Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Senin, 25 Februari 2013

Mencoba hidroponik seri 2

Kalau yang lalu saya mencoba hidroponik dengan system yang paling sederhana yaitu hidroponik pakai sumbu dengan media botol bekas dan jerigen bekas, dari percobaan yang lalu saya simpulkan bahwa nilai plusnya :
-        Pertumbuhan tanaman relative bagus
-        Tidak merepotkan, karena penambahan air nutrisi bisa sekali seminggu
-        Tidak memerlukan aliran listrik, karena air dipasok melalui sumbu
-        Hemat biaya
-        Mudah dipraktekkan
Tapi kekurangannya ada juga :
-        Tampilan kurang rapi
-        Untuk yang menggunakan botol bekas, biasanya sering ambruk karena botol tidak bisa menopang setelah tanaman besar. Hal ini terjadi karena lebih berat tanamannya daripada botolnya. Dan ketika ambruk biasanya nutrisi ikut tumpah.
-        Air nutrisi berlumut sehingga botol harus dicat dengan warna gelap. 

Nah, dari pengalaman diatas saya jadi tertantang mencoba hidroponik system yang lain. Dan sekarang ini saya kepingin mencoba yang sedikit lebih ribet. Saya nggak mau bilang lebih canggih karena setelah saya pikir – pikir hidroponik itu nggak susah kok. Dan kali ini saya mau mencoba hidroponik yang pakai air mengalir. Jadi disini diperlukan wadah yang bisa untuk media penanaman dan juga sebagai wadah untuk aliran air. Prinsip kerjanya akar tanaman akan menyerap nutrisi melalui akar yang menyentuh larutan nutrisi yang dialirkan. Aliran air nutrisi dialirkan sesuai dengan waktu yang kita tentukan, misalnya setiap 1 jam mengalir selama 10 menit. Untuk itu dibutuhkan timer. Konsekuensi dari hobi ini tentunya dibutuhkan dana lebih besar daripada hidroponik yang saya lakukan sebelumnya. Biaya yang cukup lumayan ya untuk pembelian pompa air, pipa paralon dan timer. Untuk hidroponik ini yang saya perlukan adalah :
-        Pipa paralon ukuran 2,5”
-        Pompa air untuk akuarium
-        Timer untu mengatur waktu
-        Gelas plastic
-        Rockwool/arang sekam
-        Ember penampung air nutrisi.
-        Nutrisi hidroponik.

Untuk percobaan kali ini saya menanam sawi, pakcoy dan selada dalam 1 rangkaian instalasi hidroponik. Untuk hasil saya belum tau karena baru saja mencoba. Harapannya sih pertumbuhan tanaman akan bagus, nggak perlu repot nyiram dan kelihatan lebih rapi.

Untuk melihat penampakannya seperti gambar dibawah.

Pipa paralon saat proses pelubangan



Pipa paralon yang sudah dirangkai dan contoh tanaman yang saya tanam

111 komentar:

  1. nutrisinya bisa dibeli dimana pak? merk apa dengan harga berapa? apakah hidroponik itu bisa disebut organik? maaf banyak nanyanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nutrisinya saya beli via online. Pian bisa coba buka di www.ferti-mix.com namanya nutrisi ABmix. Dibanding yg lain di sini lebih murah harganya. Hidroponik bukan organik mas. Kalau organik mulai dari media tanam, pestisida sampai pupuknya murni organik. Kalau hidroponik unsur utamanya adalah air yang dicampur nutrisi. Adapun nutrisinya bukan organik. Keunggulan hidroponik adalah di higienitas dan aplikasinya bisa di lahan yg sempit, lahan tandus atau bahkan di perkotaan yang dipenuhi gedung2, karena hidroponik dalam pengembangannya tidak memerlukan media tanah. Seperti yg saya lakukan diatas, saya memakai media sekam bakar dan busa/rockwool.

      Hapus
  2. kok web yang bapak kasih gak bisa di klik yah? kalau dibanding2 pak, sehatan organik atau hidroponik yah? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, baru saja saya buka juga error. Padahal dibanding yg lain harganya jauh lebih murah. Kalau dibanding2kan mengenai sehat mana? saya juga belum tau. Tetapi menurut saya yang penting tidak menggunakan pestisida non orgnik.

