Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Minggu, 28 Desember 2014

Derajat keasaman dan kepekatan larutan nutrisi dalam berhidroponik.

Para pembaca, jika anda membaca judul di atas mungkin anda akan bertanya kenapa baru sekarang saya menuliskan materi ini padahal saya sudah berhidroponik ria sejak beberapa waktu yang lalu. Jawabannya adalah kalau waktu – waktu yang lalu saya tidak menuliskan materi ini karena saya berfikir bahwa teman – teman penggemar hidroponik bisa mendapatkan materi ini dari tulisan – tulisan orang lain yang bertebaran di internet, akan tetapi ternyata banyak sekali pertanyaan dan permintaan dari teman – teman mengenai materi ini terutama table kebutuhan nutrisi dan PH bagi tanaman dalam berhidroponik.

Langsung saja kita bicara ke inti materi. 

Derajat keasaman (biasa disebut pH)

Dalam dunia hidroponik, salah satu syarat untuk menunjang kesuburan pertumbuhan tanaman adalah pH atau derajat keasaman media tanam dalam kondisi netral. Derajat keasaman terdiri dari 14 tingkatan mulai dari 0 sampai 14 dengan angka 7 sebagai derajat keasaman netral. Pada angka 7 tersebut, kation H+ ada satu dan sebaliknya anion OH- juga ada satu, sehingga muatan listriknya seri. Di bawah angka 7, jumlah kation H+ bertambah banyak semakin kita bergerak ke kiri, angka pH semakin mengecil dan disebut asam sekali. Sebaliknya, di atas angka 7 jumlah anion OH- bertambah banyak, semakin kita bergerak ke kanan angka pH semakin membesar dan disebut alkalis atau basa sekali.

Untuk mengetahui besaran angka pH kita bisa menggunakan kertas lakmus (ketelitian tergantung kecermatan kita dalam mencocokkan warna kertas dan table warna), atau kalau mau lebih praktis dan teliti bisa menggunakan pHmeter.


Gambar kertas lakmus dan pHmeter

Dalam berhidroponik, kita memerlukan angka pH di kisaran 5.5 – 6.5. Di bawah pH 5.5, beberapa unsur akan mengendap dan tidak dapat diserap oleh akar, demikian pula jika pH di atas 6.5 juga akan menyebabkan pengendapan beberapa unsur tertentu sehingga akan menimbulkan defisiensi unsur hara bagi tanaman sehingga tanaman tidak akan tumbuh dengan optimal.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika ternyata kondisi larutan pupuk hidroponik dalam kondisi terlalu asam atau terlalu basa? Jawabannya ya harus dinetralkan sampai di pH optimal untuk pertumbuhan yaitu di pH 6.0. Untuk menurunkan pH diperlukan asam anorganik kuat, sebaliknya untuk menaikkan pH diperlukan alkali kuat.

Untuk menurunkan pH kita bisa menggunakan asam nitrat HNO3, asam fosfat H3PO4 atau bisa juga bisa dengan asam sulfat H2SO4 jika kita kesulitan mencari asam nitrat ataupun asam fosfat. 
Untuk menurunkan pH tidak disarankan dengan asam cuka CH3COOH atau asam semut HCOOH karena merupakan asam lemah. Jika kita menggunakan asam lemah ini tentunya membutuhkan jumlah yang banyak dan tentunya akan menjadi mahal. Selain itu jika kita menggunakan asam lemah, dalam waktu singkat larutan akan kembali menjadi basa.

Untuk menaikkan pH kita bisa menggunakan alkalis KOH.

Di bawah ini saya sajikan table tentang hubungan pH dengan kondisi unsur hara yang bisa diserap oleh tanaman. 



Kepekatan larutan pupuk hidroponik

Selain derajat keasaman, untuk tumbuh subur tanaman juga memerlukan unsur hara yang disediakan dalam bentuk pupuk yang dilarutkan dalam air.

Untuk mengetahui kepekatan larutan nutrisi, kita lakukan dengan mengukur pengantaran listrik di antara dua kutub yaitu katoda dan anoda di mana jarak antar kutub 1 cm. Alat pengukur yang dimaksud adalah ECmeter (Electro Conductivity meter) dengan satuan mS/cm.


Contoh gambar ECmeter dan TDSmeter

Beberapa produsen ada yang menambahkan suatu alat yang berfungsi mengkonversi menjadi satuan ppm (part per million). Fungsi dari alat ini adalah untuk mengetahui zat padat terlarut (Total Dissolved Solids). Sayangnya di antara produsen yang satu dengan yang lain mempunya standar konversi yang berbeda – beda sehingga angka ppm yang dihasilkan dari konversi ECpun juga berbeda – beda. Hal ini kadang bisa membingungkan. Sebagai contoh,

          Untuk standar USA, 1mS/cm (EC 1.0 atau CF 10) = 500 ppm
          Untuk standar Eropa,  1mS/cm (EC 1.0 atau CF 10) = 640 ppm
          Untuk standar Australia,  1mS/cm (EC 1.0 atau CF 10) = 700 ppm

Tetapi dengan table di bawah ini mungkin bisa membantu kita untuk menentukan berapa kepekatan nutrisi yang harus kita berikan pada tanaman.



Ambang batas keracunan nutrisi bagi tanaman.

