Berbagi tak pernah rugi

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini, di blog ini saya tuangkan apa2 yang menjadi kebiasaan saya, pengalaman saya, hobi saya dll yang mungkin sepele tetapi mungkin bisa membawa manfaat bagi anda yang membacanya. Saya berharap blog ini bisa mencerminkan prinsip saya yaitu "Berbagi Tak pernah Rugi" . Dan bagi pembaca yang punya uneg - uneg atau kritik silahkan beri komentar, selain sebagai masukan juga bisa sebagai koreksi diri bagi saya. Atau bagi yang mau mengcopy artikel saya silahkan saja tapi jangan lupa lampirkan sumbernya ya..
Sehubungan banyaknya pertanyaan via SMS yang masuk dan cukup menyedot pulsa, mohon kalau ada pertanyaan bisa menelpon ke 082254621401 atau via komentar. Untuk selanjutnya terpaksa saya tidak melayani SMS



Rabu, 17 April 2013

Edisi Khusus Cabai (3) : Cabai Trinidad Scorpion


Ini adalah salah satu pemegang rekor cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan 1,463,700 SHU atau hampir 1.5 juta SHU. Anda bisa bayangkan kira – kira seperti apa pedasnya. Kalau kita biasa makan cabai rawit hijau, bayangkan saja pedasnya sekitar 20x lipatnya. Saya sendiri nggak yakin akan memakan cabai ini seandainya nanti sudah berbuah. Saya tanam cabai ini karena factor hobi sehingga rasanya ada kepuasan tersendiri kalau koleksi cabai saya semakin lengkap.

Saya beli benih cabai ini bersamaan dengan pembelian benih cabai Red Peter dan Bhut Jolokia. Dengan perlakuan perendaman air bawang merah selama semalam, benih sprout dalam waktu 7 hari. Benih sprout/tunas memang tidak dalam waktu bersamaan tetapi ada juga yang sprout di hari ke 8 maupun hari ke 9.

Untuk penampakan saat ini belum begitu menarik karena tanaman masih kecil, tapi harapan saya bulan depan sudah mulai bisa kelihatan cantik menghijau. Semoga saja tidak terserang hama.

Bibit cabai saat awal tunas


 bibit cabai 1.5 bulan berikutnya (18/4/2013)

71 komentar:

  1. Bibit cabainya ditanam dengan media apa ya pak Teguh?. Wah dalam 1,5 bulan sudah besar sekali :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Medianya cocopeat, tanah gembur sama pupuk kandang mbak. Trus saya siram dengan MOL berbahan ikan laut seminggu sekali. Mudah2an aja nggak terserang hama mbak, soalnya tanam cabai ribet ngurus hamanya.

      Hapus
  2. hah??? Medianya COPET???
    Gubraaaagkk...

    BalasHapus
  3. njenengan Belinya bibit dimana pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belinya via online di http://sambadafarm.com/produk/benih-cabe/

      Hapus
  4. ummi khadijah ulya28 April 2013 21.56

    Assalamualaykum. kok, selalu nya belinya bibit cabe tok si pak, mbok bibit timun jepang, paprikanya di beli juga pake sistem online juga, hehehe, kan saya bisa nebeng sama pak teguh juga, njalok gitu loh, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kebetulan hobinya ngoleksi tanaman cabe. Cari bibit timun jepang susah nyarinya. Katanya kemarin minta benih habanero, tak tunggu alamatnya kok gak dikirim to bu?? Mumpung gratis..tis..tis..

      Hapus
    2. Mas teguhhh.mau bibit cabe nya juga dongg.. aku lg mau mulai berkebun nihhh..tapi hidroponik. Lg mau coba nanem cabe,Terong, Sm tomat. Tp dah 5 hari. Yang baru sprout hanya tomat ajaa nihh.. cabenya .. msh betah jd seed aja..hikss

      Hapus
    3. Maaf untuk seed cabai sudah habis saya bagi2.

      Untuk penyemaian, terutama untuk cabai harus bersabar karena bisa perlu waktu 7 - 30 hari tergantung dari kualitas seednya.