      Hapus
    2. oh gitu..oke deh..oya, pak teguh ada punya facebook, boleh berteman? he

      Hapus
    3. ada sih mas, cari saja teguh untara di FB. Tapi saya jarang sekali buka FB. Nah kalau mau belajar banyak ttg hidroponik, masuk saja ke group "Hidroponiku" tempat berbagi seputar tanaman hidroponik. Di situ pian bisa belajar banyak kpd mereka yg sudah berpengalaman dlm hal hidroponik.

      Hapus
    4. oke, pak, saya sudah gabung di sana, tapi untuk sementara saya masih tertarik nanam sayur biasa..

      Hapus
    5. betul juga sih mas, soalnya kalau hidroponik agak ribet ditakaran nutrisinya. Dan kalau tanam sayur biasa, nanti kalau sudah berhasil lebih mudah untuk menularkan ilmu ke lingkungan sekitar.

      Hapus
  3. waduh pa, sy udah beli bibit tanaman tp sayang waktunya blm ada yg pas untuk menjelajahi bagian belakang rumah... Huuuu... Jd makin pengen brkebun kalo lihat photo2 nya di tiap postingan pak teguh itu... Hiks...hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang lho bu kalo nggak cepat ditanam, nanti bisa kadaluwarsa. Coba semai dulu aja, nanti kalo bibitnya udah tumbuh pasti kita terpacu untuk menanamnya.

      Hapus
  4. waduh kadaluarsa...Gimana cara nyimpen benih mas. Saya juga jarang dapet waktu juga je.

    BalasHapus
    Balasan
    1. disimpan dikulkas saja, tapi dibungkus dulu pakai tissue.

      Hapus
  5. pak teguh berapa beli nutrisix.saya nanya ke paktani hidro rp 80.000 per paket+ongkir 80.000=2kg=160.000(weew ongkir=harga pupuk)jadi malas.coba ke fertimix(minimum hrs beli 100.000,sedangkn harga ab mix cuma 60.000,trus masa harus beli 2 paket,1 paket aja belum tentu sukses)jadi bingung...selama ini saya cuma pake nutrisi dari 1sdm growmore+npk mutiara 1 sdm=air 10 liter.media serbuk gergaji+kompos/bokasi.hasilx bisa dilihat di http://craftyukiyumi.blogspot.com/2013/01/sawi-hidroponik-percobaan.html.untuk perawatan hidro memang lebih simpel.nggak repot kalo mau ditinggl berhari hari.tanaman juga lebig bongsor(bayam),cuma pendek batangx.cuma nutrisi yg pas itu yg susah.akhirx saya coba beli tds meter,niatx sih buat ngukur nutrisi sendiri.malah nilai ppmx nggak karuan.jadi bingung.yah sudah.kembali ke nutrisi awal aja yg penting bisa panen walau hasil nggak maksimal.cuma masih penasaran dgn pupuk abmix kira2 hasilx bagusan mana.memang panen kalo hasil maksimal menyenangkan.boleh info dong beli berapa pupuk hidrox.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya nggak pakai AB mix juga nggak apa2 bu. Saya sudah melihat percobaan sawinya bagus sekali kok. Kalau seperti kita, menanam sekedar hobi, pupuk growmore juga sudah ok. Kalau murni hidroponik (media tanpa pupuk kompos), biasanya dengan NPK atau Growmore masih ada kekurangan unsur mikronya. Tapi sekali lagi kan sekedar hobi.

      Hapus
    2. Eh iya, saya beli nutrisinya di ferti-mix bu. Harganya 60rb. Tapi berhubung waktu itu saya juga beli rockwool, jadinya 120rb plus ongkr 70 rb.

      Hapus
  6. salam kenal pak teguh, tertarik sangat dg hidroponik dan vertikultur, saya mo coba hidroponik aja dulu yg ga terlalu ribet, mo nanya nutrisi dari ferti-mix jika dibandingkan dg pupuk NPK mutiara+gandasil yg pernah bapak posting sebelumnya, hasilnya lbh bagus mana ya? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk hasil tetep masih lebih bagus yg nutrisi ABmix karena dari sisi komposisi lebih lengkap. Akan tetapi kalau untuk sekedar hobi dan mencari nutrisi hidroponik cukup sulit, NPK mutiara + gandasil D bisa digunakan. Terutama untuk sayuran daun. Kalau untuk sayuran buah, pohon cabai saya lebat daunnya tapi buahnya kurang sehingga harus saya tambahin gandasil B dengan cara saya semprotkan ke daun dan tanaman mau berbuah lebat juga.