Kadang kita mendengar dari para petani konvensional, “bagaimana kalau tanaman kita pupuk banyak – banyak agar lebih cepat besar dan cepat panen?”

Demikian juga kadang kita mendengar pertanyaan yang sama bagi orang – orang awan yang ingin mencoba hidroponik.

Sebagai ilustrasi, kita sebagai manusia memerlukan berbagai macam gizi untuk membantu pertumbuhan ataupun untuk menjaga stamina tubuh agar selalu sehat. Ketika kekurangan gizi tentunya tubuh kita juga akan tidak normal pertumbuhannya, atau bisa juga tidak fit kesehatannya. Tapi ketika gizi yang kita konsumsi ternyata berlebih, akibatnyapun juga kurang bagus. Sebagai contoh, kita memerlukan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi ketika kita mengkonsumsi vitamin C terlalu banyak justru bisa menyebabkan permasalahan pada lambung misalnya iritasi lambung atau diare.

Demikian juga halnya dengan tanaman. Tanaman memerlukan unsur hara makro dan mikro yang jika kekurangan, pertumbuhan akan kurang subur, lambat dan kerdil. Begitu pula kalau kelebihan akibatnya tanaman akan keracunan nutrisi sehingga stress dan pertumbuhannya tidak normal.

Dengan table kebutuhan kebutuhan pH dan hara bagi tanaman di atas, mudah – mudahan bisa menjadi acuan dalam pemberian nutrisi bagi tanaman hidroponik yang akan kita tanam.

Dengan tulisan ini saya berharap teman - teman pembaca tidak meminta kiriman tabel pH dan EC/ppm yang dibutuhkan untuk berhidroponik. Silahkan copas tabel yang diperlukan.


17 komentar:

  1. mantap pak teguh, ijin copy paste ya, trus ada satu pertanyaan, ppm diatas bisa diterapkan ketika tanaman berumur berapa atau ukurannya berapa? terima asih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicopy akh, untuk ppm di atas sebaiknya diberikan setelah seminggu pindah tanam. Untuk penyemaian dan awal pindah tanam cukup setengah dari ppm yang disarankan.

      Hapus
    2. Pak Teguh, untuk ppm awal saat pindah tanam kan setengahnya dari tabel di atas ya? Nah, menaikkan ppm nutrisinya berapa hari sekali pak sampai mencapai angka di tabel tersebut. Terima kasih banyak :)

      Hapus
  2. betul sekali Pak Teguh, pengalaman saya waktu air belum di campur ph sekitar 6,9 - 7,4 tapi setelah dicampur nutrisi jadi turun jadi 5,4 - 5,6 saya biasa pakai air hujan yang ditampung didrum bekas aspal, trus bagaimana cara menaikan ph air, saya sudah mencoba pakai soda kue untuk tanaman seledri memang ph naik tapi selang berapa lama tanaman mati semua.. mohon kalau ada saran dari Pak Teguh, trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menaikkan pH saya sarankan pakai KOH atau bisa juga beli larutan penaik pH di toko peralatan akuarium. Biasanya banyak dijual kok.

      Tapi kalau seandainya tdk ada, dengan proses aerasi akan menaikkan pH air. Yaitu air cukup disirkulasikan

      Hapus
  3. Pak Teguh saya mau nanya, kalau bertanam hidroponik pakai jerigen bekas racun rumput boleh apa ndak ya?

    BalasHapus
  4. Pak Teguh,
    Terima kasih atas artikelnya, saya ada pertanyaan bagaimana cara kita mengendalikan derajat EC apabila terlalu tinggi atau terlalu rendah?

    Suwun.

    BalasHapus
  5. boleh tau sumber tabelnya dari mana pak?

    BalasHapus
  6. Pak teguh. Saya di bontang juga ne.
    Pak teguh masih punya vitamin hidroponik ABmix?
    Saya beli di bpk aja, perbotol aqua bs kah? Klo boleh sy kermh bpk..

    BalasHapus
  7. mas nanyak bentar saya mau ukur ppm sayur sawi sesuai tabel menunjukkan 1050-1400 ppm sedangkan dialat ukurnya hanya tercantum tiga digit angka lalu bagaimana cara ukur dgn empat digit angka tsb? makasi sblmnya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Infonya bermanfaat banget mas,,saya jg lg belajar hidroponik. Ditunggu kunjungan baliknya http://mitalom.com/

    BalasHapus
  10. saya pernah juga praktek cara menurunkan ph air di sekolah, terimakasih nih pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KISAH NYATA..............
      Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
      dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
      saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
      saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
      internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
      sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
      Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

      KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
      BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

      ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

      Pesugihan Instant 10 MILYAR
      Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

      Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
      Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
      dll

      Syarat :

      Usia Minimal 21 Tahun
      Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

      Proses :

      Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      Harus siap mental lahir dan batin
      Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      Pada malam hari tidak boleh tidur

      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

      Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      Ayam cemani : 2jt
      Minyak Songolangit : 2jt
      bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

      Prosedur Daftar Ritual ini :

      Kirim Foto anda
      Kirim Data sesuai KTP

      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

      Kirim ke nomor ini : 081340887779
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya

      Maaf Program ini TERBATAS hanya 5 orang.
      DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

      Hapus
  11. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus