (mengandung N tinggi). Selanjutnya berikan penyiraman rutin. Seminggu sekali bisa disemprot dengan MOL. Dengan perlakuan tersebut buah naga saya sudah normal lagi.

      MOL bisa dibuat dengan ikan apa saja, jeroannya juga bisa. Tetapi biasanya kalau jeroan ikan banyak mengandung lemak. Kalau mau pakai jeroan ikan sebaiknya jeroan diblender/dipotong kecil2 kemudian direbus. Singkirkan minyak yg ada pada air rebusan. Air rebusan tersebut yg dijadikan bahan MOL untuk difermentasi. Hasilnya bagus juga.

      Hapus
    2. pak mau tanya u/ aplikasi mol pada umur berapa????
      mslkan u mol serabt kelapa, bonggol pisang dan batang pisang???

      Hapus
  11. Saya pernah buat,tapi kok gagal terus,tu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat MOL sangat mudah sekali, lha cara sampeyan membuat seperti apa? Mungkin bisa dijelaskan ke saya pak

      Hapus
  12. pak saya mau nanya, apakah fungsi mol sama dengan kompos? terima kasih sebelumnya..
    Dwi, Samarinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsinya tdk sama persis. Mol isinya adalah bakteri pengurai dan unsur hara(tergantung bahannya). Mol bisa dipakai untuk mempercepat pembuatan kompos. Kompos sendiri merupakan bahan organik hasil proses pengomposan yg dilakukan oleh bakteri pengurai. Fungsi kompos adalah sebagai pupuk organik dan juga utk memperbaiki struktur tanah.

      Hapus
  13. om klo mol dari buah nanas + air gula itu gunanya buat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOL berbahan buah lebih cenderung utk proses pembungaan atau pembuahan mas

      Hapus
  14. pak, tapenya tape ketan apa tape singkong y, mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapenya sembarang aja karena yg diperlukan adalah bakteri/raginya untuk proses fermentasi

      Hapus
  15. makasih Pak..ats ilmuny..bermanfaat sekali..
    penggunaan mol tapai bisa digunakan semenjak umur berapa untuk tanaman cabe?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk MOL tape bisa disiramkan sampai tanaman menjelang berbunga. Setelah berbunga, molnya diganti yg berbahan buah atau ikan laut. Pemakaian bisa disemprot atau disiramkan.

      Hapus
  16. Salam kenal pak Teguh, saya bpk. Onaro dari bandung, makasih buat infonya, sangat berguna sekali, saat ini saya sedang menanam cabe cafifornia, 2x/mg saya siram dgn mol tape, mmg pohon cabrnya berdaun besar2 dan berbunfa banyak, tapj sayangnya skrg ini bunnganya banyak yg rontok, apakah karena molnya hanya sata siram ke akar saja? selama ini saya tidak pernah menyemprot pohon cabe tsb dengan mol, cukup hanya nenyiramkan saja. Mohon infonya pak Teguh, matur nuwun sanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOL tape memang sebaiknya disiram ke media tanam aja pak. Kalau tanaman sudah berbunga, bapak bisa gunakan MOL yg berbahan buah2an atau MOL dari berbahan ikan pak karena mol untuk tanaman yg berbunga dan berbuah perlu unsur p yg lebih tinggi.

      Hapus
    2. Untuk MOL ikan bisa disemprotkan ke tanaman ataupun disiram ke perakaran tanaman.

      Hapus
  17. Makasih banyak buat balasan dan masukannya pak Teguh, saat ini saya mau coba bikin mol dari ikan laut, saya penasaran sekali kenapa pohon cabe saya sudah besar dan berbunga sangat banyak, tapi pas bunganya mekar selalu rontok.
    Saat ini juga saya coba2 hidroponik selada hijau dengan menggunakan sistem wicks dengan pupuk AB mix, memang lebih cepat tumbuh dibandingkan ditanam dengan media tanah, yang mau saya tanyakan kenapa selada dengan hidroponik wicks ini jarak antar daunnya lebar ya pak (spasi antar daun lebar), apakah memang hasilnya seperti itu kalo menggunakan sistem wick atau karena kurang sinar matahari?karena paling kena sinar matahari itu sekitar 4 jam/hari, itu juga sinar mataharinya tidak kena secara langsung (dibawah tudung). Mohon infonya, Makasih sebelumnya pak Teguh

    -Bpk. Onaro-Bdg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk selada, ada yang jenisnya memang beruas panjang. Akan tetapi kebanyakan besar pemanjangan ruas lebih banyak terjadi karena faktor kurang sinar. Jenis selada atau sawi menghendaki sinar matahari full. Jadi selada pak Onaro kemungkinan besar karena faktor kurang cahaya.