      Hapus
    2. Perbandingan NPK sama Gandasil Dnya gimana pak?

      Hapus
  7. Hallo ... mau tanya yg jual greenhouse kecil dmn ya? Soalnya halaman rmh terbuka jd butuh penutup ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg jual greenhouse saya kurang tau bu. Biasanya yg ada adalah konsultan pembuatan greenhouse.
      Kalau sekedar peneduh halaman mungkin bisa menggunakan paranet, biasanya banyak dijual di toko pertanian.

      Hapus
  8. kenalkan bapak, saya Nurul dari Borobudur.makasih sekali infonya pak ... very good. ijin copas nggih .. smg ilmu dr njenengan dpt menginspirasi dan bermanfaat bagi lingkungan kami khususnya, amin.makasiih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih monggo silahkan....mudah2an bermanfaat

      Hapus
  9. itu ga pake sumbu pak.trus cra pemberian lubang pd gelas plastiknya gmn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelasnya dilubangi bagian samping dan bawahnya dgn paku panas om. Lubangnya dibuat banyak2 dikondisikan spt netpot.

      Hapus
  10. ass gan saya rohmad...saya tertarik banget nih mau coba hidroponik..... mo tanya gmn cara melobangi paralon agar rapi.trus ukuran diametere brapa....trus ada ga mata bor untuk melobangi yg sesuai dng diameter tsb..makasih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam mas Rohmad..cara melubangi supaya rapi memakai bor listrik mas. Mata bornya namanya hole saw. Ukurannya 2,5" klo kita pake gelas plastik, klo pake kepala botol plastik (diartikel yg lain) pakai mata bor ukuran 1,75".
      Utk mencari mata bor/hole saw bisa cari di krisbow, ace hardware atau toko peralatan tekhnik terdekat. Ukuran macam2 bahkan ada yg satu set dgn berbagai ukuran.

      Hapus
  11. salam kenal bang teguh

    saya gatot yang barusan whatsapp an ama bang teguh
    salam kenal
    semoga bermanfaat bagi kita semua ...
    amin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dari saya pak...

      Hapus
  12. hari sabtu ini rencana ke sekolah alam jingga life school untuk belajar ttg menanam dgn konsep hidroponik ini. tp sblm kesana sabtu nanti perlu bekal dulu buat pengetahuan awal.
    mudah2an banyak yg mencontoh denmas kenthus ini agar bumi kita ini semakin hijau......

    BalasHapus
  13. Assamualaikum pa teguh..kalo yg sistem mengalir,bisa ngga hanya dialirkan pagi dan sore aza.? Trimakasih

    BalasHapus
  14. Jadi ga usah pake timer ...trus kalo pake bambu bisa ga,ga usah pake pralon.? Hehehe,Kebetulan di rumah banyak bambu nganggur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam pak Suganda...
      Sebaiknya ngalirkannya bukan hanya pagi dan sore karena saat siang hari tanaman akan kekeringan. Lebih baik misalkan pagi, siang dan sore bisa manual atau pakai timer.
      Pakai bambu bisa pak. Prinsipnya wadahnya bisa nampung air.

      Hapus
  15. cara bolongin paralonnya pake apa pak Teguh?
    saya lihat itu bolongannya rapih bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai mata bor yg biasa disebut hole saw om...

      Hapus
    2. ukuran brapa pak paling besar?
      mau tanya juga pak Teguh pupuk npk mutiara + gandasil d, takarannya berapa sendok makan dan untuk berapa liter air..dan gandasil B untuk tanaman buah apa gak bisa dicampur npk mutiara untuk nutrisinya selain disemprot langsung...takarannya berapa ...terima kasih pak ..baru mau nyoba berkebun nih..

      Hapus
    3. ukuran hole saw yg minimal 2'.