      Hapus
  5. ummi khadijah ulya29 April 2013 19.37

    afwan pak, kebetulan rumah ku sendiri memang sudah siap, tapi rencana nya pindah habis lebaran ke rumah sendiri nya, sekarang keluarga kami masih ngekost rumah pak, jadi aku pikir repot ntar aku pindah2 rumah bawa2 pohon, hahaha, tak pikir kalo udah pindah rumah aja nanti pak. tapi aku masih menunggu benih2 dengan banyak macam pilihan pak, tapi tolong dong pak beli di kaskus benih timun jepangnya dan paprikanya pak, plessse, aku pengen nanam itu, soalnya kalo cabe yang hot itu suamiku ra doyan pak, hehehe, wong cabe rawit sitok aja, suami ku huhahuha :)
    ini alamat ku:
    Marlina
    d.a. Kantor Sekretariat MPU Kab. Pidie Jaya
    Jln. Iskandar Muda Kec. Meureudu
    Kab. Pidie Jaya
    Aceh
    24186

    BalasHapus
  6. ummi khadijah ulya29 April 2013 19.58

    pakde, tak lihat di kaskus ada tu pakde benih paprika and timun jepangnya pakde, tak runggu ya @memelas.com hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah pertengahan Mei saya pulang ke Yogya, nanti tak cariin di sana mudah2an dapat. Soalnya disekitar pasar Beringharjo Yogya ada toko penjual benih lengkap kok.

      Hapus
  7. ummi khadijah ulya30 April 2013 01.16

    ooo, kalo gitu sekalian juga ya pakde, kalo pulang ke jogja kirimin oleh2nya juga, gedubrakkk, ini aji mumpung atau aji nerrroorrr ya, hahaha, tp ga pa2 kok kalo mau ngirimin makanan khas jogja nya ke aceh juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek kirim oleh2 yo emooohh...wakakak
      sampe aceh keburu basi.

      Hapus
  8. Om teguh.. panjenengan sangat mengispirasi saya... hehhee..saya hobby ekali makan sayuran..pengen banget bisa seperti om.. bisa tanam2 sendiri... :)

    mohon bimbingannya ya om guru.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap laksanakan...wahai muridku..wakakakak

      Hapus
    2. om.. pengen nyoba menanam.. bagi bibit nyaa :D

      Hapus
    3. Bibit cabai Trinidad scorpionnya belum ada soalnya belum berbuah. Sekarang pohonnya baru muncul bunganya.

      Hapus
  9. ane subscribe kog jarang update perkembangan hidroponiknya om?
    diam2 mau mencuri ilmunya ni hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he..memang akhir2 ini saya super suibuk. Mau update tasanya kok capek banget. Btw, klo ada hal2 yg mau ditanyakan, klo bisa pasti saya jawab kok.

      Hapus
  10. om teguh,boleh ga kalo saya tanya2nya lewat sms. saya baru pengen mendalami hidroponik nih :) soalnya saua masih awam bgt. kalo teori2 mungkin sudah banyak yg share. tapi masalah prakteknya ntar kan blom tau. hehe matur sembah nuwun pakde ilmune

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..silahkan sms/call ke 0811587665 yg penting pertanyaannya jangan terlalu sulit ya...

      Hapus
  11. Salam kenal Pak, blog anda sangat memacu saya untuk mencoba hobi bercocok tanam saya.
    Mau tanya pak, Untuk bertanam dg cara hydroponic klo aernya saya kasih EM4 aja, cukup apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah pernah mencoba dengan MOL dengan fermentornya EM4, hasilnya kurang bagus. Jujur..dengan EM4 atau MOL/POC kandungan nutrisinya tidak kita ketahui. EM4 ataupun MOL kandungan utamanya adalah bakteri yang membantu tanaman untuk bisa lebih optimal dalam menyerap unsur hara, lha kalau unsur haranya kurang otomatis tanamannya juga kekurangan unsur hara.

      Untuk hidroponik memang paling pas adalah dengan pupuk ABmix karena sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan unsur hara makro maupun mikro bagi pertumbuhan tanaman. Kalau susah mencari ABmix bisa dicoba dengan NPK + gandasil D untuk sayuran daun.

      Adapun EM4 tetap bisa disemprotkan ke tanaman untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara yg ada.

      Hapus
    2. Pak Teguh bikin blog baru ya? kok ada blog yang isinya sama persis sama blog ini? namanya urbanfarmingmania blogspot?

      Hapus
    3. enggak kok...tapi justru hampir semua artikel saya dicopy ke blog tersebut tapi tanpa mencantumkan sumbernya.

