Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Rabu, 07 November 2012

Berkebun sayuran di pekarangan (5) : Pak Coy

Setelah menanam beberapa sayuran saya memasuki masa panen, saya mencoba menanam pak coy. Berhubung tanaman ini masih sejenis dengan sawi maka cara pengolahan media dan perlakuan terhadap tanamanpun juga sama dengan saat menanam sawi. Untuk menjaga supaya saya nggak sempat kehabisan stok sayuran, maka saya membibitkan pak coy ini ketika saya melakukan pindah tanam terhadap bibit sawi dengan harapan ketika sawi sudah mulai membesar bibit pak coy sudah siap pindah tanam. Dan ketika sawi siap dipanen, tanaman pak coy sudah mulai membesar. Selain sawi dan pak coy saya juga tetap menanam bayam. Sehingga dengan perlakuan seperti ini, stok sayuran tetap terus terjaga dan penghematan belanja sayuran tetap terus berjalan. Biarpun penghematan belanja sayuran tidak terlalu signifikan akan tetapi sudah cukup lumayan. Dan yang lebih penting lagi, saya bisa mendapatkan sayuran segar dan higienis.

               Gambar pak coy 2 hari setelah pindah tanam           Pak coy berdampingan dengan tosakan



                  Pakcoy 9 hari setelah tanam                                       Pak coy 17 HST                             



Gambar dari dekat (17 HST)

                                                 

24 komentar:

  1. nutrisix kalo boleh tau pake apa om? dibontang nggak jual nutrisi ab.saya sih nyoba pake mol,tapi kok kerdil yah.daunnya nggak selebar kalo kita nanem ditanah.kalo boleh bagi resep nutrisix..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg pak coy saya tanamnya pake sistem organik, jadi pupuknya ya pupuk kandang atau kompos kemudian nyiramnya pakai mol sesekali. Nah kalo yg sistem hidroponik sy sebetulnya juga tanam pak coy, adapun nutrisinya saya pakai NPK mutiara 15 gram + gandasil D 10 gram soalnya pesen nutrisi ABnya lumayan mahal (90 rb termasuk ongkir). Untuk saat ini hasilnya lumayan bagus. Mungkin bisa dicoba bu..

      Hapus
    2. pak @teguh : utk pakcoy dan kankung.. pemberian pupuk dan MOL setelah umur brp y??? kemudian NPK mutiara dan gandasil itu utk komposisi 1 liter air atau gmn?? terimakasih sblmny

      Hapus
    3. untuk pakcoy dan kangkung biasanya saya beri MOL setelah umur seminggu. Nah kalau NPK sama gandasil D itu untuk hidroponik tapi sebetulnya cara ini juga kurang pas karena unsur mikronya belum tercukupi. Hal ini saya lakukan karena beberapa waktu yang lalu cukup susah mencari nutrisi khusus untuk hidroponiknya.

      Hapus
  2. kenapa saaya selalu gagal menyemai benih selada ,kailan yah.kalo cabe + tomat udah bisa hidup.
    cara saya menyemai benih selada:benih saya tabur pada metan arang sekam+kompos:1:1.setelah tumbuh kira2 3 hari keluar dua daun,benih saya taruh ditempat yg kena sinar matahari pagi saja.penyiraman dgn sprayer cuma air biasa.tidak sampai 1 minggu benih yg sudah panjang batang kecambahx layu.trus mati.percobaan sudah saya lakukan 2x,tetap hasilx sama.adakah cara jitu menyemai benih selada dll supaya tidak cepat layu setelah berkecambah.barangkali boleh dibagi cara sampean menyemai benihx.trims banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak baru bisa balas, untuk penyemaian selada atau sawi maupun pak coy saya biasa menggunakan media tanah + pupuk kandang + sekam mentah. Media biasa saya beli di UD Tani Bontang kemudian saya tambahin pupuk kandang. Perlakuannya juga sederhana saja, benih saya tabur merata pada media tanam. Kemudian saya taruh ditempat yang tetap terkena matahari tapi tidak terlalu panas dan saya sirami rutin. Setelah dua minggu biasanya bibit sudah berdaun 4-5 helai kemudian saya pindah tanam ke pot. Untuk menghindari penguapan yg berlebihan selama 2 hari setelah tanam, bibit biasa saya beri naungan pada siang hari (kalo siang di Bontang panasnya ampun2an. Biasanya saya tutupin pakai pot plastik/ember yg tdk terpakai. Pada hari ke 3 bibit sudah kuat kena sinar matahari langsung dan perawatan selanjutnya tinggal penyiraman dan pemupukan.