      1 sendok makan NPK + 1/3 sendok gandasil dicampur dengan 10 ltr air. Untuk tanaman buah ketika mulai berbunga gandasil D diganti gandasil B. Tapi ini hanya pupuk alternatif ketika nggak ada pupuk khusus hidroponik. Kalau mau mendapatkan hasil maksimal tetap lebih bagus pakai pupuk khusus hidroponik. Pupuk ini bisa dibeli via online namanya pupuk abmix.

      Hapus
    4. Pak NPK nya bisa di ganti dgn Dekastar Plus engga yach,soalnya di tempat saya nyari NPKnya susah.matur suwun

      Hapus
    5. Kalau Dekastar saya belum pernah nyoba mas. Tapi kalo sama2 susah nyarinya kenapa ga sekalian aja pesan abmix? Hasil dijamin bagus

      Hapus
  16. mas teguh saya mau tanya
    hidroponik itu perlu pake pupuk atay tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetep perlu pupuk mbak krn klo hanya air tentumya nggak ada nutrisinya utk tanaman.

      Hapus
  17. yang baik itu pupuk apa yah mas,
    makash

    BalasHapus
  18. kan katanya hidroponik itu lbih bgus karena nggak pake pestisida,,(bhan kimia)
    tapikan nutrisi hidroponik bahan kimia juga mas,,
    bis itu mau nanya lagi,
    kalau ngasih pupuk itu pas lagi bagian mana ya?
    trmakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk yg bagus yaitu pupuk khusus hidroponik namanya abmix.
      Klo masalah pupuknya yg kimia, sebetulnya yg diserap oleh tanaman adalah unsur kimia. Pertanian organikpun begitu.
      Nah klo tentang kesehatan, sebetulnya yg berbahaya adalah pestisidanya. Karena pestisida biasanya berupa racun. Lha klo kita bertanam tanpa pestisida, mau sistem apapun sebetulnya sehat.
      Untuk pemupukan hidroponik yaitu dicampur dgn airnya dan dialirkan kedaerah perakaran tanaman.

      Hapus
  19. mas teguh mau nanya,,
    Syarat agar hidroponik berhasil apa ya mas?
    Faktor yg menghambat keberhasilan hidroponik?
    Hama apa saja yg bs menJangkiti tanaman hidroponik?
    apa sebab
    hama bisa terkena pada tumbuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya :
      - pupuk/nutrisi harus sesuai dgn kebutuhan tanaman krn tiap tanaman kebutuhan pupuknya berbeda.
      - Lingkungan untuk pertumbuhan harus sesuai (suhu dan kelembaban), makanya rata2 hidroponik memakai greeenhouse.

      Faktor yg menghambat ya kalau syarat pertumbuhan tdk terpenuhi mbak.
      Untuk hama sama seperti pertanian konvensional.
      Hama akan menyerang ketika tidak ada usaha pencegahan dalam melindungi tanaman dan lingkungan tersebut mendukung untuk berkembngbiaknya hama. Dalam hidroponik umumnya bebas hama karena tanaman sudah terlindung oleh greenhouse. Kalau kita tdk pakai greenhouse tentunya kita tetap harus siap2 jika sewaktu waktu hama menyerang.

      Hapus
  20. mas teguh, saya sedang dalam pembuatan karya tulis mengenai kangkung hidroponik
    kalau bleh, tlong koreksi mas,, saya takut ada yang slah
    klo di setujui nanti saya kirim ke email mas teguh,
    terimakasih,, perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK kirim saja ke teguh_u@yahoo.co.id kalau memang saya bisa membantu insya Allah saya akan bantu

      Hapus
  21. ijin link ya pak teguh....trimakasih byk...tulisannya menginspirasi sy utk menghijaukan halaman rmh saya....

