Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Rabu, 05 Maret 2014

Menanam cabai dengan hidroponik system sumbu

Menanam cabai rawit sesuatu yang mengasyikkan bagi saya. Selain buah cabai menjadi kebutuhan harian saya, sosok atau tampilan pohon cabai ketika buahnya mulai semburat merah cukup membuat saya nggak bosan untuk melihatnya.
Kalau yang lalu saya pernah posting bertanam cabai system organic, maka saat ini saya meu posting bertanam cabai system hidroponik wick/sumbu. Kalau ditanya hasilnya antara hidroponik dan organic seperti apa? Jawaban saya ya sama saja. Karena selama kebutuhan hara tercukupi, pastinya tanaman apapun akan menghasilkan buah yang optimal. Tapi kalau ditanya enak bertanam system apa? Saya jawab paling enak bertanam system hidroponik. Enggak repot nyiram.
Nah..sekarang bagaimana sih cara bertanamnya? Di bawah ini saya akan tampilkan skemanya dulu. Skema ini saya copy dari internet (punya om Adri Aji) dan mungkin andapun pernah melihatnya. Tapi kalau belum pernah melihatnya, ya sekaranglah saatnya. 






Biarpun saya tampilkan skemanya seperti di atas, pada prakteknya saya tidak menggunakan ember ataupun gabus/sterefoam sebagaimana yang ada pada skema tersebut. Kenapa? Jawabnya adalah “Ngirit”. Kebetulan saja di rumah ada kaleng plastic bekas cat tembok dan pot yang ukuran diameternya hampir sama. Jadi daripada harus beli ember dan sterefoam, mending memanfaatkan barang yang ada saja. Dan jadinya seperti gambar di bawah

Penampakan cabai pada awal awal tanm dan penampakan akarnya


Cabai ketika berbuah dan ketika buah mulai memerah

Nah...dengan melihat gambar di atas, kita bisa tau bahwa ternyata dengan sedikit kreatifitas kita bisa bercocok tanam hidroponik dengan sedikit modal. Kalau masalah penampakan memang kurang begitu cantik untuk potnya. Tapi kalau mau keluar sedikit uang untuk beli cat, saya yakin si ember plastik bekas cat juga bisa cantik kok.

Eh..iya..mungkin ada yang nanya di awal tanam metannya hitam - hitam, tapi kok ketika besar ada pecahan cor-coran semen? Yang hitam itu adalah arang sekam, ternyata setelah besar kurang kuat menahan pohon cabai yang udah besar. Lirak - lirik sekeliling kok ada pecahan cor semen, ya udah saya ambil aja. Ternyata dengan saya tambahin pecahan cor semen tersebut cabainya bisa berdiri tegak. Akhirnya pecahan cor semen tersebut saya taruh di situ sampai sekarang.





203 komentar:

  1. mas saya baru tau dan tertarik untuk mencoba cara tanam hydroponic, kalau disamarinda untuk membeli bibit, pupuk dan nutrisi ditoko mana ya....????

    M. Hendy SP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk beli bibit bisa di toko gunung kongbeng deket pelaabuhan. Tapi klo utk nutrisi harus online

      Hapus
    2. Coba pake nutrisi pupuk mutiara mas. Banyak dipake petani kok dan kandungan nutrisinya lengkap.

      Hapus
    3. tidak meggunakan ab mix ya?

      Hapus
  2. Wah bgs sekali info pak teguh kbtln sya nanem cabe, tp selalu gagal.. Sering keriting pada bagian daun paling atasnya... Mungkin krn kena,virus gemini. Krn hama saya liat tidak ada. Smgo nnti berhasil ky pnya pa teguh.. Bantu jawab y pa teguh mhn maap kl lancang kl mau beli nutrisi ab mix online ja. Krn d kaltim kynya blom ada agennya.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo keriting bagin pucuknya biasanya terserang thrips. Klo blm parah dipotong aja pucuknya.
      Iya betul..di kaltim blm ada yg jual.

      Hapus
  3. Wah pak Teguh bener2 kreatif. Bisa di coba nih itung2 memanfaatkan sisa pupuk nutrisi.o iya krn d daerah saya susah mencari media arang sekam sm cocopeat gmn kl d ganti sm sekam mentah dan pupuk kompos campuran cocopeat.mungkin bs ya pak?
    saya menanam tomat media sekam mentah tanah sm kompos tp kok tnmnnya daunnya kriput,trus media itu apa masih bs subur klbd ksh pupuk mol mksh.(isti)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai sekam mentah dan kompos juga bisa mbak.
      Kalau mengenai tomat yang keriput, boleh jadi bukan karena medianya tetapi karena hama. Kalau keriput sudah terjadi sejak awal tanam mungkin karena media, tetapi kalau pertama pertumbuhan bagus tetapi trus mulai keriting di pucuk2nya berarti tanaman kena hama/penyakit.
      Mol selain mengandung unsur hara, tetapi isinya sebagian besar adalah bakteri baik yang berfungsi memaksimlkan akar tanaman dalam menyerap hara. Jadi bisa dicoba media yang ada disiram aja pakai MOL.

      Hapus
    2. Sip pak Teguh.sy mulai semangat lagi menggunakan sistem hidroponiknya krn saya baru mencoba lagi menanam pakcoi sdh tumbuh subur media kompos yg ada cocopeatnya.
      Pak ny lagi ya kalo selain pupuk abmix yg buah bs ga d kasih pupuk lain kalo udah waktynya berbunga?
      Pak sy jg boleh di kirimi daftar ppm untuk tanaman tomat dan cabe.jika tidak merepotkan pak Teguh di email saya istianahusniyah@gmail.com

      Hapus
    3. Bisa mbak, cari aja pupuk dengan kandungan P yg tinggi

      Hapus
  4. halo pak teguh,sy kagum sekali bapak byk idenya ..sy mau tanya apakah media sekam bakar dicampur cocopeat juga? trus apakah air nutrisi nya sama dgn air nutrisi tanaman sayuran? trima kasih atas jawabannya.semoga sehat selalu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, medianya arang sekam campur cocopeat. Hal ini saya lakukan karena arang sekam bersifat poreus tetapi kurang kuat menyimpan air dan cocopeat sangat kuat menyimpan air. Jadi dengan campuran cocopeat dan arang sekam saya berharap media tidak terlalu basah dan tetap gembur sehingga perakaran akan tumbuh sehat.
      Adapun untuk air nutrisi di awal2 pertumbuhan saya gunakan nutrisi sayuran daun, tapi setelah berbunga saya ganti nutrisi sayuran buah.