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, tulisan di blog bapak sangat bermanfaat. Izin share dan langganan ke blog Bapak Teguh. :)

    BalasHapus
  4. wa 'alaikumussalaam warahmatullahi wabarakkatuh, alhamdulillah kalau bermanfaat dan jika mau share monggo silahkan...

    BalasHapus
  5. Saya sudah membaca semua posting anda, luar biasa, semoga menjadi amal kebaikan, terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien..dan terimakasih sudah mampir ke blog saya

      Hapus
  6. saya udah mencoba.tapi tumbuh juga engga.gimana ya langkah langkahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah2nya sama seperti di artikel menanam sawi. Kalau benih tidak tumbuh kemungkinan benih sudah kadaluarsa. Karena kalau benihnya masih bagus, meskipun media tanamnya kurang subur benih tetap akan tumbuh tetapi perkembangannya yang tidak bagus.

      Hapus
  7. Assalamualaikum Pak Teguh Saya tertarik untuk mencoba budi daya Pakcoy dimana saya bisa memperoleh bibit Pakcoy sebab diKota saya belum ada yang jual bibit tersebut kalo berkenan mohon bapak bisa mengirimkan untuk saya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maaf pak, kebetulan stok bibit pakcoy saya juga sudah habis. Kalau sampeyan mau bisa coba beli via online, banyak kok pak yg jualan via online. Cari aja lewat google ketik "jual benih sayuran"

      Hapus
  8. sore pak teguh,mau sharing soal hidroponiklebih jauh nih pak.
    untuk nutrisi apa harus NPK mutiara??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya untuk nutrisi ada nutrisi khusus untuk hidroponik mas, namanya ABmix yaitu nutrisi A mengandung unsur hara makro dan nutrisi B mengandung unsur hara mikro.

      Sedangkan NPK mutiara hanya sekedar alternatif ketika susah cari abmix. Adapun hasilnya juga tidak sebagus abmix.

      Hapus
  9. Nutrisi buat kwont0l biar ngaceng terus apa pak teguh...
    Salam super

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya bukan ahli dalam hal ini

      Hapus
  10. Assalam.. slmt pagi pak teguh.. sy mohon diajari cara mencampur NPK dgn Gandasil D sbg ganti nutrisi hidroponik pak.. soalnya di daerah sy agak susah cari nutrisi hidroponik pak.. sblmnya terima kasih banyak pak teguh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam
      Ambil aja 1 sdk makan penuh NPK dan 1/3 sdk Gandasil campur dengan 10 liter air. Tapi itu cuma pupuk alternatif lho ya...
      Untuk nutrisi hidroponik memang tdk dijual di toko2 pertanian, tapi mas Eko bisa beli online. Insya Allah aman.

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum
    Pak Teguh saat ini saya sedang iseng-iseng tanam sayuran di pot, pertumbuhannya lumayan bagus yang dimunkinkan karena bibitnya bagus. yang mulai saya tanam Cabe rawit, selada dan pakcoy.
    Benih sayuran saya dapatkan dari beli online di www.benih.galeripos.com, cukup beragam jenis sayurannya, demikian sekedar share alamat online benih tanaman mana tau diperlukan terima kasih.

    BalasHapus
  12. Assalamu alaikum
    saya tinggal di samarinda, 8 hari yg lalu nyemai terong ungu di polibag, bibit beli di toko tani khusus, metan tanah dan sekam biasa 1:1 tanpa pupuk, saya naungi dg triplek tapi sirkulasi udara ok, siram rutin sore.
    Masalahx sampe skrang sijabang bayi belum nongol nongol, mohon sarannya pak.

    BalasHapus
  13. Oh ya, kalo boleh mohon no hpx pak

    BalasHapus