    BalasHapus
  22. Om mau tanya, itu kan mau pakai timer, kalau boleh tau jenis timer apa yah, terus pakai berapa timer ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jenis timer yg gimana saya juga bingung. Tapi saya beli timer yg harga 100rb dan bisa di set untuk 8x pengaturan

      Hapus
  23. filenya sudah saya kirim mas, tolong di koreksi
    makasih ya mas

    BalasHapus
  24. mas, saya ngirim file lagi ke email mas.
    tlong di koreksi lagi. maaf ya mas jadi ngerepotin,
    dan sebelumnya makasih banget ya mas,, saya sangat terbantu

    BalasHapus
  25. mas, kalo kangkung itu sering layu kenapa ya mas?
    saya nanem kangkung dalam 1 gelas aqua kecil bisa lebih dari 10 bibit mas, apa karena itu? jadi tanamannya kurang nafas?
    dan kangkung yang sudah besar juga jadi kuning warnanya padahal tadinya sudah berwarna hjau

    BalasHapus
    Balasan
    1. kangkung sering layu karena kalau kita bertanam sistem kultur statis (air menggenang) dan dengan wadah yang kecil karena ketika cuaca panas, air juga akan ikut panas. Ketika air ikut panas kandungan oksigen di dalam air akan berkurang sehingga tanaman akan layu atau bahkan mati karena akarnya busuk. Kalau mengenai kepadatan tanaman, selama suplai nutrisi tercukupi tidak begitu masalah.
      Untuk kangkung yang daunnya berubah jadi kuning bisa dikarenakan kekurangan unsur hara terutama unsur N.

      Hapus
  26. akhirnya ketemu lagi,, sekian banyak blog yg paling bermanfaat buat saya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih..semoga betul2 bisa bermanfaat

      Hapus
  27. terus mas supaya tidak layu gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk supaya ga layu kita harus bisa menjaga air tetap dingin. Caranya ya tergantung kreasi masing2 orang

      Hapus
  28. gimana mas karya tulis saya apakah sudah cukup apa banyak yang perlu di perbaiki atau di tambah?
    sebelumnya saya makasih bangat,,
    mas sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bagus..yg penting siapin diri utk betul2 memahami sehingga klo ditanya2 sama tim penilai bisa menjawab dgn benar dan lancar

      Hapus
  29. ohh yaudah makasih bget ya mas,,
    klo sya mau nanya2 lagi bleh ya?

    BalasHapus
  30. mas mau nanya lagi,
    1. kenapa warna kangkung hidroponik sama yang biasa beda sekali ya? apa karena pestisida, memang pengaruh pestisida bagi tanaman apa aja ya?
    2. apakah nutrisi hidroponik punya efek samping?
    3. kenapa akar hidroponik bisa beda padahal sama2 kangkung
    4. kenapa jika akar terendam semua bisa jadi busuk atau layu bukannya bagus karena dapat terkena nutrisi semua jadi cepat tumbuh?
    5. bagian mana dari kangkung yang bersifat menyejukkan? ada zat apkah di dalamnya sehingga bisa menyejukkan.
    6. kan kalo beli nutrisi ada yang A dan B tuh mas, bedanya apa ya?

    (maaf ya mas teguh kebanyakan,di jwabya yang mas teguh tau aja juga gak papa, makasih ya mas)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Mungkin bisa dijelaskan warnanya seperti apa (hidroponik dan biasa). Pestisida tidak berpengaruh pada warna daun jika dosis pemakaiannya tepat.
      2. Setahu saya sampai saat ini tidak ada efek samping.
      3. Perbedaannya seperti apa, mungkin bisa dijelaskan?
      4. Akar juga memerlukan oksigen, ketika akar terendam semua dan suhu air memanas karena terkena matahari, kandungan oksigen terlarut dalam air akan berkurang sehingga akar akan kekurangan oksigen. Akibatnya tanaman bisa layu bahkan mati.
      5. Saya tidak tahu jawaban untuk nmr 5 ini mbak, maaf
      6. Kalau beli nutrisi hidroponik, dalam 1 paket ada pekatan A dan pekatan B. Pekatan A mengandung unsur2 hara makro yang dibutuhkan tanaman. Sedangkan pekatan B mengandung unsur2 hara mikro. Dalam bentuk pekatan A dan B tidak bisa dicampur karena akan mengkristal, tapi dalam bentuk encer tetap bisa bercampur.