      Hapus
    2. oh yah pak,ada lagi yg mau sy tanyakan lagi beli dimana nutrisi sayuran buah?apa diracik sendiri dan brp takarannya perliter.sy sedang memesan ab mix.mungkin minggu ini sampai pupuknya.oh yah pak soal media potnya,apakah yg terendam air nutrisi cuma kain flanelnya saja atau media sekamnya juga.kira2 brp cm media sekam yg terendam air nutrisi.maaf pak sy byk tanya.sy seorang pemula.trima kasih atas jawabannya pak.

      Hapus
    3. pak minta daftar ppm untuk sayuran hidroponik dong.kirim ke email sy= Tommi_marvin@yahoo.com.trima kasih byk pak

      Hapus
    4. Untuk nutrisi saya masih beli via online. Mau bikin sendiri ternyata untuk beli bahan2nya juga sama aja berat di ongkos kirim.
      Untuk media, yang terendam cuma kain flanelnya aja. Dari kain flanel itu air ke terserap ke dalam media arang sekam dan cocopeat.

      Hapus
    5. supaya lebih kenal,sy mau kasih tahu nama sy tommi dr kalimantan barat.lokasi sy di sosok pak teguh.yg sy mau tanya apa nama nutrisi buahnya dan beli online dimana pak alamatnya.apa beli di ferti-mix juga.cara menakar campuran nutrisi sayuran buah gmn pak teguh.apa sama dgn cara mencampur seperti ab-mix.maaf sy merepotkan bpk.tq byk pak mau terus bls pertanyaan sy.

      Hapus
    6. Untuk nutrisi sayuran buahnya juga beli di ferti-mix. Namanya juga sama abmix tapi cuma beda peruntukannya. Kita cukup pesan misalkan abmix utk buah, nanti pihak penjual udah paham. Takarannya juga sama

      Hapus
    7. ohh sy sdh ngerti skr ,nanti sy praktekkan.trima kasih byk atas jawabannya pak Teguh.

      Hapus
  5. Mantab pak.... Saya jg lg coba cabe sistem wick sudah 1bln. Nutrisi cm saya kasi abmix buat sayuran dgn takaran msh 5ml/liter krn pohonnya masih kecil. Yg mau sy tanyakan apakah nutrisi tsb cukup pak? Lalu kalau sudah berbunga apa perlu ditambah/disemprot pupuk gandasil b? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk nutrisi abmix dengan takaran 5ml/liter jatuhnya di kisaran 600-700ppm. Kalau untuk pertumbuhan awal cukup. Tapi kalau sudah usia 1 bulan keatas sebaiknya dinaikkan dosisnya misalnya 7.5ml/liter. Dan nanti setelah berbunga dinaikkan lagi menjadi 10ml/liter. Kalau tdk punya nutrisi sayuran buah, sebaiknya ketika masa pembungaan dan pembesaran buah dibantu dengan pupuk yg kandungan Pnya tinggi misalnya gandasil B atau growmore merah

      Hapus
  6. nanya pak teguh,itu cairan nutrisinya stlh beberapa waktu akan mengendap,gmn triknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya nanam sayuran jangka pendek, biasanya saya cuma bersih kan pipa ketika habis panen.

      Hapus
  7. Pak teguh, untuk pemeliharaan tanaman cabe nya setelah di pindah ke netpot apakah harus disiram secara rutin seperti pada masa semai? masa tanam cabe nya mulai dari di semai sampai berbuah butuh waktu berapa lama? terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyiraman tetap harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kelembaban media. Untuk masa semai sampai berbuah biasanya perlu waktu 2,5 - 3 bulan

      Hapus
  8. Saya Fajar dari Blora pak Teguh. Baru belajar hidroponik nih. Penggantian pupuk dari sayuran daun ke sayuran buah saat umur berapa pak Teguh? Apakah diganti seluruhnya atau cukup ditambahkan cairan pupuk sayuran buah? Kira2 bisa diterapkan untuk skala besar nggak ya, maksudnya biaya yang kita keluarkan apakah sebanding dengan hasilnya/tanaman? Terus apakah ada cara untuk mencegah daun keriting pada cabe? ( Saya menanam cabe dalam pot dan seringkali daun jadi keriting setelah tanaman agak besar). Berdasarkan pengalaman pak teguh perawatan untuk masalah hama cabe apa saja? Maaf banyak tanya ya pak,hehehe... Terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya bertanam sekedar hobi, jadi pemupukan cuma saya sesuaikan dengan ketersediaan pupuk yang ada. Kalau untuk hama cabe saya biasa menggunakan sunlight dicampur gerusan bawang putih.
      Nah kalau njenengan mau coba skala produksi, coba buka di sini http://imamwibawa.blogspot.com/2013/02/hidroponik-fertigasi.html

      Hapus
  9. Mau tanya pak Teguh, setelah berbunga diberi nutrisi buah dg takaran berapa ml/lt air? Apakah ppm nutrisi buah sama dg nutrisi daun kl 5ml/lt air sekitar 600-700ppm? Dan boleh saya minta di email daftar kebutuhan nutrisi untuk tanaman, kl boleh bs di email ke wonder.mommy@yahoo.com
    Trimakasih sebelumnya pak Teguh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cabai diberi nutrisi sampai 1500 ppm bu. Takaran standar ppm 5:5:1 umumnya sama sekitar 600-700 ppm.
      Saya coba kirim tabelnya via email bu.

      Hapus
    2. Makasih pak Teguh atas penjelasannya..
      -wonder.mommy@yahoo.com-

      Hapus
  10. Makasih banyak pak Teguh atas penjelasannya.. Sangat membantu saya yg pemula di hidroponik...

    BalasHapus
  11. Pak minta daftar ppm untuk sayuran hidroponik dong.kirim ke email sy= feby.farrya@telkomsel.blackberry.com
    Trus bisa minta alamat website yg jual nutrisinya...terimakasih sblmnya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tabel saya usahakan kirim mbak. Alamat penjual nutrisi coba buka di www.ferti-mix.com

      Hapus
  12. saya mau tanya pak, kalo mau mulai belajar hidroponik yang di butuhkan alat tes ph atau tds?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk awal2 sebetulnya tanpa 2 alat tsb juga bisa yg penting kita sudah tau standard kepekatan nutrisinya. Tetapi kalau mau beli alat ukurnya mending beli tdsmeter dulu.

