Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Selasa, 22 April 2014

Kelompok Usaha Bersama "Mugi Rejo"

Selamat siang para pembaca blog sederhana ini…salam hijau
Pada kesempatan kali ini saya ingin menuangkan tulisan tentang Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang saya rintis bersama beberapa warga dilingkungan saya. Kelompok ini saya beri nama Mugi Rejo yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Semoga Sejahtera”. Kelompok usaha bersama ini bergerak di bidang pertanian hidroponik. Bidang pertanian yang belum ada di daerah saya.
Tujuan pembentukan kelompok usaha ini adalah selain untuk menghijaukan lingkungan sekitar, memberi nilai lebih kepada warga juga saya ingin membuat suatu Lingkungan Pangan Lestari.
Alhamdulillah dengan bantuan dana dari pak Walikota Bontang dan tenaga dari beberapa warga, kami bisa membuat beberapa rak hidroponik. Untuk tahap awal kami baru bisa membuat 3 rak hidroponik. Mudah – mudahan dalam waktu dekat bisa menambah rak lagi.
Lahan di atas parit ini yang akan kami manfaatkan

100 batang pipa 2.5" yang mau dipakai buat ra

 Kerja bakti melubangi pipa sampai malam


 Rangka besi saat sudah berdiri dan dalam proses pengecatan


 Rak sudah jadi dan benih mulai disemai di netpot gelas plastik

Lahan yang kami gunakan adalah lahan – lahan yang kosong atau lahan nganggur yang tidak digunakan. Salah satu lahan yang kami gunakan adalah lahan di atas parit di pinggir – pinggir jalan/gang di RT kami. Hal ini kami lakukan karena kami mencoba merubah parit yang tadinya kumuh bisa menjadi bersih dan asri.  


Kangkung 10 hari setelah semai

Kangkung 15 hari setelah semai

Kangkung 15 hari setelah semai

Kangkung 18 hari setelah semai dan siap panen

Kangkung 18 hari setelah semai dan siap panen
Sistem yang kami gunakan masih system air statis/nggenang. Sengaja saya lakukan ini sebagai percobaan. Jika dengan system yang sederhana ini bisa bagus hasilnya, kami akan melanjutkan system ini. Tetapi jika gagal, kami akan mengganti dengan system NFT.

Setelah satu bulan berjalan, kami sudah mulai menikmati hasilnya dan ternyata hasilnya cukup menggembirakan. Kangkung sudah rutin kita panen dan sawi sudah mulai bisa dipanen. Dan hal yang paling membahagiakan saya adalah saat saya lihat wajah – wajah ceria dari anggota waktu panen bersama bapak kepala desa.



Panen perdana rame - rame

Liputan koran lokal tentang panen kami

Buat para pembaca semua, kami mohon doanya semoga apa yang kami rintis ini bisa berkembang dan membawa manfaat bagi kami pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya. Dan yang paling penting bisa mengajak warga di wilayah lain untuk mengikuti kami dalam memanfaatkan lahan – lahan kosong yang ada di lingkungannya.


Kalau anda terinspirasi...ayo segera dimulai..salam hijau

80 komentar:

  1. sangat menginspirasi kan,,
    untuk anggaran dana, sampai membuat 3 rak itu habis berapa ya pak?
    ukuran masing2 rak??
    sekali panen dapet berapa kilo itu?
    maaf banyak tanya,, ingin tau soalnya,,
    (abdul kadir, semarang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk anggaran dana kemarin habis sekitar 9 juta pak. Tapi kalau untuk di Jawa mungkin bisa lebih murah karena bahan2nya (PVC dan besi lebih murah).
      Yang jelas kemarin saya beli pipa 2.5" 72 batang = 72 x 65000 = 4680000, Besi siku 3 cm habis 1750000, atap plastik gelombang 12 lembar x 65000 = 780000, Lbow 72 x 8000 = 576000
      Sisanya untuk biaya kerja bakti ngelas dan konsumsi.

      Hapus
  2. Sangat menginspirasi pak...saya baru mau mulai percobaan..kalau bisa di tuliskan rincian biaya dan prosesnya pak...salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk rincian biaya spt saya tulis di atas, tapi kalau utk prosesnya agak panjang kalau dituliskan.Tapi kalau proses kurang lebih sama dengan penanaman hidroponik yg pernah saya tulis di artikel lain.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. tambah maju ya,. mapir ke blog'q pak teguh hehee
    http://jualpohonunik.blogspot.com/2014/04/jual-pohon-cherry-barbados.html

    BalasHapus
  6. seneng aku llihatnya pakde

    BalasHapus
  7. ummi khadijah dan khalid
    pakde, benih paprikanya masih ada kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benih paprika habis, yang ada tinggal selada sama sawi.