      Hapus
  31. perbedaan akarnya gini mas,, kalo hidroponik berupa akar serabut dan lebih pnjang. kalo kangkung biasa akarnya leih besar2, itu kenapa ya mas?
    perbedaan akar tersebt kami dapat dari observasi yang telah kami lakukan ke parung farm.
    pas lagi ditanya kaya gitu saya bingung mau jawab apa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh untuk yang ini saya belum bisa jawab karena saya belum pernah membandingkan antara kangkung hidroponik dan kangkung tanam konvensional. Tapi saya akan coba cari tau dulu..

      Hapus
  32. tenang perbedaan warna dan kangkung, saya sudah kirim ke email mas dalam bentuk power point,
    mohon di periksa mas pertanyaan kami,
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung besok saya harus berangkat dinas keluar pulau, mungkin untuk komentarnya minggu depan ya mbak Siti...saya insya Allah balik hari kamis depan

      Hapus
  33. oh yasudah terimakasih mas, untuk soal jawabannya saya kira tidak apa2 kalau tidak di jawab. soalnya sidangnya rabu ini,
    tapi makasih ya mas, balasan mas sangat membantu.
    sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  34. pak teguh maaf saya mau tanya,
    apakah ABmix bisa untuk di siramkan ke media tanam yg sudah tercampur pupuk organik. dengan maksud memperkaya kembali unsur hara pada media tanam tersebut yang sudah pernah di pakai menanam.
    saya tanam di paralon vertikultur. kebetulan saya punya abmix ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, tapi tentunya sistem pertaniannya bukan organik lagi karena abmix terbuat dari garam2 mineral dan zat kimia lain untuk melengkapi unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Pertanyaannya, apakah nggak sayang abmixnya? karena dari sisi harga abmix lebih mahal dibanding pupuk yang lain.

      Hapus
  35. Waaaahhhhh....Pak Teguh master juga nih....saya masih dalam pembelajaran pak...makin semangat baca blog Pak Teguh nih...
    Saya mau tanya nih pak...
    Perbandingan A&B Mix yang bapak pake ke sayuran berapa ml/ltr air y pak...??
    Saya masih coba sawi pakai arang sekam ...hasilnya segar, daun sudah 5 helai...saya pakai sistem wick, airnya cman air sekam...pengen saya ganti pake A&B Mix. Terima kasih Pak Teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah...saya bukan master mas.
      Penggunaan takaran abmix tergantung sayuran yg kita tanam mas. Kalau didalam petunjuk pemakaian abmix tertulis 5ml A + 5ml B + 1ltr itu pasnya utk selada karena dikisaran 700ppm. Klo sawi perlu sekitar 1150ppm atau 8ml A + 8ml B + 1ltr air.

      Hapus
  36. Salam kenal Pak Teguh, boleh bertanya ya. Saya mencoba menanam memakai sistem wick sederhana masih berskala hobi. Kalo yang nggak pake sumbu, berapa tinggi pot yang boleh terendam oleh larutan hidroponiknya.... Matur nuwun sanget ya Pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksimal 1/3 gelas mbak, kalo bisa 1/4 gelas aja tapi konsekuensinya harus sering ngecek cadangan air nutrisi.

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Met kenal pa Teguh, saya lagi coba buat hydroponik pake pipa 4in.buat jarak lubang pot 20 cm, jd 1 btg pipa jadi 20 pot, renc,mo sy tanam sawi, ni sdg semai .yg mau sy tanyakan jarak kedalaman air sebaiknya brp cm (tenggalamnya gelas ex aqua)..trims Arief di Balikpapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih..mantap tuh mas, jarak 20 cm. Usahakan gelas terendam 1/4nya aja. Atau maksimal 1/3

      Hapus
  39. mas kan udah nyoba dua macam. secara hasil mending bagusan mana pak? menggenang apa mengalir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusan yang mengalir karena akar selalu sehat dan suhu nutrisi lebih stabil.

      Hapus
  40. Helo, Bang Teguh, membaca hasil karya bang teguh jadi tertarik cocok tanam hydroponik, boleh berkunjung kelokasinya ya Bang melihat lihat Green housenya.
    Terima kasih.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh om, tapi kalau untuk saat ini lagi kosong isinya karena habis pembersihan. Saat ini baru semai lagi

      Hapus
  41. Salam Pak Teguh.