      Hapus
  13. wah mantap, bisa di coba nih. bapak lokasi di bontang ya? boleh dong kapan-kapan lihat penampakan hidroponiknya?

    terimakasih infonya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya di Bontang. Tepatnya di RT. 33 Kelurahan Api2

      Hapus
  14. Pak minta daftar ppm untuk sayuran, buah dan cabai hidroponik juga donk. kirim ke email opirafi@yahoo.com terimakasih
    salam sayur, n go green

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabel saya usahakan kirim. Silahkan cek email

      Hapus
  15. cari bibit tanaman buah kayak tomat, paprika, dll dimana ya pak?, dan kalo bisa mnta daftar ppm dan kirim k nexus_red@hotmail.com.
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk benih2 dimaksud bisa beli online di beberapa website. Coba cari di google. Untuk tabel ppm silahkan cek email.

      Hapus
  16. Om..mau tanya..

    Bisa gak buah melon di hidroponik nft??
    Dan hidup gak strawberry di hidroponik nft dan lokasinya di dataran rendah??
    Mohon di bantu ya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa om. Tapi kalau untuk strawbery kalau ditanam di dataran rendah agak sulit berbuah dan kalaupun berbuah, buahnya kecil2

      Hapus
  17. Mau nanya Pak.....dari penampakan cabe Pak Teguh gak ada sirkulasi udara?gak apa2 ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari pengalaman saya ga apa2 sih...
      Lomboknya juga subur2 aja kok

      Hapus
  18. Om Teguh,mnta daftar ppm donk dan kirim ke jeniv4e@yahoo.co.id
    salam GoGreen
    by kadir

    BalasHapus
  19. kreatif pak..
    mau tanya jumlah nutrisi yg dibutuhkan satu tanaman berapa liter pak dari awal sampai berbuah merah?
    kira2 kalau nutrisinya pakai pupuk organik bisa ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jumlah nutrisi yg dibutuhkan, saya malah ga sempat ngitung om, soalnya saya cuma lihat aja kalo nutrisi berkurang ya saya tambahin. Biasanya saya tambahin seminggu sekali atau kadang sepuuh hari baru ditambah. Sekali nambah sekitar 1 liter

      Hapus
  20. Gan Teguh yg kreatif, salut sama bacaan di blog ini.
    Bermanfaat dan serba hemat, dua jempol buat agan.
    Klo ndak repot mohon ane dikirimkan tabel ppm ke usman.yap@gmail.com
    Teng kiu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung saya kirim om...cek email

      Hapus
  21. Pak kalau semua larutan nutrisinya diganti dengan larutan MOL bisa tidak pak? kira2 kalo larutan MOL tersebut diterapkan ke cabai rawit, pertumbuhannya bisa optimal tidak? oya bisa minta daftar ppm nutrisi untuk cabai rawit hidroponik? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong alamat emailnya mbak

      Hapus
    2. Kalau berhidroponik pakai MOL tidak efektif mbak. Kadang air bau busuk

      Hapus
  22. Salam Kenal, Pak Tegush kalau nggak keberatan sy minta daftar ppm untuk sayuran, buah dan cabai hidroponik donk. kirim ke email nadif06@gmail.com terimakasih, n go green

    BalasHapus
  23. Pak minta daftar ppm untuk sayuran, buah dan cabai hidroponik juga donk. kirim ke email and78_tuti08@yahoo.com terimakasih
    salam sayur, n go green

    BalasHapus
    Balasan
    1. File sudah saya kirm. Cek email..

      Hapus
  24. mas teguh saya mau tanya tanya untuk masa berbunga berbuah kan mas teguh pake ab mixnya di posisi 10 ml,itu maksudnya yang di 10 ml pupuk A nya atau B nya? atau kedua - duanya? ( A 10 ml dan B 10 ml / seimbang) salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua2nya, baik A maupun B saya kasih 10ml

      Hapus
  25. mas teguh saya mau tanya untuk hidroponik cabai seperti di atas untuk masa berbunga berbuah kan mas teguh pake ab mixnya di posisi 10 ml,itu maksudnya yang di 10 ml pupuk A nya atau B nya? atau kedua - duanya? ( A 10 ml dan B 10 ml / seimbang) salam

    BalasHapus
  26. permisi Pak teguh minta daftar ppm untuk sayuran, buah dan cabai hidroponik. terima kasih pak. email : awanramadhani@yahoo.com

    BalasHapus
  27. Bismillah salam kenal pak saya di bengkulu.di tempat kami kayaknya belum terlihat yg menekuni sistem hidroponik.saya pengen coba.oy mohon kirim daftar ppm nya pak ke email saya iniirul13@yahoo.com .trima kasih sebelumnya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya secepatnya kirim insya Allah....silajkan cek di email

      Hapus
  28. Pak saya ingin belajar hidroponik. Maaf awam sekali.. ppm itu apa ya.. ngitungnya gmn? Terima ksh sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam hidroponik, ppm itu adalah satuan untuk menghitung berapa kandungan partikel terlarut dalam air. Untuk mengetahuinya biasanya menggunakan alat yang namanya TDSmeter. Tetapi jika kita mau berhidroponik tetapi tidak punya alatnya, kita tetap bisa berhidroponik kok karena paket nutrisi yang dijual biasanya sudah mencantumkan ukuran ppm untuk takaran 5ml A + 5 ml B + 1 liter air. Biasanya di ukuran EC = 1.2 atau kalau diubah ke ppm sekitar 1.2 x 500 ppm.

      Hapus
  29. Saya Bagus dr mataram mau tnya pembibitan untuk tanaman hidroponik, apa saja medianya yg bs kita gunakan trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk media pembibitan kita bisa memakai berbagai macam media tanam, di antaranya adalah cocopeat, arang sekam, pasir, rockwool, tissue dll. Tapi dari pengalaman saya pribadi, untuk pembibitan sayuran yg langsung dipindah tanam bersama medianya paling bagus adalah rockwool. Tapi kalau untuk pembibitan dan pindah tanamnya harus dicabut dari media, paling bagus arang sekam dicampur cocopeat karena arang sekam bersifat gembur dan steril sedangkan cocopeat selain gembur juga kuat menyimpan air.

      Hapus
  30. Salam go green
    Pak teguh,minta daftar ppmnya boleh?email jersey.r59@gmail.com
    Trima kasih

    BalasHapus
  31. Pak teguh..sy tertarik untuk menanam cabe. Boleh minta daftar ppmnya? Dan bgmn cara penggunaan tds mter? Apa sama dengan ph air? apa saja yg hrus disiapkan untk pemula. Email sy. nurardian.syah@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek lampiran di email

      Hapus
    2. Pagi mas
      bisa minta cc emailnya ke fachrezi@yahoo.com

      terima kasih

      Hapus
  32. Om teguh..sy jg minta om daftar ppmnya..mata_ku@yahoo.com
    Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek lampiran di email

      Hapus
  33. Salam kenal Pak Teguh saya jadi tertarik nih menanam dengan cara Hidroponik minta PPmnya Pak ini Emailku Suratno.Bendoel@gmail.com Tnk sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek lampiran di email

      Hapus
  34. kalau pakai larutan MOL bagusnya pakai teknik penanaman apa ya Pak? untuk tanam cabai rawit.. oya daftar ppm nutrisi nya bisa dikirim ke lulunurlaila1@gmail.com . terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya kalau pakai larutan MOL untuk menanam cabe rawit secara vertikultur bagus tidak pak?