      Hapus
  12. Om teguh ....
    saat perendaman benih, kenapa harus pakai air + bawang merah .....?? bukannya biasa-nya cukup pakai air hangat aja .... hehehe, itu see yg biasa saya lakukan ....soalnya kebetulan saya juga nanam cabe Trinidad Scorpion ....
    btw ...klo 7-9 hari aja sudah tunas itu mah bagus om .... punya saya malah 9-30 hari baru tunas ... itu pun cuman 30-40% saja dari total benih yg di tebar [di rockwool]....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan saya dari baca2 ternyata bawang merah itu mengandung zat perangsang tumbuh. Makanya saya mencoba menyemai benih dengan perendaman air biasa dan perendaman dengan air bawang, masing2 selama semalam. Setelah saya semai ternyata yg direndam pakai air biasa masa bertunasnya perlu waktu 3-5minggu dengan prosentasi tunas yg rendah. Sedangkan yg direndam air bawang dalam waktu 7-10 hari sudah bertunas dan prosentasi bertunas cukup tinggi. Waktu itu saya semai 12 biji habanero orange dan dalam waktu 7-9 hari tumbuh 11 pohon. Media semai saya pakai arang sekam.
      Dari pengalaman tersebut maka saya merekondasikan kepada teman2 yg hobi bertanam untuk menggunakan air bawang merah untuk merendam benih.

      Hapus
    2. Mantaft dech om teguh ......
      bisa di coba niich klo gitu ....
      thanks for sharing

      Hapus
  13. mas punya artikel atau tips budidaya semangka kotak gak?
    dari
    heru timika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf mas..saya gak punya. Kebetulan pekarangan saya sempit, jadi gak bisa utk coba2 tanam semamgka

      Hapus
  14. misalkan medianya cocopeat murni, apakah MOL bisa efektif ? ya memang bagusnya ABmix, (biar lebih ngirit kan pake MOL hee...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa pak, soalnya kandungan nutrisi yg ada pada MOL tidak ketahuan kadarnya. Tetapi kalau mau dicoba bisa saja gunakan MOL yg berbahan ikan laut karena dibanding MOL lain kandungan nutrisi MOL ikan laut lebih lengkap.

      Hapus
  15. ummi khadijah ulya9 Juni 2013 20.32

    kata nya pulang dari jogja mau bawain aku bibit yang banyak, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiikk...sabar mbakyu..timun jepange durung entuk

      Hapus
  16. ummi khadijah ulya10 Juni 2013 21.18

    bibit strawberi sekalian yo mas, hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek bibit strawbery emoh...angel le nggolek..wkwkwkwk

      Hapus
  17. Assalamualaikum.. Salam kenal buat Pak Teguh,

    pertama-tama saya mau ngucapin terima kasih atas ilmu yg telah dibagi oleh pak Teguh...amalnya InshaAllah berkah.. *udah baca2 dulu :)

    saya mau tanya ya pak.. yg d rendam dgn air bawang itu benih cabe yg msh fresh apa yg sudah dikeringkan ..? sprti pengalaman bpk, saya 1,5 bulan lalu menyemai 16 benih cabe (ada Bhut Jolokia, Trinidad Scorpion, Fatili,Peter Pepper, dll) dgn air biasa tp yg sprout cuma 3 (T_T) , itu pun dlm waktu lama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa 'alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh..salam kenal juga dari saya..

      Yang direndam dengan air bawang biji cabe yang sudah dikeringkan. Sebaiknya air bawangnya pakai air hangat. Fungsi air hangat untuk memutus masa dormansi dan bawangnya untuk merangsang pertumbuhan. Pengalaman saya menyemai Bhut Jolokia, Trinidad Scorpion dan cabe2 impor yg lain untuk prosentasi sproutnya cukup tinggi dan waktu sprout sebentar (7-10 hari)

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum Mas Teguh,salam kenal dan matur nuwun ilmunya yang aplikatif di Blog-nya. Semoga barokah.

      Mas, untuk meredam dengan bawah merah caranya bagaimana ? Apakah bawang merahnya di geprek dulu atau cukup diiris-iris saja ? Perbandingan jumlah bawang merah dengan air hangatnya berapa banding berapa Mas ? Matur nuwun sebelumnya.
      Salam, Imaduddin Arif

      Hapus
    3. wa alaikum salam,
      bawang merah cukup di geprek aja. 1 biji bawang merah cemplungkan ke setengah gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk merendam.