    Saya Ian sedang mencoba untuk menanam kangkung dengan cara hidroponik. Saya menggunakan metode terapung Pak. untuk pupuk saya belum pakai ABMix baru dengan hyponix dan NPK bagaimana menurut Bapak?
    Lalu berapa takaran yang pas untuk penggunaan kedua pupuk tersebut yah Pak.
    Terima kasih Pak Teguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya pakai pupuk apapun tidak masalah pak selama semua unsur hara makro/mikro yg dibutuhkan tanaman bisa terpenuhi.
      Adapun untuk Hyponex saya blm pernah mencoba, jadi saya juga tidak tahu takaran pasnya berapa.

      Hapus
  42. Mas teguh saya mau juga menanama tanaman hidroponik jenis cabe, biasanya kendalanya dimana & untuk jenis pupuknya yang baik apa , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk hidroponik cabai usahakan pakai pupuk yg hidroponik untuk sayuran buah, biasanya banyak dijual online kok.
      Kendala bertanam cabai biasanya cuma masalah hama karena hama cabai banyak sekali. Dan kalau hama tdk segera diatasi, mereka juga merupakan vektor pembawa penyakit. Dan penyakit yg merugikan salah satunya virus gemini atau biasa disebut penyakit kuning karena tanaman yg kena penyakit ini daunnya akan berwarna bintik2 kuning dan keriting. Untuk penanganan hama bisa pakai pestisida nabati/organik ataupun pestisida kimia.

      Hapus
  43. assalamualaikum. sy mau tanya. sy udah mencoba tanam sawi hidroponik. tp ko daunnya tiba2 jd menguning stlh sy pupuk npk. apa krn kurang pencahayaan? krn di rmh sy banyak naungan. apa sawi butuh cahaya penuh? kemudian untuk pupuk ab mix apa djual jg di toko pertanian? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikum salam wr wb,
      Daun menguning biasanya pertanda bahwa tanaman kurang nutrisi. Kekurangan nutrisi bisa karena nutrisi yg dibutuhkan tdk tersedia atau bisa juga karena terjadi busuk akar sehingga akar tdk bisa menyerap nutrisi yg tersedia.
      Untuk sawi perlu pencahayaan full, kalau kurang cahaya tanaman akan kurus.
      Untuk abmix tdk dijual di toko pertanian, biasanya banyak dijual online. Kalau mau beli abmix coba gabung ke grup FB di Pasar Hidroponik
      Kalau mau belajar hidroponik coba gabung ke grup FB di Hidroponiku, Komunitas Belajar Hidroponik, Belajar Bareng hidroponik atau Hidroponikers Bontang

      Hapus
  44. ok pak.. terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum.
    salam kenal pak.. saya Ari Tinggal di Babel..
    sy mau tanya.ni...pak teguh,, saya mau coba meracik nutrisi hidroponik dengan campuran sebagai berikut..
    Untuk 100 Liter air..
    1 Pupuk Urea…………………………………………….1000 gr.
    2 Pupuk KCL …………………………………………… 1000 gr.
    3 Pupuk NPK …………………………………………… 1000 gr.
    4 Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ……………. 50 gr.

    pertanyaanya.. apaka bahan2 itu suda cukup memenuhi unsur2 yg di perlukan oleh Tumbuhan sayuran sawi dan cabe..
    apakah harus ada tambahan Yang lain Lagi..semisalnya apa??
    Semoga bisa di jawab.. maklum baru mau belajar ber Hidroponik..

    satu lagi kalau megunakan Media tanam Berupa serbuk Gergaji + Cocopet. apa mesti di olah dulu apa langsung saja..
    soalnya di tempat saya nggak ada yg jual sekam bakar..
    Terima Kasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam wr wb,
      untuk formula di atas saya pernah baca di internet tetapi belum pernah mempraktekkan. Saya hanya pernah mencoba NPK dan Gandasil dengan takaran NPK 15 gram + Gandasil 10 gram untuk 10 liter air. Hasil lumayan bagus.
      Saya cuma berpikir kalau takaran segitu banyak hanya untuk 100 liter air, apakah tidak terlalu pekat? Makanya saya gak mencoba dan saya belum bisa menjawab hal ini.