      Hapus
  8. Pak itu atapnya hanya sebagai pemanis atau mmg sebagai pelindung hujan? Klo sbg pelindung air hujan apakah berfungsi maximal air hujan ttp bisa masuk dari samping kan?apakah bpk bisa buatkan daftar tananman buah sayuran yg cocok dg hidroponik dan vertikultur selain selada,kangkung dll?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap sebagai pelindung mas meskipunga maksimal krn yg penting ga kena hujan secara langsung. Klo daftar yg dimaksud, coba search di google

      Hapus
    2. Salam pak Teguh,
      melihat ke model atap, sy juga ingin membuat model yg sama mengingat besar biaya utk rumah kaca. Tetapi apakah jika turun hujan tidak masuk ke pipa dan mempengaruhi kadar nutrisinya pak? Terima kasih.

      Hapus
  9. Untuk nutrisinya menggunakan air apa pak? Apakah Gandasil NPK dan campuran mol ikan? Salam kenal, iwan, Salatiga, Jateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nutrisi saya menggunakan nutrisi khusus hidroponik (ABmix)

      Hapus
  10. Wow, mantab mas teguh.
    Sudah lama gak mampir ke blog anda, sekarang isinya malah mantab.
    Semoga tambah sukses dan bisa di tiru di tempat lain.

    Semoga saya bisa meniru anda, saya ada rencana bikin pelatihan ke panti panti asuhan di daerah saya. :)

    BalasHapus
  11. wow aku seneng banget liatnya mata labgsung ijo ijo seger
    coba dikampongku mo kyak gini #ngarep
    boroboro tingkat kampung aku bikin kompos aja emaku rame #baunya nauzu billeh
    tiap nanem selada mati terus ... dikasih abmix toh
    ada PARALON SISA DANDANIN RUMAH NTAR TAK COBA MAS MOGA EMAKU GK NGOMEL2 LAGI #oups kepencet
    akeh satnya berburu ABmix
    matur nuwun sanget mas inponya (salam dari malank)

    BalasHapus
  12. Mas ijin sharing ya ke grup Facebook Bubuhan Samarinda (BUSAM), kegiatan hidroponik masal ini sangat inspiratif berharap warga samarinda bisa mencontohnya

    BalasHapus
  13. wah mantap mas teguh,mau tanya apa media tanam nya sekam bakar juga dicampur coco peat? apa memakai sumbu kain flanel jg?

    BalasHapus
  14. akhirnya ada updatenya lagi nih mas Teguh,
    sukses terus ya mas .... makasi juga sharenya.

    BalasHapus
  15. salam kenal mas Teguh, mau tanya kalau ph airnya berapa, dan ppmnya juga. Tolong penjelasanya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk ph saya ga ukur krn ga punya phmeter, adamya cuma kertas lakmus
      Utk ppm sesuai tabel panduan

      Hapus
  16. Om teguh.. kalo mau kontak di no brp ya ? FB nya apa om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nmr saya 082254621401 akun FB cari aja nama Teguh Untara

      Hapus
  17. Pipiet Rudal 00212 Juni 2014 22.23

    Pak teguh pancen oyeee pokoknya
    makasih banyak ilmunya pakde.......

    BalasHapus
  18. Sukses om Teguh..... Hasil panen dikonsumsi sama anggota atau dipasarkan ? Kmana jualnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu panen perdana kita bagikan ke warga RT pak. Tapi mulai panen ke dua kita jual ke pasar karena produksi masih sedikit dan belum bisa memasok rutin. Untuk ke depannya kita akan perbanyak tanamnya biar bisa memasok rutin ke konsumen sehingga bisa memperpendek jaringan rantai penjualan biar bisa untung lebih banyak

      Hapus
  19. Wow..... Lama tak posting tiba2 bikin proyek besar.... Mantab pak teguh.....
    Itu antar lobangnya pakai jarak brp pak? Kok kelihatannya jarak antar lubang pd kangkung & sawi kok sama....
    Kalo jarak lubang pd kangkung jaraknya dekat2 bs makin banyak dah yg dipanen..... Bs buat bagi2 satu RW... Hehehe
    Sukses buat proyeknya pak.... Mudah2an bs 1 kelurahan tanam hidroponiknya.... (Ari depok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jarak tanam saya bikin sama (15 cm) biar bisa muat banyak tapi ga terlalu rapat. Untuk saat ini kami fokus tanam selada dan alhamdulillah dari lahan 60 cm x 16 m = bisa kami dapat minimal 3,6 jt /panen. Lumayan bisa memberi nilai tambah untuk warga yg mengelola.Doakan saja nanti habis lebaran mau nambah barang 100 pipa lagi.

      Hapus
    2. itu pakai benih kangkung apa pak teguh? asik lihatnya daunnya lebar lebar.
      saya pakai jenis kangkung hade tp daunnya kecil2.......

      Hapus
    3. He..he..saya ga tau merknya karena saya beli eceran

      Hapus
    4. Pak, sy berencana membuat rak yang model A, kira2 supaya mendapat sinar yg merata dr atas paralon sampai bwh paralon apakah posisi rak jg utara-selatan pak? Terimakasih

      Hapus
    5. Usahakan arah rak arah timur barat agar semua tanaman bisa kena cahaya secara merata.

      Hapus
  20. Maaf Mas Teguh mau tanya?
    1. Untuk bibit sayur apakah harus disemai terlebih dahulu di pot yang lebih besar, atau bisa langsung ditanam di media tanam hidroponik (saya menggunakan wadah gelas aqua dengan media tanam sekam dan cocopit).
    2. Untuk jarak lubang media tanam itu 15 cm (jarak dari pusat lubang ke pusat lubang lainnya atau dari pinggir lubang ke pinggir lubang yang lainnya). kalo jarak dari setiap lubang 10 cm bagaimana?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuma untuk hobi dan biar gak repot, benih bisa langsung ditaruh di netpot mulai dari penyemaian sampai pembesaran. Tapi kalau untuk komersial/dalam jumlah banyak, saya sarankan benih disemai dulu. Setelah siap pindah tanam baru dipindah ke netpot. Keuntungannya adalah kita bisa memilih bibit yg bagus pertumbuhannya untuk dipindah tanam, sehingga dalam proses pembesaran tanaman akan tumbuh seragam.

      Hapus
  21. pak teguh jarak netpot dgn air nutrisi idealnya gmn sy takut nanti akarnya busuk,sy mau coba yg gak pake sumbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ketinggian nutrisi di setengah diameter pipa, berdasar pengalaman tdk terjadi busuk akar

      Hapus
  22. tanya lagi mas kalautanamsayur pake tutup botol terus di kasih sumbu apakah akarnya bisa turun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, yang penting sumbu dalam kondisi selalu basah

      Hapus
  23. lupu mas dari agus bangka

    BalasHapus
  24. mas teguh menginpirasi banyak orang..andai saja indonesia banyak orang seperti mas teguh pasti akan makmur,,sukses slalu mas,barrakalloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien...makasih doanya pak. Semoga bisa selalu istiqomah..

      Hapus
  25. posisi Rak yang bagus Utara-Selatan Atau Timur-Barat untuk penyinaran Matahari,
    seandainya tepat matahari geraknya Timur-Barat

    Junna
    Kabun City
    Sumatera Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk rak tingkat sebaiknya arah utara selatan dengan harapan tanaman bagian rak bawah yg tidak kena matahari pagi akan kena matahari sore

      Hapus
  26. Blog yang sangat inspiratif,semoga bermanfaat bagi pengunjungnya.jadi tertarik ni pak mau nanam sayuran, btw kalau nyari bibit selada d mana y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya banyak dijual di toko2 pertanian mas

      Hapus
  27. kebetulan saya sedang mendalami tentang tanaman hidroponik ini mas teguh. terima kasih sekali informasinya. sangat berbobot sekali dan sangat membantu.

    BalasHapus
  28. Ass.. salam kenal pak Teguh saya eko saya tinggal dipapua
    tepatnya di kabupaten fakfak, saya belajar banyak hidroponik
    dari blognya mas teguh, ditempat saya masih jarang yang membudidayakan
    tanaman secara hidroponik. kebetulan kemarin orang dari dinas pertanian
    melihat tanaman saya dan berminat untuk menampilkan diacara pameran pembangunan bulan nevember nanti, bolehkan saya minta file-file presentasi hidroponik supaya saya bisa menjelaskan pada masyarakat dan pengunjung stand bagaimana cara hidroponik itu,..trus kalau pak teguh punya panduan pemberian nutrisi berapa ppm pada minggu pertama setelah tanam, mgg kedua dst sampai waktu panen untuk tanaman sayur maupun buah..
    Tentu saya tetap menampilkan sourcenya atas nama pak Teguh..
    saya mohon bapak bisa membantu saya..
    mohon kirim ke emailku ekosell1@gmail.com
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam mas Eko, mohon maaf lama baru balas karena 3 minggu ini sibuk ngurusin istri bolak balik ke Rumah Sakit.
      Untuk file presentasi ukurannya terlalu besar sehingga saya tidak bisa kirim. Tetapi kalau skema hidroponik dan tabel ppm Insya Allah saya kirim

      Hapus
  29. asslm,mau tanya mas teguh,untuk 1 lubang bibit kangkung brapa butir y?..terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      untuk kangkung 1 lubang tanam bisa diisi 4-10 butir

      Hapus
  30. Di musim panas gini, tanaman ada kendala ga pak? Tanaman sy skr jd kerdil daunnya khususnya pakcoy... Air tampungan jd ikut hangat.... Terpaksa stop tanam dulu.. Mau test nft dulu spy air nutrisi ga ikut hangat lagi.... (Ari depok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tanaman saya tidak ada kendala karena sekarang semua pakai sistem NFT. Tapi bagi yg menggunakan sistem statis akan sangat terasa sekali pengaruhnya

      Hapus
  31. Pak teguh, kalo dr gambar diatas, pak teguh semai lgsg di net pot di pipa yah..apa g perlu ditutup plastik untuk 2hari pertama semai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kangkung, saya langsung semai digelas plastik tsb. Untuk kangkung sangat mudah sekali dalam penyemaiannya. Untuk sawi saya tetap semai dulu, kemudian setelah 2 minggu baru saya pindah tanam

      Hapus
  32. pak teguh, untuk panjang x lebar x tinggi rak berapa pak? dan panjang pipa berapa pak.. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. panjang rak 8 meter x tinggi 2 meter x lebar 0,6 meter

      Hapus
  33. Salam kenal mas teguh, itu tanaman tetap pake sumbu tidak ya...tq. heri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, karena dasar pot sudah menyentuh genangan air nutrisi

      Hapus
  34. permisi mas teguh,setelah membaca artikel diatas saya punya ide mengganti pvc dg selang air biasa,kira2 bisa nggak ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prinsipnya dalam berhidroponik kita memerlukan wadah/tempat yg bisa menampung/mengalirkan air. Jadi kalau mau menggunakan selang jg bisa, tergantung dari bagaimana kita berkreasi

      Hapus
  35. keren,postingannya inspiratif sekali,terimakasih sudah share :)

    BalasHapus
  36. hadeeeeeh keren banget bloknya pak coba di RT saya bisa kayak gini pasti asyik banget tp ngomong2 pak teguh dermawan banget ya hobby bagi2 in benih taneman, kira2 bisa sampe malang gak ya tuh benih he..he..he... ngerep.com tp salut deh buat pak teguh dan dua jempol buat pak teguh

    BalasHapus
  37. hadeeeeeh keren banget bloknya pak coba di RT saya bisa kayak gini pasti asyik banget tp ngomong2 pak teguh dermawan banget ya hobby bagi2 in benih taneman, kira2 bisa sampe malang gak ya tuh benih he..he..he... ngerep.com tp salut deh buat pak teguh dan dua jempol buat pak teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he..sekarang udah ga bagi2 lagi mbak. Benih cabe uniknya udah habis dibagi.

      Hapus
  38. Pak, kangkungnya bisa diputar menjadi benih lagi tidak pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya bisa tapi ga efesien. Lebih baik beli bijinya langsung di toko pertanian terdekat.

      Hapus
  39. cara melubang paralonx gimana ya pak

    BalasHapus
  40. kerrrren pak... smoga sukses terus.. dan jangan lupa terus update sharing sharing nya yak..

    BalasHapus
  41. luar biasa pak saya banyak belajar diblog ini.... boleh minta contoh proposalnya pembentukan kelompok tani hidroponik ya pak ? klo boleh kirim ke email akhmadhasanuddin@gmail.com
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  42. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS hanya 5 orang.
    DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

    BalasHapus
  43. Salam Kenal...


    Untuk penggantian air nutrisi dilakukan setiap berapa hari?

    BalasHapus
  44. wah, sangat menginspirasi pak.. jadi pengen nanam sendiri di rumah.
    untuk melubangi pralon menggunkaan alat apa ya pak?

    teirma kasih

    BalasHapus
  45. Om teguh, bisa dibisikin merk ab mix nya.

    BalasHapus
  46. Wah keren banget... pengen nerapkan di Kelurahan Dadi Mulya juga nih.. kira2 bisa nggak ya..

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. maaf pak mau tanya, itu sampai sekarang masih menggunakan air menggenang atau sudah menggunakan NFT. dan jika masih menggunakan DFT bagaimana hasilnya pak ?

    BalasHapus