Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Sabtu, 12 Januari 2013

Berkebun sayuran di pekarangan (8) : Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran/buah yang tidak bisa lepas dari kehidupan saya sehari – hari, karena hampir setiap jenis masakan yang dimasak di rumah pasti ada unsur tomatnya.
Sebagaimana kita ketahui bahwa tomat berkhasiat banyak sekali, selain kaya akan vitamin terutama vitamin C, tomat juga kaya antioksidan yang berfungsi bisa menangkal/memperkecil resiko terkena penyakit kanker.
Selama ini untuk pemenuhan kebutuhan tomat ini, istri saya selalu membeli ke penjual sayuran keliling. Untuk sayuran yang lain (cabai, sawi, bayam, pakchoy, kenikir dll) bisa terpenuhi. Istri saya bilang, ‘’pak, coba tanam tomat biar kita juga bisa dapat tomat segar yang bebas pertisida”. Akhirnya saya berpikir juga, kenapa saya nggak tanam tomat, toh penanamannya juga nggak beda jauh dengan sayuran yang lain.
Berawal dari pemikiran tersebut, maka saat ke toko pertanian terdekat saya sempatkan beli bibit tomat eceran. Namanya juga bibit eceran, sehingga saya tidak tahu ini jenis tomat apa. Prinsip saya yang penting tanam dulu. Dan hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan seperti gambar di bawah.
saat awal tanam
masa pertumbuhan



 
            mulai berbunga                                                                    mulai muncul pentil buah

                

















Buah tomat mulai membesar nggak tau berapa lama lagi akan merah

 Memang tomat yang saya tanam belum bisa dipetik, tapi melihat perkembangan yang ada mudah – mudahan dalam waktu dekat sudah bisa kami nikmati.

20 komentar:

  1. pak saya juga menanam tomat,tapi... semua bunga yang jadi pada rontok haduhh sedih deh..cuma bisa pasrah ga tau harus bagai mana
    ( ivo susilawati )

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena curah hujan yang terlalu tinggi mbak Ivo. Tomat saya alhamdulillah tidak ada yang rontok mbak, bahkan buahnya cukup banyak, bisa sampai 20 butir. Perawatan cuma saya semprot pakai MOL dari ikan rutin 3-4 hari sekali.

      Hapus
    2. Assalamu'alaykum pak Teguh. Salam kenal.
      MOL-nya itu disemprotkan langsung ke tanaman (kena batang dan daun), atau ke media tanamnya? Saya bikin MOL tape, tapi belum saya pakai karena tanaman saya masih tahap semai.

      Hapus
    3. MOLnya bisa disemprot ke daun ataupun batang yang penting takarannya tepat (1 : 15 s/d 1 : 20). Tapi kalau untuk MOL tape saya sarankan siramkan ke media tanamnya saja.

      Hapus
  2. benar sekali pak teguh, curah hujan di sini sedang tinggi tingginya,mungkin kalau cuaca sdh kembali normal,saya akan mencoba menanam tomat cerry, saya sdh coba membuat pupuk mol,dan sdh di aplikasikan ke tanaman, woww tanaman saya jd terlihat cuantiiik tenan,
    o ya pak kl pupuk mol itu kadaluarsanya berapa minggu dari tanggal pemakaian pertama.mohon infonya ya pak, terima kasih
    ( ivo susilawati )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..saya sebenarnya juga ingin tanam tomat cherry mbak, tapi untuk saat ini belum dapat benihnya. Mudah2an dalam waktu dekat saya juga bisa tanam tomat cherry, karena saat ini saya baru mau bongkar halaman belakang rumah saya untuk saya bikin semacam greenhouse kecil2an.
      Untuk MOL bisa bertahan sampai 6 bulan mbak.

      Hapus
  3. saya sudah menanam tomat cherry, om...sekarang lagi berbuah dan sedang mulai merah...seneng lihatnya....

    tapi tomat jenis costoluto saya kok, pucuknya tumbuh kerdil dan gak berapa lama kemudian kok jadi coklat dan mengering ya om....stress liatnya...

    kira-kira kenapa ya itu om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tau mbak soalnya saya tanam tomat juga baru kali ini dan itupun belum pernah dapat kendala yang berarti. Selama ini saya lebih sering tanam sayur2an dan cabai. Mungkin bisa tanya ama mbah google mbak, kalau dapat solusinya tolong dishare juga ya..

      Hapus
    2. hahahahahaha oki doki om teguh, solusi saya saat ini cuma dipangkas aja om...

      bahkan ada yang sampe hampir gundul....hiks :(

      nanem cabe jenis apa aja, Om Teguh?

      Hapus
    3. nanam cabai rawit hijau, rawit putih sama beberapa jenis habanero mbak. Coba semai bhut jolokia gak ada yg tumbuh

      Hapus
  4. mas teguh... untuk MOL nasi dan MOL tape baiknya di semprotkan ke tanah atau ke daun..?? dan POC apa yg paling cocok di semprotkan ke daun..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk MOL tape/nasi sebaiknya disiramkan ke media tanam. Untuk yg disemprot ke daun saya biasanya pakai MOL yg berbahan ikan laut kaerna nutrisinya lebih lengkap.

      Hapus
  5. Pak, mohon dibantu. Tolong ajari saya cara menanam tomat cherry Pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk tomat cherry saya belum pernah tanam mbak. Coba saja mbak Intan masuk ke grup FB di Komunitas Belajar Hidroponik di situ membernya banyak dan ada mbak Eva Lam yang biasa tanam tomat cherry

      Hapus
  6. pak Teguh, pohon tomat saya saat ini sudah mulai berbuah, hanya kenapa daunnya menguning/mencoklat ya? saya lihat pohon tomat bapak daunnya tetap hijau walaupun sedang berbuah. mohon pencerahannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg kuning/coklat adalah daun bagian bawah itu biasa, sebaiknya dipotong saja. Tapi kalau kuning/coklat diseluruh daun berarti kena penyakit, biasanya karat daun. Sebelum merambat ke yang lain sebaiknya dimatikan saja.

      Hapus
  7. berkebun memang sangat menyenangkan ya mas .

    BalasHapus
  8. berkebun sayuran tomat dapat Anda ikuti pedoman berikut ini >> http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/10/ceritaku-berkebun-tomat-rampai-tanpa.html

    BalasHapus
  9. Tambah semangat nanamnya nih...senang membaca bahasan di blog pak teguh...

    BalasHapus
  10. wah menarik sekali pak pekarangan tomatnya

    BalasHapus