      Hapus
    2. Eh iya, untuk media tanam jika kita mau menggunakan serbuk gergaji atau cocopeat sebaiknya dihilangkan taninnya dulu. Caranya dengan direndam minimal semalam, setelah itu dibilas sampai air yang keluar berwarna jernih.

      Hapus
  46. salam kenal buat Pak Teguh,
    Pak apakah pupuk Gandasil bisa digunakan untuk hidroponik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sebagai pupuk alternatif tapi harus dicampur pupuk yang lain.

      Hapus
  47. Selamat malam Pak Teguh, salam kenal

    Pak Teguh untuk pupuk Ferti-Mix apakah bisa digunakan untuk semua tanaman baik taman sayur, buah-buahan dan tanaman hias

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya pupuk hidroponik terbagi 2 yaitu utk sayuran dan utk buah. Tapi kalau cuma sekedar hobi bisa dipakai kok.

      Hapus
  48. Selamat siang Om Teguh..salam kenal.....
    Mohon bantuan pencerahannya ya....Saya tertarik dan sudah mencoba hidroponik, pertama saya coba semaikan bibit sawi bakso dan kangkung....setelah hari ke 10 ....yg msh bertahan hanya kangkung ...sedangkan sawinya tewas , baru keluar 2 daun , langsung letoy alias tiduran....saya coba cek suhu udara +/- 32 C ........apa kepanasan ya .....padahal sinar matahari tdk langsung [ada atap polycarbonat] ..hehehe maaf baru kenal langsung nanya macem2 ...terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang pak, maaf klo boleh tau, sistem hidroponik yg dipakai sistem apa dan penanaman melalui penyemaian baru dipindah tanam atau langsung mulai dari semai sampai pembesaran di tempat yg sama?

      Hapus
  49. Kalau saya pakai cara yang lebih mudah dari youtube: http://m.youtube.com/watch?v=8MYCXVY6s-w

    BalasHapus
  50. Siang Pak.. Boleh nanya ya... saya kesulitan dapatkan nutrien hidroponik di pasaran, padahal saya mau banget bukin tanaman sayur di rumah. Apakah pupuk cair organik bisa dijadikan nutrien hidroponik pak? mohon penjelasannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang, saya pernah mencoba berhidroponik dengan POC ternyata hasilnya kurang maksimal karena fungsi POC hanya untuk menambah/melengkapi kekurangan unsur hara yang ada di media tanam. Nah kalau pupuk hidroponik betul2 menyediakan semua kebutuhan unsur hara bagi tanaman.
      Nutrisi hidroponik memang tidak dijual bebas, tapi secara online. Coba saja hubungi om Lucas di 089608692431. Dia jual paling murah diantara penjual yang lain.

      Hapus
    2. pak kalau AB mix untuk sayuran daun di pake untuk buah apa ada pengaruhnya? mohon penjelasannya, terima kasih

      Hapus
    3. Pengaruhnya buahnya kurang lebat tapi tanaman rimbun daunnya

      Hapus
  51. Bner mas teguh saya pernah coba dengan komposisi 1000gr npk urea kcl tsp dan 50 gram gandasil untuk 200 lt kepekatannya mencapai 2450 ppm. Dan untuk sawi yang janya 900 ratusan ppm maka sawi akan macet dan mati karena jaringan akar pecah.

    BalasHapus
  52. Asslkm... mas, kalo sya melihat artikel dari toko ferti-mix. kok untuk meramu larutan nutrisi cukup memerlukan tempat yang besar ya dengan wadah kapasitas 1000 liter. itu pastinya harus ada biaya beli tedmond lagi. gimana untuk cara yang simple dan murah mas. terima kasih...

    BalasHapus
  53. Untuk hidroponik sistem wick skedar hobi, gmna cara merawatnya mas ? Juga apakah perlu kena sinar matahari secara langsung stiap hari ? Maaf mas pemula

    BalasHapus
  54. Bisa share ga pa, jenis nutrisi/merek ab mix sesuai fase tumbuh?, Saya coba ada sedikit perbedaan ketika memasuki fase generatif, lebih bagus fase vegetatifnya dengan nutrisi merek yang sama. Kalo boleh saya minta sharing jenis/merk nutrisi sesuai dengan fase pertumbuhannya

    BalasHapus