      Hapus
    2. Untuk tabel ppm silahkan cek lampiran di email mbak. Kalau pakai MOL bagusnya untuk pertanian sistem organik karena MOL isinya selain pupuk juga berisi bakteri yang berfungsi memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh akar

      Hapus
  35. met sore om Teguh.. sy kalo nanam cabe/paprika kok daunya seringnya terserang aphid/thrip ya om kira2 basminya pake apa ya om sukur2 kalo ada pestisida yg organik/aman trm ksh sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bertanam cabe memang sangat repot kalau sudah berhubungan dengan hama. Untuk aphid ataupun thrip bisa dibasmi dengan larutan bawang putih, tembakau dan sabun cair. Caranya gerus 3-5 siung bawang putih, kemudian masukkan ke botol 600 ml. Masukkan juga 3-4 batang rokok kretek (tanpa filter). Kalau ada kasih irisan lengkuas.Tuangkan air ke dalam botol sampai penuh. Tutup rapat dan diamkan sampai minimal semalam.
      Aturan pemakaian, ambil 5-10ml larutan pekat, tambahkan air 1 liter dan 1 sendok sabun cair (sunlight/mamalemon). Semprotkan ke daun bagian bawah (yang terserang hama). Ulang 2 hari sekali selama seminggu atau sampai hama habis.

      Hapus
  36. terima kasih om Teguh ilmunya.... akan sy coba semoga bermanfaat....

    BalasHapus
  37. mantap bang... setelah baca2 blog abang ini, saya pengen nyoba... tp saya blm tanya apakah ada nutrisi utk hidroponik di kota saya (medan)... ntar keliling dulu sekitaran kota. kalo tak ada pakai alternatif lain bisa kyaknya ya bang... seperti penggunaan pupuk npk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om Tom, nutrisi abmix tdk dijual bebas. Untuk di Medan coba hubungi om Deli Hidro via FB

      Hapus
  38. ok mas, makasih atas infonya... ntar saya hubungi beliau....

    BalasHapus
  39. Pak bisa mnta daftar ppm tanaman sayuran buah sicakahmuha@gmail.com

    BalasHapus
  40. Pak Teguh, salam kenal saya ningsih, saya baru belajar hiroponik, tapi saya bingung klu mau nambah ppm itu dari nutrisi apa sih, selama ini saya pake AB MIX, tapi gak tau cara nambah ppm nya?? email saya sw_sih@yahoo.co.id, terima kasih sebelumya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau menaikkan ppm, cukup ditambahkan pekatan abmixnya mbak. Kalau untuk menurunkan ppm, cukup ditambahkan air biasa. Nah untuk mengetahui berapa ppm air nutrisi kita harus pakai tdsmeter. Kalau kita tidak punya tdsmeter kita cuma bisa kira2. Biasanya kalau kita pakai takaran 5ml A + 5ml B + 1 liter air = 600 - 700 ppm.

      Hapus
    2. Saam kenal mas teguh saya baru belajar hidroponik nie..br coba tanam cabe sistem wick..klo nutrisi air nya secara keseluruhan diganti dengan mol tape..apa bisa mas...mohon penjelsannya ya mas..soaalnya blm bs beli nutrisi mas..

      Hapus
    3. Saya pernah mencoba dan gagal mbak, setelah saya pikir2 bener juga sih kenapa kok gagal.Di dalam MOL memang ada kandungan nutrisi, tetapi kita tidak tau kadar dan jenis nutrisi yang terkandung sudah memenuhi syarat atau belum untuk menunjang pertumbuhan tanaman secara optimal. Dan yang perlu kita ketahui adalah untuk bertanam hidroponik kita memerlukan nutrisi yg lengkap karena pada media tanamnya tidak mengandung nutrisi sama sekali. Jadi untuk bertanam hidroponik sebaiknya kita menggunakan nutrisi khusus hidroponik. Kalaupun belum ada kita bisa mencoba alternatif pupuk yg lain.

      Hapus
  41. Oooo gitu ya .. klo menggunakan pupuk alternatif pupuk apa ya mas..dan takarannya berapa?? Bibitnya udah daun 4 cuma masih bingung mau digimanain..trus sebgian yg agak besar daunnya kerdil knp ya mas.? TerimaKasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara belum ada nutrisinya bisa menggunakan NPK mutiara 15 gr + Gandasil D 10 gr campur 10 liter air.

      Hapus
  42. - Maaf Mas Teguh mau tanya kalau masa semai bibit cabai berapa hari ya? sudah 12 hari saya tanam bibit cabai langsung di media tanam sistem sumbu tapi belum terlihat tumbuh.
    - Saya mohon penjelasan proses penanaman sayuran sistem sumbu hidroponik secara runut dari awal pananaman bibit.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cabai import biasanya perlu 1-3 minggu untuk bertunas. Tetapi untuk cabai lokal apalagi cabai dari pasar trus kita bibitkan, biasanya 2-5 hari sudah tumbuh.

      Untuk proses penanaman dengan sistem sumbu sebetulnya sama aja dengan kita menanam konvensional. Bedanya cuma di media tanamnya dan pupuknya saja.

      Hapus
  43. Assalamualaikum pak teguh saya baru buat tanaman hidroponik terimakasih infoinfonya, saya suka baca blog bapak. Saya boleh minta dikirimkan tabel kepekatan nutrisi masing masing tanaman via email pak ke andrianianggisarastiti@gmai.com terimakasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam,
      email sudah terkirim mbak

      Hapus
  44. Assalamualaikum pa teguh saya tertarik dan ingin mencoba bercocok tanam cabe rawit sistem hidroponik ini. Kebetulan dibelakang rumah ada lahan kosong 6x8m rencana mau saya manfaatkan buat bercocok tanam.
    Yang jadi masalah, saya masih sangat awan mengenai bercocok tanam.
    Mohon uraiannya dari pa teguh bagaimana cara dan dari mana memulai bercocok tanam ini serta apa saja yang di butuhkan untuk seorang pemula seperti saya.
    Terimakasih pa teguh, saya mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya dari uraian sketsa di atas sudah cukup jelas om, yang perlu dipersiapkan adalah hnanyalah pot, media tanam, sumbu kain flanel, bibit tanaman dan yang paling penting adalah nutrisi hidroponik yg bisa dibeli secara online. Coba search di google dengan tag "jual abmix"

      Hapus
  45. Salam,
    Artikelnya sangat informatif.