      Hapus
  18. Assalamualaikum Pak teguh saya Isti di Surabaya, saya sdh praktek buat MOL tp selama ini baik MOL dr ikan atau nasi dan kepala udang dll saya masih menggunakan Tape dari singkong dan ukurannya cm sy kira2,yg saya mau ty soal fermentor EM4 kmrn pas suami pergi ke pasar ikan saya di ajak dan di sana saya melihat2 makanan ikan eh tidak sengaja melihat EM4 yang selama ini sy cari sy ty sm yang jual kty biasa di pake peternak ikan buat awal mula memulai tambak kty u/ mengaktifkan microorganisme apa benar EM4 yang itu yg Bpk Teguh pakai, sy juga bingung soalnya disana ada 2 jenis EM4.
    ke 2 saya udah membuktikan tanaman sy yg saya kasih jeroan ikan hanya saya tanam dlm pot yg ada tanaman cabainya kok 1 minggu udah tumbuh daun yg subur,jadi semangat berkebun.terima kasih jawabanyya Bapak Tegus,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam bu Isti,EM4 yang ibu lihat itu betul sebagaimana yang saya maksud. EM4 berisi mikroorganisme yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang berfungsi dalam dunia perikanan, peternakan dan pertanian. Kalau ibu mau membeli EM4 bilang aja ke penjual bahwa ibu perlu EM4 untuk membuat kompos.
      Jeroan ikan juga berisi mikroorganisme yang berfungsi mengurai/mempercepat proses pembusukan. Bagian2 dari ikan mengandung nutrisi tinggi sehingga ketika bagian2 ikan itu cepat terurai dengan sendirinya cepat terserap juga oleh tanaman, sehingga tanaman kita akan menjadi subur.

      Hapus
  19. Terima kasih Pak Teguh Ilmunya sangat bermanfaat,..

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Pak teguh, mau tanya kalao untuk mol ikan laut itu ikannya berupa ikan yang kering semacam ikan teri atau ikan asin yang dijual di pasar atau harus ikan yang segar pak. terima kasih atas jawabannya. yayok

    BalasHapus
  21. Aslmkm pak. Mohon penjelasan ttg mol untuk tanaman cabai merah pak, artikel bpk menginspirasi saya untuk penelitian. Trimakasih sbelumnya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam, untk MOL yg spesifik peruntukannya (cabe merah) saya kurang tau, karena saya membuat MOL cuma berdasar bahan yg tersedia kemudian saya aplikasikan ke tanaman.

      Hapus
  22. assalamualaikum pak teguh, saya mau tanya ttg MOL
    1. outputnya nanti jadi bentuk padatan ato cairan?
    2. kl misal saya pakai limbah dapur yang organik bisa?
    3. kl sdh jadi MOL, aplikasinya dgn dicampur air ya pak?menentukan perbandingan airnya gmn pak?
    mohon pencerahannya, wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam,
      1. Output dalam bentuk cairan berbau harum semriwing
      2. Bisa
      3. Betul, dengan dicampur air. Perbandingannya 1 : 15 s/d 1 : 20, maksudnya 1 bagian mol dicampur 15 s/d 20 bagian air bersih

      Hapus
  23. terima kasih atas pencerahannya pak teguh, mau tanya lagi :
    1. jadi klo untuk sampah dapur yang agak susah / butuh waktu lama diurai seperti : tulang ikan/ayam itu bisa dijadiin MOL jg?
    atau perlu diseleksi dulu sampah dapurnya sebelum di proses?
    2. bisa share tempat/no telp tempat pak teguh biasa beli pupuk ABMix?di internet banyak yang jual memang, tapi agak ragu milih tempat belinya
    terima kasih pak teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semacam tulang ikan/ayam biasanya lama terurai, tetapi yang kita ambil bukan hancuran tulangnya melainkan airnya. Untuk membuat MOL dari sampah dapur, selama itu bahan organik bisa dijadikan bahan, tapi jangan ada yang tercampur minyak goreng.
      Untuk membeli pupuk abmix bisa via online di www.ferti-mix.com atau ke teman saya namanya Ancha Noransyah no tlp. 081310069130. Insya Allah orangnya amanah.