      Hapus
  18. maaf ya pak tanya lagi... rendamannya seperti apa pak ? boleh menggunakan rockwool atau biasa saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya gerus 1 siung bawang merah kemudian tambahkan air hangat 1/2 gelas. Masukkan biji/seed ke dalam gelas. Biarkan sekitar 3-5 jam, biji siap disemai. Media bisa pakai rockwool atau arang sekam.

      Hapus
  19. oke...terima kasih pak teguh...tips yg sangat lengkap...dan gemes banget liat gambar-gambar sayurnya...pengen nyabutin bantuin panen.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka...kalau sampeyan tinggal di bontang boleh aja langsung cabut...

      Hapus
  20. ummi khadijah ulya9 Juli 2013 23.47

    tak tunggu2, kok gak sampe2 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Senin kukirim tapi tanpa Timun Jepang ya...selada merah gelem ora mbakyu?

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Keren banget nih koleksi tanamannya Mas Teguh. Mas, saya pernah tanam bhut jolokia dan trinidad moruga scorpion, baru ada 6 daun diserang kutu kuning dan sudah saya coba atasi dengan curracron dan larutan tembakau, tapi g bisa dan akhirnya tanaman mati dengan sukses. Ada juga habanero coklat, tp gak numbuh.

    Apakah mas teguh menjual benih2 cabe tersebut. trims yaa....

    BalasHapus
  22. Salam kenal p Teguh, sy senang sekali dgn blog ini sangat menambah ilmu dan membuka wawasan sy, mhn info dimana posisi penjual bibit diseputar bringharjo yg bpk sebutkan krn kebetulan sy domisili di yk, nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ...Kalau nama tokonya saya lupa, tapi posisinya di sebelah timur pasar bringharjo tapi di sebelah barat jalan dan menghadap ke utara. Model ruko. Tapi kalau mau benih cabe import coba aja cek di sambadafarm.com atau di Sleman

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum Wr. Wb
    Artikelnya keren keren pak teguh. Mlh sy jd sering baca, tp mlh jd lupa tanam. Hehehe
    Oh ya pak, yg sy mau tanya: bagai mana cara membuat sampai menyimpan benih cabe supaya benih yg kita simpan awet lama tp juga mudah sproud. Kebetulan sy jg tanam cabai but joloika. Terimakasih (ari)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membuat benih, pilih buah yg bentuknya besar, bagus dan tanpa cacat. Biarkan buah sampai betul2 tua. Petik buah, biarkan barang 1-2 hari. Belah buah dan ambil bijinya kemudian dikering anginkan. Setelah biji kering, siman ditempat yg sejuk dan kering atau dikulkas (tapi jangan dimasukkan ke freezernya)

      Hapus
  24. Pak Teguh saya mau nanya lagi sanya menanam cabe besar kok habis bunga ada yang menguning kadang udah kelihtan buahnya kecil eh rontok. di obati apa ya pak biar ga rontok, paling satu pohon yg berbunga yang bisa tahan buahnya membesar cm 1 buah,semua rontok.tapi kalo cabe kecil ga da masalah,mohon ilmunya pak,terima kasih. (isti surabaya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Isti, karena penjelasannya panjang sebaiknya tengok link ini aja http://agrowangi.blogspot.com/2012/03/bunga-cabe-rontok-dan-cara-pengendalian.html

      Hapus
  25. Makasih Pak Teguh saya sudah baca2 n ternyata sesuai dengan masalah tanaman cabe saya,di sby soalnya meskipun musim hujan tapi klo siang puanas poll jd mungkin krn itu soalnya g ada hama sama sekali, sy seneng banget tengok blog ini kalo ada info2 terbaru pak, o iya kok jarang update tanaman baru nih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya pingin sekali update mbak, tapi kesibukan kerja sangat menyita waktu.