    Mau tanya juga, kalo penyemaian dan media tanam dewasa pakai campuran (PV) perlite dan vermiculite, kira-kira lebih baik atau tidak? Krn masih sangat jarang informasinya untuk hidroponik dengan media ini, yg saya tahu sebelumnya mix PV dicampur dengan tanah.

    Kalau berkenan, saya juga berminat untuk dikirimi tabel nutrisi hidroponik ke akbar.surya@ymail.com.

    Terima kasih pak, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas, saya belum pernah mencoba menggunakan kedua media tanam tersebut, jadi belum bisa berkomentar. Tapi setau saya perlit atau vermiculite biasanya digunakan untuk media hidroponik tanaman eksotik.

      File saya akan kirim, silahkan cek di email

      Hapus
  46. Ass..mas.
    Maaf sy msh awam bgt..jd sy mau tanya proses dr penanaman benihnya sampai tumbuh dan dipindahnkn ke polibag permanen.trus flanelnya itu ad di jual ga y.atau bsa dgnti dgn bhn lain.srta sy mnta tlong krimkn jg nutrisinya.email saya
    Alandellang@gmail.com
    Wasslm.mksh bnyk sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikum salam,
      untuk pembibitan dan penanaman stepnya sama aja dengan tanam konvensional, yang membedakan cuma media tanamnya aja om. Untuk kain flanel bisa dibeli di toko peralatan sekolah. Kain ini biasanya untuk bikin prakarya anak2 sekolah. Kalau mau diganti yg lain sebetulnya bisa, tapi kain flanel masih tetap yg terbaik untuk sumbu hidroponik.
      File kebutuhan nutrisi akan segera saya kirim

      Hapus
  47. Oh y mas..sy rencanya pingin tnm cabe rawit..nah untuk plihn nya yg cocok untuk tnmn tsb apa y mas.apa sistem NFT atau IRIGASI tetes..mslkn klau untuk skla besar(house garden).trus tanamnya apkh hrus kena sinar matahari 100 persen.krna sy djkrta mas agak susah kena matahari langsung..krna ruang lingkupnya.mksh bnyak sbelumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cabai paling pas menggunakan sistem irigasi tetes karena cabai sebenarnya tidak tahan dengan genangan air. Untuk cahaya matahari seandainya tdk bisa fullsun, yang penting bisa terkena cahaya sekitar 5 jam sudah cukup. Yang perlu diperhatikan dalam bertanam cabai adalah hama dan penyakitnya yang cukup banyak.

      Hapus
  48. Mksh mas..atas informsinya yg sngt berharga.tr utama bgi sy yg msh awam..jika nnti dlm praktek nya bnyk kendala boleh y mas untuk bertnya lg sm mas..nya.
    Mksh byk sblumnya

    BalasHapus
  49. Assalammualaikum,

    Maaf pak teguh. ini bapak menanamnya di dalam greenhouse pak ya (kalau tidak salah ada di salah satu tulisan bapak, kalau bapak akan membangun green house).
    Untuk penanaman cabe ini apa masih sering diserang hama walaupun sudah menggunakan greenhouse?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yg ini diluar GH mbak, serangan hama ada (kutu putih) tapi saya bersihin secara manual saja.

      Hapus
  50. Nutrisine opo yoo???
    Cocopeat iku opo seh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nutrisine abmix mas, yoiku pupuk khusus hidroponik. Lha nek cocopeat iku serbuk sabut kelapa, hasil samping dalam pembuatan cocofiber

      Hapus
  51. Ass...salam kenal mas teguh,senang sekali bisa mampir ke blog ini.boleh minta daftar ppmnya wawanchoy@gmail.com terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. File sudah terkirim, silahkan cek lampiran

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum, maaf pak teguh artikelnya bagus sekali, tp ada yang mau saya tanyakan, apakah dengan model spt itu tanaman boleh terkena air hujan ? Sekalian sy minta daftar tabel ppm nya pak. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      tanaman cabai tersebut saya taruh diluar juga dan biasa kehujanan. Tapi kalau habis hujan deras biasanya saya cek kepekatan air nutrisinya. Utk tabel ppm silahkan kirim alamat emailnya

      Hapus
  53. maaf pak mau nanya, kalau untuk buah melon apa bisa pakai sistim wick,seperti yang bapak pakai untuk pohon cabe? mohon penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, kalau cuma untuk sekedar hobi. Tapi kalau mau komersial sebaiknya pakai sistem tetes

      Hapus
  54. Assalamualaikum pak teguh saya mau membuat tanaman hidroponik, saya suka baca blog bapak. Saya boleh minta dikirimkan tabel kepekatan nutrisi masing masing tanaman via email pak ke muhammadhamzahsolim@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam, file udah terkirim

      Hapus
  55. Ass.mas teguh..sy mau tnya,sy lg pembibitan cabe rawit,pertumbuhan nya koq lma y.skrang udh 12 hri.daun nya msh 2 lmbr.trus sy semai bibit lg di media sekam bkr.saat spourus btang nya mengecil wrna putih ky mau putus.mhon di bntu mas.mksh sblumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pertumbuhan cabai rawit memang agak lambat. Kalau sudah berumur 12 hari bisa dikasih pupuk untuk memacu pertumbuhan.
      Untuk batang bibit yang mengecil dan mau roboh kemungkinan karena media sempat kekeringan atau bisa juga media terlalu basah sehingga terjadi busuk batang.

      Hapus
  56. saya sangat senang dengan tanaman hidroponik yang ada,,,,karna satu kali panen bisa menghasilkan 2 hasil panen

    BalasHapus
  57. saya mau tanya bagaimana cara menanam tanaman hidroponik,,khsusnya tanaman tomat,,,cara tanaman hidroponik,,,tomat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bertanam tomat stepnya hampir sama dengan menanam cabai. Bedanya adalah di kepekatan pupuknya karena tomat lebih boros dalam penggunaan pupuk

      Hapus
  58. wah.. saya masih belum lulus nih om nanam cabe pake sistem wick, pas udah berbuah akarnya busuk mulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. he..he..tapi mbak Fietha kan udah lulus untuk urusan tomat. Saya justru tomat sering gagal mbak. Repot sama hamanya

      Hapus
  59. mas teguh kalau pakai sistim wick nanti akar cabe atau akar tomat nya kerendam sama nutrisi apa bakal jadi busuk akarnya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak busuk pak yang penting suhunya tidak terlalu panas. Kalau mau bagus bisa dipasangi aerator.