      Hapus
  24. Saya desti dari bandung, pak. Infonya mencerahkan sekali utk saya yg baru mulai belajar tanam sayur. Saya ingin tanya, dari info dikomentar2 diatas, mol tape utk pertumbuhan, mol ikan utk pembuahan. Jadi misal yg kita tanam sayuran berdaun (selada, pakcoy, sawi, kangkung, bayam) cukup dengan mol tape saja, betul begitu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak Desti, sebetulnya tidak ada aturan baku tentang penggunaan MOL. Tapi dari beberapa pengalaman, mol tape bagus untuk pengomposan. Tapi juga bisa disiramkan ke media tanam, hasilnya bagus untuk pertumbuhan tanaman. MOL ikanpun fungsinya juga sama, tapi menurut literatur yang saya baca pupuk dengan bahan ikan laut adalah paling lengkap nutrisinya, makanya saya membuat mol ikan laut. Adapun untuk pemakaianya saya juga siramkan ke media dan kadang saya semprotkan ke daun. Kasilnya seperti gambar2 yang saya upload.
      Kalau di daerah mbak Desti harga ikan tdk terlalu mahal, ada baiknya dicoba buat MOL ikan dan coba aplikasikan ke tanaman.
      Untuk lebih mengetahui hasil, sebaiknya kita jangan takut2 mencoba. Dari beberapa percobaan, nanti kita akan tau mana yang terbaik

      Hapus
  25. Assalamu'alaikum pak, blognya bermanfaat sekali, khususnya buat saya yang baru belajar menanam. Saya mau tanya, untuk pembuatan mol botol harus dibuka setiap hari. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiarkan botol dlm keadaan terbuka? Apakah hanya sekedar mengeluarkan gasnya saja atau harus dibiarkan bbrp menit sblm ditutup lagi? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa "alaikum salam,
      Betul, pembukaan tutup botol dilakukan setiap hari untuk mengeluarkan gasnya. Hal ini dilakukan selama proses fermentasi yaitu sekitar 2 minggu. Pembukaan cukup dilakukan hanya utk mengeluarkan gas aja.
      Ciri MOL yg sudah jadi adalah berbau harum semriwing dan sudah tdk mengeluarkan gas terlalu banyak.

      Hapus
  26. assLam,,
    mw tnya pak.. apa bisa buat MOL tnpa cmpuran EM4??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Pakai aja tape yg diremas2 kemudian dimasukkan ke campuran yg akan dibuat MOL

      Hapus
  27. ass pak teguh.. saya emi dari madiun. mo tny ni..bisa ndak ya..mol ini digunakan untuk membantu meningkatkan hasil pada tanaman rimpang (msl. jahe)? Apa benar mol juga bs untuk mencegah/mengatasi penyakit? Itu mol apa dan bagaimana caranya? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk membesarkan rimpang, saya sekarang ini baru mencoba. Udah sekitar 3 bulan ini saya mencoba tanam jahe, tidak banyak sih cuma 27 polibag terdiri dari jahe emprit dan jahe merah. Untuk pertumbuhan daun lumayan rimbun dan tinggi, tapi kalau untuk pertumbuhan rimpangnya saya belum tahu.
      Adapun kalau MOL untuk mencegah/mengatasi penyakit, saya belum pernah membuat.

      Hapus
  28. ass pak teguh, apakah saya bisa memesan pupuk MOL bapak? karena saya ingin buat tapi waktu fermentasinya tidak sampai 2mggu, padahal sedang butuh cepat...
    kalau bisa ada kontak yang bisa saya hubungi? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wr wb
      Untuk MOL saya sudah ga ada stok, dan kebetulan maaf saya juga ga jual. Seandainya ada stok tentunya akan saya kirim cukup dengan mengganti ongkos kirim.

      Hapus
    2. oh begitu, baik pak terima kasih

      Hapus
  29. Mas ijin Copas ya ke group FB Hydroponic Samarinda

    BalasHapus
  30. 0m teguh,,aq nyoba bkin m0l dri b0ngg0l pisang ta cmpur ma air bkas cucian beras knpamel0n jdi layu ya??? ibnu-tegal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takaran penyiramannya berapa om? Maksudnya perbandingan MOL dengan airnya.

      Hapus
  31. Assalamualaikum !!!
    Saya mau tanyak mas !!!
    Cara pembuatan MOL Tape & Ikan atau Buah kalau dicampur air dari air kolam ikan lele yg warnanya sudah hijau apa makin bagus atau gimana ya !!!
    Mohon pencerahannya !!!
    Saat ini tanaman cabai saya lagi masa berbunga,cocoknya pakai MOL jenis apa ya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,

      paling bagus pakai air kelapa mas...

      Hapus
  32. Mas saya Henry dari Lampung, kalau pembuatan MOL dari ikan laut HARUS direbus dulu ya mas? fungsinya buat apa ya mas? apakah bakterinya tidak mati? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang direbus dulu biasanya fungsinya untuk membuang minyaknya. Untuk bakteri memang pasti mati karena proses perebusan, tetapi akan digantikan oleh bakteri fermentor yg terkandung di dalam cairan fermentor yg kita campurkan.

      Btw, saya bikin MOL ikan tanpa perebusan.

      Hapus