      Hapus
  26. Pak Teguh gak nyoba tanaman cabai Hidoponik?sy pingin nanam tanaman yg berbuah dg hidroponik seperti terong,tomat,sm cabe pingin tau bedanya, tp blm py media cocopeatnya jd sementara mau nyoba yg tanaman sayur dulu br hr ini pesen pupuknya,kl nggak keberatan nanti sy mau ty2 Pak Teguh aja boleh kan? o iya kl umpama cocopeatnya sy ganti hanya sekam aja apa bisa pak buat tanaman yg berbuah seperti cabai,terong n tomat,?
    o iya kt pak teguh buat ngetes kadar air nutrisi pakai kertas itu beli d mn pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cabai hidroponik saya sudah coba dan sekarang lagi berbuah, tapi belum saya update.
      Kalau seandainya nanti masih ada pertanyaan, silahkan saja. Insya Allah saya akan jawab semampu saya.
      Untuk media tanam tidak harus ada cocopeat. Cari saja media yang ada di sekitar kita misalkan pecahan bata, kerikil atau media yang lain.
      Maksudnya untuk ngetes PH air? Kalau untuk Ph air kia bisa kita pakai kertas lakmus. Beli aja di toko penjual alat2 kimia

      Hapus
  27. Assalamualaykum warohmatullah..
    Barokallahufik akh .afwn ana melihat pot vertikal sgt bgs.skr ana baru selesai buat,,nah skr ana kesulitan mdapatkan bibit..apa akh bisa mbantu mgirimin ana bibit2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam,
      afwan ukhty utk saat ini stok benih cabai import udah habis. Coba anti beli via online,

      Hapus
  28. Sya jg punya tridad moruga scorpion, tapi pertumbuhanx lama banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek komposisi medianya mas. Kalau media sesuai dengan kebutuhan tanaman, biasanya tanaman akan tumbuh subur.

      Hapus
  29. Iy mksih infox pak teguh.

    Mau nayak pak. Bibit cabe Sya jg beli di sambadafarm,.
    Tapi aq perhatikan dengan cabe punya pak teguh beda banget sama punya sya,.
    Cabe trinidad sya Daunya panjang, sdngkan yg sya liat di foto di atas daunya lebar".
    Sya jdi bingung, ap bijix tertukar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah dari beberapa seed, semua daunnya sama seperti itu mas Candra? Karena dari beberapa Trinidad Scorpion yang saya tanam semua daunnya seperti itu dan sekarang sudah beberapa kali berbuah, bentuk buahnya memang sama dengan foto2 cabai Trinidad Scorpion yang ada di internet.

      Hapus
  30. Beda" pak teguh, wktu itu sya beli bhut jolokia(3 biji), scootbonnet blend,(2biji), acocangua(2biji), trinidad moruga s (1 biji).
    Stelh sy semai 1 tmpt 1 pohon, yg tumbuh cuma trinidad moruga s, acocanguan & scootbonnet blend.
    Untuk skrng belum berbuah msih msa vegetatif.
    Tpi stelh sya perhatikan daun cabe scootbonnet blend mirip foto cabe trinidad pux pak teguh..
    Muda"han cept berbuah, biar ketahuan jenis cabex..coz mau sy rasakan kyak apa sih pedasx.hehe

    BalasHapus
  31. agus bangka tanya mas kalau sayasemai cabe atau tomat ditanah kemudiansetelah tumbuh saya cabut kemudian saya tanam dengan sistem hidroponik bisa ndak trimk atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas Agus, yang penting akarnya dibersihkan dari unsur tanah, kemudian untuk sistem hidroponiknya saya sarankan pakai sistem tetes aja.

      Hapus
    2. terimakasih mas muda2an murah rizki nya besar pahala nya kalau ada kendala nanya lagi ya

      Hapus
  32. ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡 mas teguh numpang ngobrol dikit..☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺ :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p
    @ bg agus bangka e dmn..saye dr bangka jg..kebtulan br bljr hidroponik sape tau bise saling share...makasi..

    BalasHapus
  33. Salam Mas Teguh, saya hobi nanam cabai di rumah karena kebetulan isi rumah penggemar pedas semua. Yang saya ingin tanyakan cara mengatasi kutu daun (kutu kerbul/putih dan kutu aphrids/tungau) yg gila2an menyerbu, dan pastinya dibarengi dengan semut2 hitam setelah itu, Saya sudah coba cara organik pake sprayer larutan bawang putih+detergent+lada ga mempan, Sekarang sy coba pake kimia (terpaksa).
    Kalo cara Mas Teguh mengatasi itu bagaimana? Boleh saya contek ilmu nya mas? Soalnya tanaman cabai saya lama kelamaan jd menguning, dan menghitam daunnya, trus jadi kerdil, kasian liatnya. Kadang keluar bunga langsung habis di sikat kutu dan semut, bikin hati geram saja liatnya.
    Terimakasih mas kalo mau sharing ilmunya :)

    BalasHapus