      Hapus
  60. Salam kenal mas teguh, sy pali dr makassar. Sy tertarik dgn ulasan anda dan yg ingin sy tanyakan manakah yg efektif utk cabe & tomat? Apakah sistem wick+aerator atau fertigasi? Maklum pemula mas jd banyak tanya:D mhn dikirimkan jg tabel nutrisi ke puan69@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  61. Pal teguh saya mau tanya. .. bagaimama cara menurunkan pH pada larutan nutrisi hodroponik...
    jenis asam apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan pH??

    Sekalian minta kirim tabel ppm ya pak ..ke email;
    astrinurhalimah@gmail.com


    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menurunkan ph bisa menggunakan asam nitrat (beli di toko bahan kimia). Kalau susah, bisa juga menggunakan accuzur (air aki utk isian pertama)
      tabel saya usahakan kirim

      Hapus
  62. Pertanyaan sy blm di jwb mas, smg dikirimin tabel jg ke puan69@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf...terlewat...
      Untuk tanaman buah seperti cabai, tomat, terong, melon, semangka dll, efektif tidaknya juga tergantung dari skala penanamannya. Jika kita cuma sekedar hobi dan menanam dalam jumlah sedikit lebih baik menggunakan sistem wick karena lebih praktis dan untuk urusan hobi, hasil tanaman itu bukan prioritas utama. Karena hobi urusannya dengan hati.
      Akan tetapi kalau kita mau beranam skala luas dengan tujuan untuk komersial, saya sarankan menggunakan sistem fertigasi karena dengan sistem ini pertumbuhan tanaman maupun hasil tanaman lebih optimal. Selain itu penggunaan pupuk dan air lebih presisi. Tapi dalam sistem fertigasi diperlukan modal awal yg cukup lumayan besar.
      File skema hidroponik juga sudah saya kirimkan

      Hapus
  63. Assalamualaikum
    Terima kasih pak teguh atas info mengenai tanaman hidroponik sy jd tertarik ingin mencoba boleh saya minta tabel ppm untuk tanaman hidroponiknya ke email saya ; primasuryairawan@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam, file sudah terkirim

      Hapus
  64. slm kenal pak teguh, Saya Novi di Bojonegoro.
    Sya tdk punya pengalaman sama skali didunia pertanian, cuman browsing2 kok kyknya tertarik pengen nyobak bertanam system hydroponik.
    => Yg jdi pertanyaan sya, unt air nutrisi yg diember itu perlu diganti dlm brapa hari sekali ndak pak, ato cuman ditambahi aja,
    => trus penyiramannya pake semprot ya, brapa kali sehari, semprotannya berisi air aja ato jg dicampur pupuk...??
    +> Oh iya pak, mohon dikirimi tabel nutrisi tanamannya jg pak.
    email : ienovista@yahoo.com
    Terima kasih atas penjelasannya.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Novi,
      - untuk nutrisi yg diember cukup ditambahin jika nutrisi sudah mau habis. Biasanya seminggu sekali
      - Klo di ember sudah ada air nutrisi berarti sudah tidak perlu ada penyiraman lagi. Di situlah enaknya bertanam hidroponik, kita tidak perlu menyiram setiap hari.
      - Untuk tabel sudah terkirim

      Hapus
  65. Ass.wrwb mas Teguh..
    Sy Zaen dr BSD TangSel...sy seneng bgt bisa kesasar ke blog mas Teguh...kebetulan baru mau niat berhidroponik ria setelah baca blognya mas...tulisannya bikin sy semangat mau mencoba dirumah...kyknya gampang ya mas utk pemula sprt saya..? Mhn dikirim tabel ppmnya jg deh mas ke: zaen_muhtadin@yahoo.com

    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      makasih pak sudah berkunjung ke blog saya. HIdroponik merupakan cara bercocok tanam yg sangat mudah, yg penting kita mau mencoba. Banyak temen saya di kantor yg tadinya tdk bisa bercocok tanam, setelah mencoba hidroponik mereka merasa senang untuk bertanam.
      File sudah terkirim

      Hapus
  66. pak bisa mnta tolong email tabel ppm dan barapa nutrisi yg di perlukan utk memenuhi kbutuhan tanaman cabe serta cara menghindari keriting pd cabe dari awal, trims apa, email: shan_xxi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  67. Ass.wr.wb Mas Teguh...
    Emailnya sdh sy terima dgn jelas..
    Minta izin ya...WAnya sdh sy save.
    Kalo tdk keberatan, sy akan nanya2 by WA biar fast respons..makasih banyak ya Mas...salam hijau rumah kita...

    Wassalam

    BalasHapus
  68. Asslkm...
    mas teguh artikelnya sangat membantu sekali bagi saya untuk memahami cara bertanam hidroponik..
    yang ingin saya tanyakan mas, yang untuk system air mengalir tadi katanya kan cuma di alirkan 3x sehari, nah untuk lama air mengalirnya untuk masing2 waktu berapa lamanya ya mas? apakah lama mengalirnya juga berdasarkan masa pertumbuhan?
    dan juga apakah ada perbedaan lama alirannya untuk pagi, siang dan sore..?
    satu lagi mas yang ingin saya tanyakan untuk besaran ppm tanaman pada tabel apakah nilai ppm tersebut sudah termasuk nilai ppm air sebelum dicampurkan
    dengan pekatan A dan pekatan B, karna ditempat saya mas nilai ppm untuk air yang belum dicampur nutrisi ab nilainya sudah dikisaran 40-50ppm,
    contoh biasanya untuk masa pertumbuhan pada tomat nilai nutrisi yang harus diberikan 750ppm, apakah nilai 750ppm tersebut sudah include nilai ppm air atau belum ya,
    kalo belum seharusnya 750ppm + 40ppm (nilai ppm air sebelum dicampur dengan nutrisi atau air pam) jadi untuk masa pertumbuhan 790ppm begitu ya mas...
    mohon pencerahanya mas teguh...
    maaf terlalu banyak tanya ne mas hehe...
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      Untuk pengaliran air sebaiknya dilihat dengan kondisi cuaca dan suhu. Kalau di tempat saya biasanya saya alirkan pagi sekitar setengah jam. Tapi untuk siang bisa saya alirkan mulai jam 11 - 15. Untuk sore sekitar jam 17 - 17.30.
      Untuk besaran ppm pada tabel adalah murni ppm nutrisi. Kalau di tempat sampean ppm air bakunya cuma 40 -50 ppm, itu sudah bagus sekali. Banyak teman2 penghobi hidroponik, air bakunya 150 ppm.

      Hapus
    2. Salam mas teguh, mantap banget penjelasannya, mnt dikirimi daftar ppm donk

      Hapus
  69. Assalam pak teguh. Maaf pak, saya awam tentang tanam menanam. Mau tanya mulai dari awal. Apakah bibit/biji lomboknya langsung di taruh dikain flanel?
    Bisa minta no Whatsapp pak. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya biji lombok disemai dulu karena dengan penyemaian kita bisa memilih mana bibit yg tumbuhnya bagus.

      untuk WA bisa ke 08125524334 atau 082254621401

      Hapus
  70. Pak, saya mnt tlong dkrimin dftr ppm bwt tnman buah dan sayur nya juga ya. Dikrim ke email anha_bohari09@yahoo.com. terima ksh

    BalasHapus
  71. Assalamu'alaykum pak teguh ...
    Alhamdulillah ... saya mampir ke blog Bapak, jadi tertarik dengan hidroponik pak, saya mau coba.
    Pak, saya mnt tlong dkrimin dftr ppm bwt tnman buah dan sayur nya juga ya. Dikrim ke email tatdarm@yahoo.com. terima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      langsung sy kirim mas

      Hapus
  72. Aswrwb, luar biasa om teguh, sukses hidroponiknya... maaf om teguh bs minta tolong diemailkan ke depe88@yahoo.com. utk daftar ppm & ph utk sayur & buah, trmksh om...

    BalasHapus
  73. Setelah membaca beberapa referensi blog dll, sy tidak menemukan istilah panen ideal dari sistem hidroponik fertigasi u/ cabai. Apakah mas bisa bantu? Berapa Kg/Gr hasil ideal dari pengalaman mas u/ satu pohon cabai dgn sistem tersebut dalam beberapa periode bunga subur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mas, saya juga belum bisa menjawab berapa kg/pohon karena saya sendiri menanam hanya sekedar hobi dan mencoba memotivasi orang lain untuk bisa memanfaatkan lahan yg nganggur. Hasil petik cabai langsung saya konsumsi tanpa ditimbang.
      Adapun kalau definisi hasil panen ideal adalah hasil panen sesuai dengan apa yang ditulis dalam kemasan tiap jenis tanaman.
      Untuk lebih jelas coba tanya ke mas Imam Wibawa. Search di google dengan tag imamwibawa

      Hapus
    2. Tanaman cabai hidroponiknya bisa panen berapa kali secara total dan sekali panen berapa buah rata2 dihasilkam ya mas? Terimakasih

      Hapus
  74. assalamualaikum pak teguh...... saya jg nanam cabe dan kemangi persis sis spt punya bpk pake kaleng cat bekas dan sampe skr hasilnya lumayan oke utk cabe meskipun belum berbuah dan utk kemanginya subur banget, saya cuma pake npk dan gandasil d utk nutrisinya soalnya itu yg paling mudah didapat di kota saya, pak teguh klu pesan ab mix dimana?... belum pernah tertipu kah... soalnya agak2 gimana gitu belanja fia online

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk pesan abmix bisa di beberapa penjual misalnya ferti-mix.com, atau paktani hydrofarm. Coba search di google. Alhamdulillah selama ini saya ga ada masalah ketika belanja online

      Hapus
  75. Aswrwb, luar biasa om teguh, sukses hidroponiknya... maaf om teguh bs minta tolong diemailkan ke rayhanadzdzikra@yahoo.co.id. utk daftar ppm & ph utk sayur & buah, trmksh om...
    Balas

    BalasHapus
  76. Ass.. Bos misalkan mau tanam hidroponik lebh dari 1000 pohon efisien ndak, daerah saya dipesisir struktur tanahnya sudah jelek karena pemupukan yg tidak dg takaran, mgkin dg hidroponik bs menjawab smw kendala itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu 'alaikum,
      klo untuk jumlah yang besar, dengan sistem ini kurang efesien. Klo mau efesien bisa menggunakan sistem drip irigation atau sistem tetes.

      Hapus
  77. Pak Teguh, saya tertarik untuk mencoba menjalankan penanamam cabai dengan sistem hidroponik untuk sekala usaha. Apa saya bisa minta nomor hp bapak? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nomor saya pak 082254621401 silahkan telpon saja, tapi tolong jangan sms pak

      Hapus
  78. Pak teguh, Saya mo tanya berapa liter cairan nutrisi yang kita butuhkan untuk 1 kali tanam pada system nft, saya juga minta daftar ppm tanaman pak. ini emailnya haye103@yahoo.co.id, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung jumlah pipa dalam rak pak. Dari pengalaman saya, untuk 6 batang pipa perlu sekitar sekitar 300 liter jika menggunakan sistem nft.

      Hapus
  79. Terimakasih Mas Teguh, Info yang sangat bermanfaat.
    Mau nanya nih Mas, nutrisi hidroponik AB Mix yang saya aplikasikan ke sistem wick terlihat mengeras/mengkristal dipermukaannya. Apakah ini normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pengkristalan terjadi dipermukaan ujung sumbu yang kering berupa serbuk putih2. Jumlahnyapun tdk banyak.

      Hapus
  80. Asslamualaikum.. wah bermanfaat sekali ilmu ny pak. Saya tertarik dan pingin menjalankan sistem fertigasi. Saya boleh minta lampiran ppm ny ndak pak? Kalau diizinkan mohon kirim ke alamat email ya pak, dws.qito@yahoo.com.
    Terima kasih byk pak teguh. Salam sukses..

    BalasHapus
  81. Maaf pak teguh sy mau Tanya. Sy sdg mencoba menanam saw dan selada dengan sistem wick. Dengan Nutrisi npk super. Sawi sy berkembang 4 daun sdh sebulan. Hmpir sama dengan selada hnya berkembang 4 daun. Sy bingung pak. Sementara sy jg menanam tomat Dan cabe dengan sistem drip infus sdh tinggi Dan berkembang baik. Apa yg salah ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya menggunakan npk, utk bertanam sayuran sistem hidroponik memang kurang memuaskan. Bisa diperhatikan dari warna daunnya. Jika daun hijau tua, bisa dikurangi takarannya. Sedangkan jika daunnya hijau muda berarti kekurangan pupuk.

      Hapus
  82. Alat ukur yang akurat untuk mengukur volume dlm ml yg di pakai pak teguh apa,oya kirim ppm ke email ya pak teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasa pakai sloki 50ml utk menakar volume nutrisi. Alamat emailnya mana mas?

      Hapus
  83. Saya mau nutrisinya sama tabel takarannya pak... boleh?
    baim pekanbaru

    Email ke (ibrahimsony53@gmail.com) ja ya pak..

    Trims n wassalam

    BalasHapus
  84. Saya mau nutrisinya sama tabel takarannya pak... boleh?
    baim pekanbaru

    Email ke (ibrahimsony53@gmail.com) ja ya pak..

    Trims n wassalam

    BalasHapus
  85. mantap dah artikelnya kawan
    http://acemaxs31.com

    BalasHapus
  86. maz..tolong kirim ppmnya donx kalo ndak repot ke oktafia.deffi03@gmail.com

    BalasHapus
  87. saya jadi terinspirasi,, heheh,,, saya sudah semai cabe tapi metan nya make tanah, kalo saya pindah ke metan campuran arang sekam n cocopeat pengaruh ndak ya ? thanks pencerahannya.

    BalasHapus
  88. jdi pengen nyoba neh mas kebetulan saya pnya lahan..saya butuh nutrisi hidroponik serta takaran pemakaian nya bisa bantu mas ke email driver_warnet@yahoo.com..lokasi saya di medan terima kasih.

    BalasHapus
  89. Assalamualaikum pak, saya tertarik sekali dan mau coba,.. mohon dikirim ppmnya ke goen.gunadi@yahoo.com, thanks sebelumnya

    BalasHapus
  90. terimakasih banyak atas inspirasi kerennya, mas. aku ibudh dari solo, ingin mengerti lebih dalam tentang ukuran2 ideal pot pipa yg tegak, bagaimana idealnya agar tanaman subur dengan efisiensi pot. tadi sudah mencatat petunjuk pembuatan di postingan th 2012. tapi akan lebih baik jika aku bisa tanya lebih banyak ke panjenengan. jadi bila boleh aku minta namao hape panjenengan njih, mas. ini nomorku 081329654654. maturnuwun sanget. selamat berjuang menghijaukan lingkungan.

    BalasHapus
  91. pak teguh,kenapa ya tanaman cabe merah besar saya g bisa jadi buah..bungax banyak,tapi 2 hari kemudian pasti berjatuhan..padahal saya sudah pake nutrisi ab mix yang khusus.tlong bagi ilmux pak..dan terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  92. trima kasih atas bagi bagi ilmunya...
    smoga bermanfaat...

    BalasHapus
  93. Terima kasih Pak Teguh, atas sharing ilmunya. Saya mau belajar hidroponic, apakah pak Teguh bersedia dihubungi secara langsung, seandainya bersedia mohon bantuannya untuk sms nomor Bapak ke nomor saya 0816215117

    BalasHapus
  94. Pa Teguh, Kalau mau ganti tanaman dengan pot yang sama sekam bakar dan cocopeat yang bekas masih bisa digunakan tidak? Bagaimana dengan hara-nya.??
    Terima kasih

    BalasHapus
  95. Pak minta daftar ppm untuk sayuran, buah dan cabai hidroponik juga donk. kirim ke email akhmadhasanuddin@gmail.com terimakasih
    salam sayur, n go green

    BalasHapus
  96. asw pak, mohon dikirim ppmnya ke chieriadona@yahoo.com , makasi sebelumnya

    BalasHapus
  97. Selamat malam pak saya dari Medan sangat tertarik dengan tanaman hidroponik yang cocok untuk kawasan metropolitan yg lahannya kecil, namun saya sangat buta dengan ilmu hidroponik, semoga bapak selalu bisa memberikan informasi yang sangat bermanfaat seperti ini dan semoga bapak tidak keberatan memberikan info ppm untuk sayuran seperti tomat dan cabai ke email saya, hendrasana181@gmail.com
    Terima kasih banyak

    BalasHapus
  98. Assalamualaikum wr wb

    Setelah muter2 browsing2, nemu blog Pak Teguh, mantappzz...
    dari hasil sangat menarik, dan membuat semangat pemula spt saya untuk bercocok tanam sistem hydropnik.
    Mohon dikirimkan table ppm ke: thohar.marinepip40@gmail.com
    Matur suwon

    Wassalam wr wb

    Thohar
    (Pati-Pemalang)

    BalasHapus
  99. bermanfaat sekali artikelnya. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik dan aman untuk kesehatan karena free dari bahan kimia.

    BalasHapus
  100. Ass.Wr.WB.
    Sukses selalu Mas Teguh,
    Saya undang dari bogor ,saya seneng banget setelah baca blognya mas Teguh,mungkin saya orang yg ke 60nya atu mungkin sudah ratusan yang akan banyak nanya tentang tanaman hidroponik tapi insyaAllah mas teguh tidak akan kapok sesuai dengan motonya mas Teguh"Berbagi Tak Pernah Rugi" mudah mudahan ilmu yang sudah di berikan mas teguh bermanfaat bagi kita semua Aminn...
    kalau tidak keberatan saya minta di email tabel PPMnya terutama untuk cabai Ke undangsukirman@gmail.com

    BalasHapus
  101. Ass.Wr.WB.
    Sukses selalu Mas Teguh,
    Saya undang dari bogor ,saya seneng banget setelah baca blognya mas Teguh,mungkin saya orang yg ke 60nya atu mungkin sudah ratusan yang akan banyak nanya tentang tanaman hidroponik tapi insyaAllah mas teguh tidak akan kapok sesuai dengan motonya mas Teguh"Berbagi Tak Pernah Rugi" mudah mudahan ilmu yang sudah di berikan mas teguh bermanfaat bagi kita semua Aminn...
    kalau tidak keberatan saya minta di email tabel PPMnya terutama untuk cabai Ke undangsukirman@gmail.com

    BalasHapus
  102. Terima kasih wah kalau ada info gini saya pengen menanam tanaman hydrponik
    http://limaterpopuler.blogspot.com/

    BalasHapus
  103. makasih postingannya pak, ijin share yah ...
    penggunaan arang sekam sebagai media tanam cocok untuk sistem ini yah???

    BalasHapus
  104. Asik, tambah wawasan dan dapat ilmu baru. Jadi tambah penasaran tentang hidroponik. Salam dari malang. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  105. Di daerah tempat saya, di kota batu. Pengembangan hidroponik juga sudah mulai bertambah. Tetapi persentasenya masih sedikit. Dengan adanya informasi seperti ini semoga menambah jumlah petani hidroponik, karena semakin lama luas lahan juga semakin sedikit.

    BalasHapus
  106. Waah bermanfaat bangeet. Bapak teguuh mohon bantuannya.. saya minta tabel ppm nya boleh yaa. Saya tunggu pak.. terima kasih banyaak.., semoga sehat selalu 😊
    adeliaconita@gmail.com

    BalasHapus
  107. Waah bermanfaat bangeet. Bapak teguuh mohon bantuannya.. saya minta tabel ppm nya boleh yaa. Saya tunggu pak.. terima kasih banyaak.., semoga sehat selalu 😊
    adeliaconita@gmail.com

    BalasHapus